Butuh Eksistensi di Dunia Kerja? Ini Faktor Penunjang Kesuksesan Karirmu
Ilustrasi Karir Sukses | Foto: pexels.com/Alexander Suhorucov

Bagi kamu para pekerja, eksistensi di dunia profesional tentu menjadi elemen penting untuk bisa mengembangkan karir ke level yang lebih tinggi, baik itu secara finansial maupun taraf hidup.

Untuk mencapai itu semua, dibutuhkan banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesan karir kamu yang sedang berjalan Goodmates. Dan berikut kami punya beberapa kunci penting yang harus diperhatikan untuk kesuksesan karir kamu ke depannya.

  1. Kepribadian Karyawan, Sikap Atasan, dan Rekan Kerja
Ilustrasi | Foto: Freepik

Kepribadian karyawan menjadi faktor yang paling berpengaruh langsung dalam pengembangan karir. Apabila memiliki kepribadian yang menarik dan menyenangkan, tentu menjadi keuntungan tersendiri dalam mendapatkan relasi dengan mudah di dunia pekerjaan. Selain itu, punya atasan dan rekan kerja yang bisa diajak bekerja sama tentu sangat mendukung dalam keberhasilan pekerjaan kamu.

  1. Punya Skill Dasar & Keterampilan Personal
Ilustrasi | Foto: Freepik

Punya skill dasar menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan seseorang bisa diperhitungkan kualitas pekerjaannya. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, pengetahuan komputer dasar seperti menguasai Microsoft Office dan penggunaan alat komputerisasi seperti mesin fax, printer, maupun software terkini, sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan.

Selain itu, keterampilan personal seperti cakap dalam public speaking atau mampu berkomunikasi dengan baik menjadi hal yang wajib dimiliki jika kamu ingin sukses dalam karir.

  1. Pengalaman, Pencapaian, Career Goals
Ilustrasi | Foto: Freepik

dan pencapaian selama bekerja juga bisa menjadi tolak ukur seberapa besar kemampuan seseorang untuk bisa dianggap pantas menduduki suatu jabatan.

Jika kamu memiliki pengalaman dan prestasi yang baik selama bekerja, otomatis itu akan berpengaruh pada jenjang karir yang lebih baik untuk mencapai career goals yang kamu inginkan, Goodmates.

  1. Loyalitas, Konsistensi Diri Terhadap Pekerjaan
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Sora Shimaki

Pekerja dengan loyalitas dan dedikasi tinggi sudah pasti menjadi aset berharga untuk sebuah perusahaan. Kesetiaannya menunjukkan komitmen kuat untuk terus memajukan perusahaan. Inilah yang membuat perusahaan akan menaikkan jenjang karirmu lebih menanjak lagi.

  1. Kompetitif, Siap Menerima Perubahan
Ilustrasi | Foto: Freepik

Mau menerima segala tantangan dan konsisten memberikan yang terbaik banyak dilakukan para kalangan profesional untuk menggapai kesuksesan. Selain itu, siapkan diri untuk menerima segala perubahan seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat jika tak ingin ketinggalan.

Ikuti seminar seputar pengembangan karir, kursus untuk meningkatkan kualitas diri, serta belajar berbagai keterampilan baru, bisa menjadi modal penting kamu lho, Goodmates.

  1. Siap dengan Rencana Pengembangan Karir
Ilustrasi | Foto: Freepik

Tak kalah penting nih, siapkan rencana karir dan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang ke depannya. Pastikan kamu memiliki visi dan misi yang kuat dalam mengejar kesuksesan karir kamu, Goodmates.

Nah, dari beberapa faktor di atas, sudah sejauh mana kamu berusaha untuk mengembangkan karirmu? Terus belajar dan tingkatkan semua faktor penunjang yang ada dalam diri kamu, ya. Karena perusahaan akan terus mencari pekerja dengan semangat tinggi untuk terus mengembangkan kualitas mereka. Semangat!

 

Referensi: Young on Top | Rencanamu

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.