Fakta Menarik Moon Knight, Serial Marvel yang Rilis 30 Maret 2022
Moon Knight, serial terbaru besutan Marvel tayang 30 Maret 2022 | Foto: IMDb

Marvel fan mari merapat! Berbicara mengenai karya-karya besutan Marvel Studios, umumnya banyak yang berhasil memenangkan hati para penggemarnya. Jalan cerita beserta editan efek CGI Marvel sukses membuat karya-karyanya menjadi favorit para penggemar. Salah satunya serial terbaru dari Marvel, yaitu "Moon Knight".

Sama seperti karyanya yang lain, kali ini Marvel akan memperkenalkan tokoh superhero baru. Berdasarkan pemberitahuan oleh Marvel, “Moon Knight” rencananya akan rilis pada 30 Maret 2022 mendatang di platform digital streaming Disney+.

Moon Knight Debut di Komik Marvel Sebagai Villain

selain identik dengan kostum serba putih, Moon Knight juga identik dengan bulan | Foto: Twitter/@rafagrassetti/Kabar Tegal
Selain identik dengan kostum serba putih, Moon Knight juga identik dengan bulan | Foto: Twitter/@rafagrassetti/Kabar Tegal

Melansir dari pemberitaan oleh kincir, awalnya “Moon Knight” pertama kali hadir di komik Werewolf by Night #32 (1975). Tokoh yang identik dengan logo bulan sabit beserta pakaian serba putih ini tercipta oleh Dough Moech dan Don Perlin.

Baca juga: Mengenal Dunia Perfilman Bersama Si Damar, Komunitas Sineas Muda Semarang

Pada komik tersebut, Moon Knight alias Marc Spector memiliki profesi sebagai pemburu werewolf atau manusia serigala. Ia mendapatkan tugas atau misi dari organisasi Committe, untuk menangkap werewolf yang menggunakan kekuatannya dalam memerangi pengusaha yang korup.

Hal itulah yang membuat Moon Knight secara tidak langsung memulai kemunculannya di komik Marvel sebagai villain.

Mirip Batman, Moon Knight ‘Batman’-nya Marvel?

Moon Knight kerap disebut mirip dengan tokoh Batman. Serial Moon Knight tayang 30 Maret 2022 mendatang | Foto: Murphy's Multiverse
Moon Knight kerap tersebut mirip dengan tokoh Batman. Serial Moon Knight tayang 30 Maret 2022 mendatang | Foto: Murphy's Multiverse

Kerap mendapatkan julukan mirip seperti Batman, Moon Knight memang memiliki beberapa kemiripan dengan tokoh besutan DC tersebut. Hal ini bahkan telah terkonfirmasi oleh Charlie Huston, seorang penulis yang menulis ulang Moon Knight pada 2006 mengutip dari IDN Times.

Moon Knight dan Batman (Dark Night) memiliki kesamaan bahwa keduanya kaya dan merupakan manusia yang memerangi kejahatan dengan keterampilan detektif. Ia juga mampu menutupi identitas dan memiliki orang kepercayaan. Jangan lupakan juga gadget berteknologi canggih yang menemani mereka.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia 8 Konser Tahun 2022 di Indonesia

Meski begitu, terdapat perbedaan kecil seperti pada motifnya. Batman memiliki motivasi yang berasal dari balas dendam atas kematian orang tuanya, sedangkan Marc Spector memiliki kepercayaan bahwa dirinya merupakan manifestasi dari Khonshu.

Sebagai informasi, Khonshu adalah dewa Mesir Kuno yang menyelamatkan hidup Marc Spector. Ia menggunakan kekuatannya untuk memberantas pelaku kejahatan.

Moon Knight Memiliki Gangguan Kepribadian Ganda

Marc Sector atau Moon Knight memiliki gangguan kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID). Bahkan, Moon Knight memiliki kurang lebih 10 kepribadian yang berbeda.

Di antaranya terdapat Marc Spector dan Jake Locksley sebagai supir taksi yang membuatnya mudah untuk mendengarkan informasi-informasi kejahatan dari seluruh penjuru kota. Ada pula Steven Grant seorang jutawan kaya raya.

Charles Huston selaku penulis menyatakan, gangguan kepribadian DID yang ada pada karakter Marc Spector merupakan gejala dari hubungannya dengan dewa Mesir Kuno Khonshu. Hal itu bukan merupakan gangguan kepribadian pada umumnya.

Baca juga: Bingung Pilih Kampus? Ini Dia Daftar 8 Perguruan Tinggi Milik BUMN

Kostum Serba Putih Tanda Keberanian

Moon Knight identik dengan kostumnya yang serba putih | Foto: JoBlo
Moon Knight identik dengan kostumnya yang serba putih | Foto: JoBlo

Tokoh yang identik dengan logo bulan sabit dan kostum serba putih dari atas kepala hingga ujung kaki, ternyata memiliki maknanya tersendiri. Menurut penjelasan oleh Vocal Media, warna putih akan terlihat menonjol di tengah kegelapan malam.

Moon Knight ingin para musuhnya bisa menyadari kehadirannya, atau menyadari ia akan segera datang dari kejauhan saat ia mulai beraksi di malam hari.

Sesuai namanya, Moon Knight memiliki kekuatan dari bulan. Kekuatan, daya tahan, serta refleks yang Moon Knight miliki akan semakin meningkat ketika fase bulan purnama. Moon Knight juga memiliki penglihatan malam yang tajam dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat saat berada di bawah sinar bulan.

Referensi: Kincir | Vocal Media | CBR | IDN Times | Marvel