Rekomendasi Film Barat Tentang Memulai Perjalanan Self Love
Film Barat tentang pentingnya self love | Foto: IndieWire

Praktik mencintai diri sendiri (self love) adalah kebutuhan setiap orang. Dengan self love, kita bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia dan tertata. Menerapkan self love bisa mulai dengan apa saja, seperti halnya menonton film yang memiliki makna.

Berbicara tentang self love, tidak semua orang menyadari pentingnya hal tersebut. Banyak orang yang baru menyadarinya setelah mengalami kejadian tertentu. Apakah Goodmates salah satunya?

Bila iya, sudah saatnya Goodmates mulai berpikir untuk lebih mencintai diri sendiri. Bingung bagaimana cara memulainya? GoodSide punya beberapa rekomendasi film yang bisa memberi banyak inspirasi. Berikut daftar film tentang self love.

1. A Beautiful Day in the Neighborhood (2019)

Salah satu adegan ikonik di A Lovely Day in the Neighborhood | Foto: wbur.org

Apa jadinya jika seorang jurnalis yang terkenal sinis, harus mewawancarai seorang pembawa acara anak-anak yang memandang hidup dengan penuh rasa positif? Film "A Beautiful Day in the Neighborhood" punya jawabannya.

Film ini mengadaptasi kisah dari mendiang Fred Rogers. Ia adalah pembawa acara pertama dari acara anak bertajuk "Mr. Rogers’ Neighborhood" yang populer di Amerika Serikat. Acara tersebut mengudara sejak tahun 1968–2001.

Baca juga: Hobi Nonton Film? 3 Komunitas Ini Cocok untuk Kamu

Tom Hanks dan aktor kawakan Matthew Rhys selaku peraih penghargaan Oscar memainkan film ini dengan cerita mengangkat isu drama keluarga yang menyentuh. Tak perlu diragukan lagi, kualitas grafis sangat mumpuni meskipun mengambil latar tahun 1998.

Dari konflik yang ada di "A Beautiful Day in the Neighborhood", Goodmates bisa belajar untuk berdamai dengan masa lalu. Menerima kesalahan diri sendiri maupun orang lain merupakan salah satu cara, untuk meraih kedamaian yang Goodmates butuhkan agar bisa mencintai diri sendiri.

2. I Feel Pretty (2018)

Renee, tokoh utama di I Feel Pretty | Foto: Miami New Times

Film ini cocok Goodmates saksikan jika merasa tidak pede dengan penampilan, terutama karena masalah berat badan. Menceritakan tentang Renee Bennett (komedian Amy Schumer), seorang wanita karier yang memiliki kepercayaan diri rendah karena tubuhnya yang gemuk.

Mulai dari urusan pekerjaan hingga percintaan, Renee merasa ia tidak punya peluang untuk sukses karena penampilannya tidak secantik gadis lain. Akhirnya karena suatu insiden, ia tiba-tiba memiliki kepercayaan diri tinggi dan hidupnya mulai berubah.

Meski disampaikan dengan penuh komedi, film ini ingin menunjukkan bahwa pemikiran yang positif terhadap diri sendiri adalah kunci untuk mendapat kesuksesan.

Baca juga: Fakta Menarik Film "The Batman", Dibintangi Robert Pattinson

3. The Spectacular Now (2013)

Sutter, tokoh utama di The Spectacular Now | Foto: IMDb

Kemampuan mencintai diri sendiri ternyata berdampak pada hubungan kita dengan orang lain. Bila kita mengabaikan kebutuhan diri sendiri, tidak punya rencana masa depan, dan hidup seenaknya, kita bisa saja menyakiti orang-orang yang sayang dan peduli dengan kita.

Hal itulah yang terjadi pada Sutter (diperankan oleh Miles Teller), seorang anak SMA tingkat akhir yang terlalu menikmati hidupnya di masa kini. Ia memiliki pekerjaan paruh waktu yang membuatnya nyaman dan seorang pacar yang baik bernama Aimee (Shailene Woodley).

Saking nyamannya dengan waktu kini, Sutter sampai kurang peduli dengan masa depan dan orang-orang di sekelilingnya. Oleh karena itu, film ini juga bisa membuat Goodmates belajar tentang pentingnya keluar dari zona nyaman sebagai anak muda.

4. Sierra Burgess is a Loser (2018)

Sierra, tokoh utama di Sierra Burgess is a Loser/Foto: The Game of Nerds/Tumblr

Pernah naksir seseorang tapi tidak pede dengan penampilan? Sierra Burgess (Shannon Purser) juga merasakannya. Akibat kejahilan Veronica,salah seorang temannya yang cantik bak model, Sierra tiba-tiba saja mendapat SMS dari seorang cowok.

Baca Juga: Ragu dengan Kemampuan Sendiri? 4 Film Ini Bikin Kamu PD!

Cowok bernama Jamey (Noah Centineo) ini mengira Sierra adalah sosok Veronica yang dilihatnya di kafetaria. Singkat cerita, Sierra dan Jamey ternyata memiliki banyak kesamaan dan selera humor yang cocok sehingga mereka saling bertukar pesan setiap hari. Keduanya pun jatuh cinta, meski Jamey belum mengetahui bahwa gadis tersebut bukanlah Veronica.

Untuk Goodmates yang sering insecure, khususnya di bidang percintaan, film ini ingin memberitahu bahwa di atas penampilan, kepribadian, dan kecocokan jauh lebih penting. Selain mempercantik diri, ada baiknya perjalanan self love Goodmates diisi dengan usaha untuk memperindah kepribadian diri.