Apple Resmi Luncurkan iOS 15.4, Apa Saja Fitur Terbarunya?
Ponsel iPhone dan tampilan iOS 15.4 | Foto: Bagus Hernawan/Unsplash

Baru-baru ini, perusahaan teknologi raksasa Apple resmi merilis update sistem operasi iOS 15.4 untuk perangkat iPhone. Setelah melewati versi Beta, iOS terbaru akhirnya bisa kamu download sejak 16 Maret 2022.

Sayangnya, tidak semua tipe iPhone dapat menggunakan iOS 15.4 ini. Namun tidak perlu khawatir, sebagian besar perangkat yang sebelumnya memperoleh update iOS versi 15 berhak merasakan pembaruannya. Caranya pun sangat mudah, yakni tinggal mengakses menu Settings > General > Software Update.

Apple sendiri turut menghadirkan beragam fitur baru yang canggih ke dalam sistem operasi iOS 15.4. Bila melihat dengan iOS 15 sebelumnya, inovasi yang hadir kali ini tergolong lumayan besar dan signifikan. Penasaran dengan fitur-fitur terbarunya?

1. Face ID Dapat Mengenali Pengguna dengan Masker

Face ID pada iOS | Foto: iNews

Fitur yang paling populer, Face ID kini mempuyai kemampuan baru yang bisa mengenali wajah kamu sekalipun sedang menggunakan masker. Kehadiran Face ID tampaknya memang untuk menjawab permasalahan pengguna yang sering kali harus melepaskan masker jika ingin membuka (unlock) ponsel mereka.

Kamu dapat mencoba inovasi ini lewat menu Settings > Face ID & Passcode, lalu menggeser toggle Use Face ID with a mask sampai berubah menjadi warna hijau. Setelah aktif, perangkat akan mengenali wajah kamu dan membuka kunci layar secara otomatis.

Baca juga: Simak Tanda Smartphone Kena Hack dan Cara Hindarinya

2. Suara Baru Siri

Buat kamu pengguna setia produk Apple, pasti sudah tidak asing dengan Siri bukan? Asisten pribadi virtual ini memang sangat membantu pengguna dalam menyelesaikan segala sesuatu. Cukup dengan memerintahkannya, Siri pun akan melakukan tugasnya.

Dalam pembaruan iOS, Apple menambahkan opsi suara baru untuk software pintar Siri. Uniknya, ini merupakan kali kelima Siri memperoleh pilihan suara barunya. Nantinya, kamu bisa mengubah suara menjadi lebih netral, tidak terlalu tinggi maupun terlalu berat. Jika tertarik, silakan mengakses menu Settings > "Siri & Search > Voice 5 untuk merasakan fitur suara terbaru.

3. Beragam Emoji Baru

Emoji baru iOS 15.4 | Foto: Life News at Asia

Pada setiap pembaruan iOS, Apple selalu menciptakan deretan emoji baru, tidak terkecuali untuk iOS 15.4. Sebanyak 37 emoji terbaru hadir dengan beragam variasi dan opsi warna kulit. Mengutip dari Emopedia, iOS kali ini menyediakan tujuh emoji wajah tersenyum yang baru, termasuk emoji wajah meleleh.

Adapula sistem operasi iOS 15.4 pun menghadirkan sejumlah emoji dengan gender netral, seperti orang hamil dan orang dengan mahkota. Fitur Apple memang mengikuti tren emoji yang dapat terpakai oleh beragam gender.

Kamu juga bisa mencoba beragam emoji lainnya, seperti tangan membentuk hati, menggigit bibir, wajah menahan air mata, bunga teratai, sarang burung, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tidak Mau Kalah dari Tulus, Titi DJ Siapkan Lagu Balasan

4. Inovasi Apple Pay dan Tap to Pay

Goodmates yang sering memakai iPhone pasti sudah familiar dengan Apple Pay. Opsi pembayaran yang satu ini dapat kamu gunakan dengan menekan tombol Power sebanyak dua kali.

Dengan adanya iOS 15.4, sekarang iPhone menampilkan pilihan konfirmasi melalui verifikasi passowrd ataupun Face ID sewaktu pengguna mau menjalankan transaksi via Apple Pay. 

TIdak lupa juga tambahan Tap to Pay yang menerima pembayaran secara tidak langsung lewat perangkat iPhone. Sebagai catatan, fitur tersebut hadir bagi pengguna yang sudah mempunyai NFC (Near Field Communication) di ponselnya.

5. Universal Control

Universal control | Foto: Wingo

Fitur semacam ini memungkinkan kamu memanfaatkan perangkat lain sebagai layar kedua. Lewat satu perangkat saja, kamu juga bisa memindahkan konten antara keduanya dengan sangat mulus.

6. Optimasi Performa Live Text

Sebagai fitur yang baru memulai debutnya pada update iOS 15, kehadiran Live Text membuat kamu bisa menangkap tulisan yang ada dalam kamera melalui teknologi AI. Teks tersebut lalu dapat kamu salin ulang pada aplikasi Notes dan Reminder maupun terjemahkan langsung oleh pengguna.

Baca juga: Fakta Menarik Hari Pertama MotoGP Mandalika 2022

7. AirTag Anti-Stalking

AirTag anti-stalking | Foto: BR Atsit

Apple menambahkan fitur AirTag anti-stalking pula dalam sistem operasi iOS 15.4. Kamu bakal mendapatkan peringatan langsung kalau saja ada AirTag yang ingin terhubung ke ponselmu.

Pemberitahuan seperti ini bertujuan untuk mengingatkan pengguna terhadap segala bentuk tindak kejahatan yang berpotensi terjadi dan membahayakan. Contohnya apabila ada pengguna lain yang memanfaatkan fitur AirTag untuk melacak pergerakan seseorang.

8. Aktivasi Perintah SOS Darurat

Dalam rangka mempermudah pengguna di situasi yang mendesak, iOS 15.4 memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan darurat hanya dengan menekan tombol volume bawah dan power bersamaan.

Apabila ingin menambahkan kontak orang yang akan kamu hubungi dalam keadaan darurat, caranya tidaklah sulit. Kamu cukup mengakses pilihan "Emergency SOS prompt" pada menu "Settings" dan menambahkan daftarnya.

Itulah sejumlah fitur terbaru nan canggih yang hadir dalam pembaruan iOS 15.4 Apple. Kamu sudah mencoba semuanya?

Referensi: Kompas.com | VOI