Anti Bosan Saat Meeting, Zoom Hadirkan Fitur Avatar
Fitur avatar di aplikasi Zoom | Foto: Zoom

Aplikasi video conference Zoom menjadi andalan banyak orang untuk melakukan pertemuan selama pandemi. Mulai dari rapat hingga kelas online, banyak institusi menggunakan aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan. Pengembang Zoom pun terus melakukan inovasi, seperti fitur avatar yang mulai mereka kenalkan minggu lalu.

Bagi Goodmates yang belum familiar, avatar adalah gambar tiga dimensi yang mewakili seseorang di dunia maya. Adapun tujuan Zoom menambahkan fitur ini adalah untuk membuat suasana meeting maupun webinar menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Sebelumnya, Zoom sudah memiliki fitur untuk menunjang keseruan grafis saat meeting. Antara lain ada virtual background, tombol reaction, hingga sederet sticker serta filter yang bisa pengguna gunakan. Adanya avatar tentu bisa menambah keseruan meeting menggunakan aplikasi asal Amerika Serikat ini.

Avatar Membuat Tampilan Video Lebih Ekspresif

Berbagai pilihan avatar Zoom | Foto: Business Insider

Untuk Goodmates yang sering malas mengaktifkan kamera (on cam), tetapi ingin tetap terlihat ekspresif, avatar bisa jadi solusinya. Pasalnya, avatar dalam Zoom akan mengubah bagian kepala pengguna menjadi animasi hewan yang lucu. Tak hanya itu, avatar juga akan menirukan gerak kepala serta ekspresi wajah penggunanya.

Teknologi Zoom akan mendeteksi bagian wajah pengguna, tetapi tidak bisa membedakan wajah orang yang satu dengan yang lain. Hal itu karena avatar bukan seperti fitur face recognition di gadget. Keamanan privasi pengguna juga akan terjamin karena informasi wajah tidak akan tersimpan di data milik Zoom. 

Baca juga: Catat! Begini Cara Cermat Mengatur Gaji

Sementara, mengenai gambar avatar, saat ini Zoom hanya menyediakan gambar bertema hewan. Meski begitu, mereka menjanjikan akan menambah variasi avatar di masa yang akan datang. Besar kemungkinan akan ada lebih banyak tema yang bisa Goodmates pilih atau bahkan atur sendiri menggunakan sistem kustomisasi.

Cara Menggunakan Fitur Avatar

Cara mengaktifkan fitur avatar saat Zoom meeting | Foto: Zoom

Fitur terbaru ini tersedia untuk Zoom Meeting dan Zoom Webinar, serta kompatibel untuk berbagai perangkat seperti Windows, macOS, dan iOS. Namun, pastikan aplikasi Zoom sudah memiliki versi 5.10.0 atau lebih tinggi.

Jika versi Zoom di gadget Goodmates masih lebih rendah dari 5.10.0, segera lakukan update terlebih dulu sebelum menggunakan fitur avatar, ya!

Kemudian, untuk menggunakan fitur avatar, Goodmates perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Aktifkan kamera atau webcam serta video Zoom
  2. Klik ikon “v” pada bagian menu “Stop Video
  3. Pilih opsi “Choose Virtual Background
  4. Pada jendela “Background and Effects”, klik tab “Avatars Beta
  5. Silahkan melihat-lihat avatar yang tersedia dan klik pada gambar yang Goodmates inginkan

Jika Goodmates ingin merubah avatar, lakukan hal yang sama lalu pilih avatar yang berbeda. Lebih lanjut, jika Goodmates ingin berhenti menggunakan fitur ini, Goodmates bisa memilih “None” pada tab “Avatars Beta” atau memilih menu “Stop Video”.

Baca juga: Ingin jadi Polyglot? Yuk, Kenali 5 Rumpun Bahasa Terbesar di Dunia!

Ide Kegiatan Seru Menggunakan Avatar

Acara virtual menggunakan Zoom jadi lebih seru dengan fitur avatar | Foto: Zoom

Melalui blognya, Zoom merekomendasikan beberapa kegiatan yang akan jadi lebih seru karena adanya fitur avatar. Kegiatan pertama bisa Goodmates lakukan untuk meeting atau kerja kelompok hibrid.

Baca juga: Memahami Netiquette, Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet

Peserta yang datang secara langsung dapat menggunakan kostum hewan, sementara peserta online menggunakan avatar. Selanjutnya, avatar hewan ini juga bisa jadi ide ice breaking dalam sesi webinar dengan para panelis dan peserta.

Suasana yang semula serius dan cenderung tegang bisa cair dan lebih rileks. Zoom dan aplikasi sejenisnya telah membantu kita beradaptasi dengan kebiasaan baru selama pandemi.

Mulai dari kegiatan belajar mengajar, wawancara, rapat organisasi, hingga pekerjaan yang semua harus berlangsung secara virtual. Adanya penambahan fitur Zoom ini bisa jadi solusi baru untuk mengusir kejenuhan dari semua kebiasaan online.

Referensi: Zoom | Kompas