Unik! Google Punya Fitur Baru Khusus Bulan Ramadan
Google | Foto: Pexels

Setiap tahunnya, umat muslim di seluruh dunia menjalankan puasa sebagai salah satu syarat untuk menuju hari raya idulfitri. Meskipun berpuasa, kegiatan tetap harus berjalan seperti biasa.

Maka dari itu, kita perlu terbiasa dengan berbagai kegiatan meskipun sedang berpuasa. Tidak ada alasan untuk menunda segala hal. Bahkan, di bulan ramadan ini kita juga mendapat banyak fasilitas teknologi.

Sepertinya halnya Google. Google sebagai salah satu search engine meluncurkan beberapa fitur menarik. Fitur tersebut berguna pada hari perayaan atau momen tertentu, termasuk di bulan ramadan ini.

Fitur Ramadan Google

Tampilan fitur baru Google | Foto: Tek.id

Masuk ke dalam tiga kategori besar, yakni Teman Berpuasa, Teman Ngabuburit, dan Teman Hari Raya, fitur tersebut berguna untuk menemani para pengguna menjalankan aktivitas selama berpuasa.

Google meluncurkan ‘Teman Berpuasa’ untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi seputar bulan puasa. Misalnya jadwal salat, ucapan, dan tanggal-tanggal penting. Seluruh informasi tersebut dapat kamu akses hanya dengan mencari kata kunci ‘Ramadan’ pada beranda pencarian.

Baca juga: Dunia Butuh Orang Bermental Kuat, Ini 5 Tanda Kamu Memilikinya

Untuk sahur, pengguna bisa memanfaatkan Asisten Google guna mengatur pengingat atau alarm di jam sahur. Selain itu, para pemilik UMKM yang telah mendaftarkan usaha mereka di Google Maps dapat mengakses fitur jam kerja yang berguna untuk mengubah jam kerja gerai mereka, agar bisa menyesuaikan waktu imsak dan berbuka puasa.

Teman Ngabuburit Google

Salah satu kegiatan saat ngabuburit adalah jalan-jalan sore | Foto: Jabar Ekspres

Sembari menunggu berbuka puasa, sebagian orang mencari kegiatan untuk menemani mereka. Menjelang berbuka, sebagian orang akan ngabuburit atau jalan-jalan sore menghabiskan waktu.

Sebagai upaya mengurangi kontak fisik dan menjaga agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan, Google meluncurkan fitur lainnya untuk pengguna ngabuburit. Fitur ini adalah ‘Teman Ngabuburit’. Dengan mencari kata kunci ‘Ramadan’, pengguna bisa menekan gambar bulan di pojok kiri atas panel Ramadan.

Dengan menekannya, pengguna akan mendapatkan sebuah mini game untuk bisa menemani mereka ngabuburit. Selain bermain mini game, pengguna juga dapat menghabiskan waktu dengan belajar dan mewarnai karya seni melalui Google Arts & Culture. Google Arts & Culture juga ikut meluncurkan fitur khusus Ramadan, yaitu ‘Ramadan and Eid Edition’.

Baca juga: Antara Desa dan Teknologi, Sejauh Apa Perkembangannya?

Bagi kamu yang belum sempat membeli menu buka puasa karena kegiatan yang padat, fitur Google Maps yang satu ini pasti bisa membantu. Kamu cukup menekan panel ‘Takeout’ dan ‘Delivery’ di Google Maps untuk menemukan restoran terdekat yang menyediakan jasa antar makanan atau jasa takeout.

Fitur lainnya, Google dapat membantu para penggunanya mencari arah kiblat untuk menunaikan salat. Fitur ini dapat kamu akses dengan mencari kata kunci ‘Qiblat Finder’ di halaman pencarian.

Google juga melakukan pembaruan pada Google Lens dan Google Duo dalam fitur ‘Teman Hari Raya’. Dengan Google Lens, kamu bisa dengan mudah mencari inspirasi dekorasi rumah, busana, hingga furniture untuk merayakan Idulfitri.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu si Hobi Membaca

Bekerja sama dengan beberapa kreator, seperti KinosGina, Melanie Ricardo, dan RaffiNagita, salah satu fitur Google, yaitu YouTube akan menayangkan siaran langsung para kreator pada 26 April 2022 mendatang. Pengguna juga bisa melakukan pembelian produk rekomendasi para kreator langsung di YouTube Shopping.

Melalui Google Duo, pengguna akan bisa melakukan group call, data saving Mmode, filter khusus Ramadan, dan duo on web. Fitur ini Google luncurkan dengan harapan agar para pengguna tetap bisa menjaga tali silaturahmi tanpa harus bertemu secara langsung. 

Itu dia beberapa fitur khusus Ramadan Google luncurkan. Jangan lupa tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa dan patuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatanmu, ya!

Referensi: Media Indonesia | Sindonews | Oketechno