Face Skincare dan Body Skincare, Mana yang Lebih Penting?
Produk Skincare © Unsplash/Petrenkod

Upaya menyehatkan kulit dengan beragam jenis produk kini tengah didalami dan digemari banyak orang, khususnya wanita. Produk-produk skincare produksi lokal juga kini menjamur. Banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan skincare dari varian pembersih hingga pelembabnya.

Dilansir dari Beautynesia, varian pelembab berbahan dasar aloe vera dan sleeping mask posisi pertama pada akan varian skincare yang paling banyak digandrungi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa lebih banyak orang yang mendahulukan skincare yang bermanfaat untuk wajah, ketimbang skincare di bagian tubuh lainnya.

Namun, yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah terdapat pembeda antara face skincare atau produk bagian wajah, dengan body skincare atau produk untuk seluruh badan? Jika berbeda, manakah yang lebih penting untuk didahulukan? Mengapa varian face skincare lebih laku terjual?

Menilik manfaat face skincare dan body skincare

Kandungan bahan di kedua varian produk ini tentunya jelas berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kulit. Sebagai organ tubuh yang terbesar dan terluar, kulit memiliki peran penting dalam kesehatan manusia, yakni untuk menjadi pelindung dari hal-hal di luar tubuh.

Kulit wajah dan kulit anggota tubuh manusia lainnya jelas berbeda dalam segi ketebalan, kelebatan rambut halus, dan juga kelenjar minyak di bawahnya. Oleh karena itu, baik face skincare maupun body skincare sama pentingnya.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan apa yang paling dibutuhkan tubuhmu. Jika kamu mau memperbaiki kulit wajah yang kusam, maka dahulukan face skincare. Apabila ingin memperbaiki kulit tangan yang kering, maka dahulukan body skincare.

Kulit wajah memiliki area kulit paling tipis di antara anggota tubuh lainnya, sehingga memiliki risiko tanda-tanda penuaan yang lebih besar ketimbang bagian kulit yang lain. Selain itu, kulit wajah juga memiliki lapisan minyaknya tersendiri yang memiliki fungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit. Oleh karena itu, menggunakan produk dengan bahan yang keras dapat mengikis lapisan kulit alami tersebut.

Kondisi itu juga membuat produk body skincare yang tidak baik apabila digunakan di area wajah. Produk body skincare mengandung bahan yang lebih keras untuk memberikan manfaat pada bagian kulit yang lebih tebal dibandingkan kulit wajah.

Namun, kamu dapat menggunakan produk face skincare pada area lainnya, meskipun tetap harus memperhatikan manfaat yang diberikan pada bagian kulit tertentu. Jangan sampai, produk skincare mu terbuang sia-sia.

Jika membicarakan kesehatan kulit, maka skincare tidak hanya tertuju pada serangkaian produk yang diaplikasikan ke bagian luar tubuh.

Langkah lain dalam menjaga kesehatan kulit

Produk Body Skincare © Unsplash/Camille Brodard
Produk Body Skincare © Unsplash/Camille Brodard

Bukan hanya perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam. Banyak juga produk berkualitas yang dapat menjaga kesehatan kulit. Namun, kamu bisa mencoba beberapa hal ini untuk menjadi rutinitasmu sebagai upaya menjaga kesehatan kulit baik di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Air dapat membuat kulit menjadi lebih elastis dan mengurangi kekeringan dan efek kasar pada kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu minum air. Selain minum cukup air, manfaat cairan ini dapat juga kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan kuning dan jingga, serta ikan yang kaya akan lemak seperti salmon.

Setelah mengonsumsi cairan, kamu dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan tidur yang cukup. Tanpa menyeimbangi hal-hal di atas dan hanya mengandalkan produk untuk bagian luar tubuh, tentunya efek dari sehatnya kulit akan tidak maksimal.

Kamu telah memperhatikan seluruh barisan produk face skincare tetapi tidak memperhatikan produk body skincare milikmu? Menjaga keseimbangan kesehatan kulit di kedua bagian tersebut sama-sama penting.

Mulai dari memberikan efek glowing yang cerah, mengembalikan kelembaban kulit, dan mempertahankan kehalusannya, tampil sebagai tanda-tanda kulit yang sehat. Saatnya untuk kita lebih peduli dengan setiap bagian kulit kita!

Referensi: Skin Res Technol | Mayo Clinic | Beautynesia