Resmi! Qatar Siap Gelar FIFA World Cup 2022 pada Akhir Tahun
Ilustrasi poster FIFA World Cup Qatar 2022 | Foto: Bola.net

Setelah 4 tahun lalu hadir di Rusia, FIFA World Cup kini kembali hadir pada 2022. Acara yang selalu ada setiap 4 tahun sekali ini merupakan event terbesar bagi para penggemar sepak bola.

FIFA World Cup menjadi ajang bagi para tim sepak bola pria anggota FIFA untuk berkompetisi dan memenangkan gelar ‘World Championship’. Turnamen yang lebih terkenal dengan nama Piala Dunia ini bukanlah sebuah hal baru. Pasalnya, Piala Dunia FIFA sudah ada sejak 1930 silam. Artinya, tahun ini Piala Dunia akan memasuki usia 92 tahun. 

Sebagai informasi, Piala Dunia merupakan usulan dari Jules Rimet sebagai Presiden FIFA ketiga. Saat itu, Piala Dunia pertama mengambil Uruguay sebagai tuan rumah. Ketika pertama terlaksana, Piala Dunia FIFA hanya memiliki 13 negara dari benua Eropa dan Amerika.

Ilustrasi pertandingan tim Uruguay di Piala Dunia FIFA pertama | Foto: Wikipedia
Baca juga: Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berpuasa

Adapun 13 negara tersebut adalah Amerika Serikat, Argentina, Belgia, Bolivia, Brazil, Chile, Meksiko, Paraguay, Peru, Prancis, Uruguay, Rumania, dan Yugoslavia. Lalu, 13 negara tersebut kemudian terbagi menjadi empat grup. 

Pemenang Piala Dunia pertama adalah Uruguay yang berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 4-2. Kemudian, Piala Dunia kembali terselenggara setiap empat tahun sekali.

Namun, dalam perjalanannya, Piala Dunia sempat terhenti pada 1942 dan 1946 karena pecahnya Perang Dunia II. Usai PD II, Piala Dunia kembali lanjut pada 1950 yang terlaksana di Brazil.

Perkembangan FIFA World Cup

Ilustrasi kemenangan Prancis di FIFA World Cup 2018 | Foto: The Times

Seiring berkembangnya waktu, negara yang mengikuti FIFA World Cup perlahan bertambah. Semula, FIFA World Cup hanya ada 13 negara saja hingga pelaksanaannya pada 1934, terdapat 16 negara yang berpartisipasi.

Pada 1982 hingga 1994, ada 24 negara pada FIFA World Cup. Sejak 1998 hingga sekarang, terdapat 32 negara yang mengikuti FIFA World Cup.

Uniknya, sejak turnamen pertama pada 1930, negara yang paling banyak memenangkan Piala Dunia FIFA adalah Brazil. Brazil meraih kemenangan sebanyak lima kali, kemudian ada Jerman yang berhasil meraih juara sebanyak empat kali.

Baca juga:  Jadi Polemik di Afghanistan, Ini Pentingnya Kesetaraan Perempuan Menempuh Pendidikan

FIFA World Cup 2022

Stadium Al Thumama | Foto: Inside World Football

Piala Dunia FIFA 2022 resmi akan terselenggara di Qatar, tepatnya di delapan stadium berbeda di lima kota yang berbeda pula. Lima stadium tersebut adalah Al Thumama Stadium, Khalifa International Stadium, dan Ras Abu Aboud Stadium di kota Doha.

Kemudian juga di Ahmad Bin Ali Stadium dan Education City Stadium di kota Al Rayyan. Serta tak lupa di Al Janoub Stadium di kota Al Wakrah, Lusail Iconic Stadium di kota Lusail, dan terakhir Al Bayt Stadium di kota Al Khor.

Salah satu hal yang membuat Piala Dunia tahun ini menjadi unik adalah waktu pelaksanaannya. Khusus di Qatar, FIFA World Cup biasa terselenggara pada musim panas, akhirnya kini terlaksana pada musim salju, tepatnya 21 November hingga 18 Desember 2022.

Hal ini menjadi kesepakatan antara pihak FIFA dan Qatar karena suhu ekstrim di Qatar pada saat musim panas. Sejauh ini Qatar sudah melakukan persiapan untuk menyambut Piala Dunia FIFA.

Sejak tahun lalu, Qatar sudah mulai membangun dan merenovasi stadium yang mereka miliki sesuai standar FIFA. FIFA World Cup tahun ini kabarnya akan menjadi Piala Dunia paling ramah lingkungan dan canggih sepanjang sejarah.

Baca juga: Mendengar Vs. Mendengarkan, Apa Pengaruhnya dalam Kesehatan Mental?

Maskot FIFA World Cup 2022

Maskot FIFA World Cup Qatar 2022 | Foto: Euro 24 News

Berbeda dengan maskot yang sudah ada, Qatar tidak memilih maskot yang berbentuk hewan. Melainkan, Qatar memilih untuk menciptakan sebuah makhluk imajiner bernama ‘La’eeb’. 

Dengan bentuk menyerupai sorban, La’eeb hadir untuk menunjukkan budaya Arab karena Qatar merupakan salah satu negara Timur Tengah. Melansir dari situs resmi FIFA, La’eeb memiliki makna pemain yang sangat terampil.

Maka, kehadirannya berharap bisa menjadi maskot yang meningkatkan kepercayaan diri setiap pemain. Pada acara Drawing babak grup Piala Dunia 2022 pada Jumat (1/4) di Doha, Qatar, La'eeb hadir dan resmi menjadi maskot Piala Dunia 2022.

Pertandingan Terakhir Messi dan Ronaldo

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan) | Foto: Bola.net

Di balik euphoria-nya, FIFA World Cup 2022 menjadi pertandingan terakhir bagi dua pemain legendaris, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Mega bintang sepakbola ini menjadi pemain paling berbakat di abad ke-20.

Namun, seiring bertambahnya usia, bukanlah tidak mungkin jika mereka terus mengalami penurunan kemampuan dasar. Maka, bukanlah hal yang mengejutkan bahwa FIFA World Cup 2022 akan menjadi pertandingan terakhir mereka yang sudah memasuki usia 40-an. Ronaldo sendiri juga sudah mengonfirmasi bahwa FIFA World Cup akan menjadi pertandingan terakhirnya.

Di Indonesia, FIFA World Cup akan tayang pertama kali pada pukul 02.00 WIB. Selanjutnya, FIFA World Cup akan tayang di waktu yang cukup bersahabat, yakni sekitar pukul 17.00 hingga 23.00 WIB.

Referensi: Indosport | Gpriority | Kompas