Fakta Menarik Film "The Batman" , Dibintangi Robert Pattinson
Fakta menarik film "The Batman" | Foto: Games Radar

Pasti sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan Batman. Batman merupakan tokoh fiksi yang diterbitkan dari DC Comics dan merupakan ciptaan dari Bob Kane dan Bill Finger. Belum lama ini, film "The Batman" tayang di Indonesia dan terdapat fakta menarik yang seru untuk dibahas.

Film ini tayang pada 2 Maret 2022 lalu di Indonesia. Batman pertama kali muncul di Detective Comics #27 yang terbit pada Mei 1939. Pada tahun 1989, Batman akhirnya diangkat ke layar lebar dengan Michael Keaton sebagai pemeran Batman. Robert Pattinson dan Zoe Kravitz menjadi dua pemeran utama dalam film ini.

Bagi kamu pencinta berbagai film dari DC, film "The Batman" akan membuat kamu tertarik. Berikut berbagai fakta dari film "The Batman".

Film "The Batman" raup keuntungan besar

Film "The Batman" | Foto: hitc

Disutradarai oleh Matt Reeves, "The Batman" berhasil meraup keuntungan sebesar 5,3 juta dolar di box office internasional untuk pemutaran perdananya. Film ini ditayangkan di 66 bioskop seluruh wilayah dunia per 4 Maret 2022.

Di berbagai negara pun, film "The Batman"  berhasil meraup keuntungan yang besar. Mengambil laporan dari Comicbook pada 4 Maret lalu, film ini menghasilkan 1,7 juta dolar atau setara dengan Rp24,4 miliar di hari penayangan perdananya di Korea Selatan. Selain itu, keuntungan yang didapatkan di Prancis sebesar Rp30 miliar.

Hingga saat ini, keuntungan film "The Batman" di Indonesia sudah mencapai Rp5,2 miliar. Kemudian, penayangan "The Batman" tahun 2022 di Swedia, berhasil memperoleh angka 28 persen keuntungan lebih tinggi dari penayangan film "The Dark Knight".

Bukan bagian dari DCEU

Fakta film "The Batman" | Foto: Joblo

Berbeda dari rumor dua tahun lalu yang mengatakan bahwa "The Batman" merupakan bagian dari ‘DC Extended Universe’ atau DCEU, ternyata film ini bukan merupakan bagian dari DCEU.

Dilansir dari ScreenRant, Matt Reeves selaku sutradara film "The Batman" mengatakan bahwa pihak Warner Bros ingin lebih mengeksplorasi kisah dan sisi emosional karakter Batman.

Supaya hal tersebut dapat dicapai, pihak Warner Bros memutuskan untuk memisahkan film Batman terbaru dari DCEU agar film ini bisa mengeksplorasi banyak ide kreatif lainnya. Jadi, buat kamu yang enggak ngikutin Batman dari awal, jangan ragu kalau mau nonton, ya!

Terinspirasi dari film lain

Travis Bickle dalam film "Taxi Driver" Foto: Screen Rant

Beberapa adegan yang ada di film ini merupakan inspirasi dari film-film lain. Film "Goodfellas" garapan Martin Scorsese adalah inspirasi Matt Reeves untuk koreografi bertarung dalam film ini. Selain adegan, karakter Bruce Wayne dalam film "The Batman" terinspirasi dari beberapa tokoh dunia nyata maupun tokoh fiksi.

Dalam penulisan karakter Bruce Wayne, Matt Reeves terinspirasi dari musisi mendiang musisi papan atas, Kurt Cobain. Ia mengatakan kematian Cobain yang rumit cocok dengan kondisi psikologis Bruce Wayne yang tersiksa.

Film lain yang menginspirasi Reeves adalah "Taxi Driver". FIlm yang juga merupakan produksi Martin Scorsese ini juga menginspirasi sang sutradara dalam menggambarkan sosok Bruce Wayne.

Hal ini disebabkan dari Bruce Wayne yang digambarkan dengan keadaan mental yang tidak stabil. Keadaan ini mirip dengan kondisi mental Travis Bickle dalam film "Taxi Driver"

Seputar pemeran film "The Batman"

Robert Pattinson dalam film "The Batman" | Foto: CNN Indonesia

Robert Pattinson memiliki lawan main di dalam film "The Batman", yaitu Zoe Kravitz. Kravitz sendiri memerankan tokoh Catwoman. Robert Pattinson merupakan seorang penggemar berat Batman.

Hal ini didapati pada saat sang sutradara sedang memantau Pattinson untuk kemudian dipanggil audisi. Ia menyadari bahwa Pattinson adalah seorang penggemar Batman.

Saat datang untuk audisi, Pattinson mengenakan Batsuit versi aktor Val Kilmer yang memerankan Batman dalam film "Batman Forever". Zoe Kravitz, selaku pemeran Cat Woman, memiliki rutinitas unik untuk mendalami karakter yang ia perankan. Ialah menonton video kucing untuk dijadikan referensi.

"Saya menonton banyak video kucing, seperti bagaimana cara mereka berkelahi. Dan yang membuat saya tertarik adalah, kenyataannya, Anda tidak dapat membaca mimik mereka sama sekali," tutur Kravitz dalam "The Late Night Show with James Corden".

Colin Farrel yang berperan sebagai berhasil membuat para penonton terkejut. Pasalnya, Farrel mengalami perubahan yang drastis dalam film ini dan sesuai dengan tokoh Penguin dalam komik.

Farrel mengatakan dalam wawancaranya dengan variety, proses transformasinya menjadi Penguin memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 4 jam hingga lebih. Sekarang, film ini dapat kamu saksikan di bioskop seluruh Indonesia. Apakah Goodmates tertarik untuk menonton film "The Batman"?

Referensi: CNN Indonesia | Kompas