Mulai dari Kendaraan hingga Taman, Inilah Fasilitas yang UGM Miliki
Trans Gadjah Mada | Foto: dppa.ugm.ac.id

#FutureSkillsGNFI

Pada tanggal 1 April lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) baru saja meluncurkan bus Trans Gadjah Mada. Trans Gadjah Mada merupakan bus listrik yang kini menjadi layanan bus internal kampus. Dilansir dari situs resmi UGM, Trans Gadjah Mada mengelilingi kawasan timur dan barat UGM serta terintegrasi dengan beberapa halte Trans Jogja di area UGM.

Selain Trans Gadjah Mada, UGM memiliki fasilitas-fasilitas lain yang tidak kalah keren. Apa saja fasilitas yang dimiliki UGM?

Sepeda Kampus

Layanan Sepeda Kampus | Foto: ugm.ac.id

Budaya bersepeda menjadi kegiatan yang digalakkan oleh UGM, yaitu dengan menyediakan layanan sepeda kampus. Area UGM yang luas dan rindang menjadikan area kampus ini cocok untuk bersepeda.

Dilansir dari laman Instagram Direktorat Aset UGM (@aset.ugm), terdapat 12 titik stasiun sepeda kampus yang bisa diakses. Untuk meminjam sepeda kampus, Goodmates cukup menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM). Setelah itu, Goodmates dapat berkeliling area kampus dengan sepeda tersebut secara gratis.

Toya Gama

Toya Gama, Air Minum Produksi UGM | Foto: Instagram UGM Residence (@ugmresidence)

Setelah bersepeda, Goodmates mungkin akan merasa haus. Untuk menghilangkan dahaga, Goodmates tidak perlu membeli minum karena UGM memiliki fasilitas air minum gratis bernama Toya Gama. 

Dilansir dari situs resmi UGM Residence, Toyagama merupakan upaya penyediaan air minum mandiri yang berkualitas bagi civitas academica UGM. Diharapkan kehadiran Toyagama dapat mengurangi konsumsi civitas academica UGM terhadap air minum produk asing.

Goodmates dapat menemukan water fountain Toyagama di seluruh fakultas dan beberapa titik lainnya di UGM.

Perpustakaan dan Akses ke Berbagai Jurnal Berbayar

The Gade Creative Lounge Perpustakaan Pusat UGM | Foto: Dokumentasi Pribadi

Goodmates sedang mencari tempat untuk mengerjakan tugas? Tidak perlu bingung karena Goodmates bisa mengerjakan tugas dengan nyaman di Perpustakaan Pusat UGM! 

Terdapat beberapa ruangan yang bisa Goodmates pilih. Biasanya, ruangan yang menjadi tempat favorit mahasiswa UGM adalah ruang Windows of the World di lantai 1 dan The Gade Creative Lounge di lantai 4. Ruangan tersebut dilengkapi dengan AC serta meja dan kursi yang dapat menunjang aktivitas Goodmates. 

Selain berbagai ruangan yang nyaman, perpustakaan UGM juga memiliki banyak koleksi buku, termasuk koleksi langka milik mantan Wakil Presiden RI Mohammad Hatta. Untuk mendukung Goodmates dalam mengerjakan tugas, perpustakaan UGM juga menyediakan akses ke berbagai jurnal daring secara gratis.

Co-Working Space

BRIWork FISIPOL UGM | Foto: Instagram BRIWork (@briwork_id)

Goodmates ingin mengerjakan tugas tapi kapasitas perpustakaan sudah penuh? Jangan khawatir! Masih ada alternatif lain yang bisa Goodmates pilih, misalnya co-working space.

Beberapa fakultas di UGM memang menyediakan co-working space sebagai fasilitas bagi civitas academica UGM maupun masyarakat umum. Salah satunya adalah BRIWork yang terletak di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).

Dilansir dari laman Instagram resmi BRIWork (@briwork_id), co-working space ini merupakan bentuk kolaborasi antara Bank BRI, UGM, dan Conclave. BRIWork menyediakan ruang-ruang kreatif dan amphitheater yang dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas maupun tempat penyelenggaraan berbagai acara.

Selain FISIPOL, fakultas lain yang memiliki co-working space adalah Fakultas Kehutanan, yaitu Zomia Coworking Space. Dilansir dari laman Instagram Zomia (@zomia_coworkingspace), Goodmates bisa menemukan co-working space ini di tengah keteduhan Taman Timur Fakultas Kehutanan. Konsep ruangannya yang semi terbuka membuat Goodmates bisa menikmati keindahan alam sekitar sembari mengerjakan tugas.

Co-working space ini juga sekaligus merupakan kedai kopi. Jadi, Goodmates bisa memesan minuman jika tiba-tiba merasa haus.

Wisdom Park

Wisdom Park UGM | Foto: residence.ugm.ac.id

Setelah berkutat dengan tugas, Goodmates butuh tempat untuk melepas penat? Nah, Goodmates bisa coba berkunjung ke Wisdom Park.

Dikutip dari laman UGM Residence, Wisdom Park merupakan area terbuka hijau yang menjadi tempat berlangsungnya berbagai aktivitas. Selain pepohonan yang rindang, Wisdom Park juga dilengkapi dengan lintasan jogging, fasilitas olahraga, kolam, hingga fasilitas rekreasi. Dengan segudang fasilitas yang ada di Wisdom Park, area ini cocok untuk berolahraga, memancing, atau sekadar bersantai.

Wisdom Park terbuka untuk umum. Jadi, Goodmates yang bukan civitas academica UGM pun tetap bisa berkunjung ke Wisdom Park.

Itulah beberapa fasilitas yang dimiliki oleh UGM. Nah, Goodmates ingin coba fasilitas yang mana?

Referensi: Situs UGM | Situs UGM Residence | Instagram Direktorat Aset UGM (@aset.ugm) | Instagram BRIWork (@briwork_id) | Instagram Zomia (@zomia_coworkingspace)