Film Interstellar: Science Fiction yang Hampir Sempurna
Film Interstellar | Foto: Netflix

Interstellar telah tayang di bioskop sejak tahun 2014 lalu. Film berdurasi hampir 3 jam ini memiliki keterkaitan dengan astronomi yang sangat kental. Dalam channel Fajrul Fx di kanal YouTube, animasi dalam film ini telah diperhitungkan seperti aslinya. Sesempurna apa sih film ini?

Awalnya, ada seorang astronot, bernama Cooper yang telah lama berhenti dari pekerjaannya. Ia telah hidup damai dengan keluarga kecilnya di sebuah rumah di tengah ladang jagung. Ladang jagung yang ia kembangkan telah menerapkan teknologi canggih. 

Di kamar putrinya terdapat anomali. Putrinya menyebut anomali ini sebagai hantu. Anomali itu berkaitan dengan hukum gravitasi. Wow, dari sini dapat terlihat bahwa sutradara film ini memiliki imajinasi yang hebat.

Kemudian, di tengah kedamaian hidupnya, tiba-tiba ia menerima surel untuk mengikuti misi mendesak dari NASA. Pihak NASA mengabarkan bahwa hanya ia yang dapat menyelesaikan misi ini. Diduga misi ini merupakan misi pencarian planet yang dapat dihuni.

Secara tidak langsung, film ini mengajarkan teori dilatasi waktu. Ketika tim terdampar di sebuah planet setelah melewati lubang cacing, waktu memelar. Satu jam di sana sama dengan 7 tahun di bumi. Perhitungan ini telah terbukti dengan teori dilatasi waktu.

Selain dilatasi waktu, film ini mencoba menguak rahasia lubang hitam. Padahal lubang hitam dipercaya memiliki energi yang sangat besar. Bahkan ia bisa menyedot sebuah bintang dengan gaya gravitasinya yang sangat besar. Oleh karena itu, belum ada teknologi yang dapat menguak rahasia lubang hitam tersebut. Tetapi film ini berani menunjukkan teori-teori mengenai lubang hitam. Bahkan membiarkan tokoh utamanya tercebur ke dalamnya.

Lubang hitam di sana berisi dunia dalam gambaran lima dimensi. Di sana, ia bisa melihat memori-memorinya di bumi dengan keluarga kecilnya. Kemudian, ia ingat anomali yang ada dalam kamar putrinya. Sebelum ia menerima misi NASA, ia telah mengajarkan putrinya tentang sandi morse. Ia juga menghibahkan jam tangan yang telah mati kepada putrinya. Ia berpesan pada putrinya, selama ia di luar angkasa, putrinya harus memecahkan rumus tentang luar angkasa yang belum selesai.

Setelah menemukan potongan anomali di dalam kamar putrinya, ia segera mengirimkan sandi melalui jam tangan yang dibawa oleh putrinya. Putrinya segera mengetahui arti sandi tersebut. Setelah mengetahui hal itu, jawaban atas anomali di kamarnya terpecahkan. Pesan sandi itu juga memberikan jawaban bagaimana menyelamatkan tim ayahnya.

Dilansir dari Intisari Online, infografis di bawah ini dapat membantu penonton dalam memahami film ini.

Infografis untuk memahami film Interstellar

Rating film ini 9/10 dalam genre science fiction. Nah, gimana nih sobat, penasaran? Film ini telah tayang pada tahun 2014. Kalian bisa menontonnya lewat website resmi perfilman, ya. Selamat menonton!

 

Referensi: IMDB | Tirto