Forum Indonesia Muda, Wadah Buat Kamu yang Ingin Nongkrong Idealis
Logo Forum Indonesia Muda | Foto: FIM

#FutureSkillsGNFI

Forum Indonesia Muda (FIM) merupakan sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda/i dari berbagai latar belakang aktivitas, universitas, maupun lembaga kepemudaan dari seluruh Indonesia.

Elmir Amien dan Siti Markhamah Fauzie atau yang terkenal dengan panggilan Pak'E dan Bunda merupakan sepasang suami istri yang memelopori berdirinya Forum Indonesia Muda pada tahun 2003.

Forum ini hadir untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi kepemimpinan, serta pendidikan karakter pemuda/i Indonesia yang bercita-cita membangun bangsa dengan semangat kontribusi bersama.

Pelatihan Nasional Forum Indonesia Muda

Pelatnas FIM 23 | Foto: Dokumentasi Alumni FIM 23

Guna meningkatkan kapasitas pemuda/i Indonesia, Forum Indonesia Muda menyelenggarakan pelatihan nasional (Pelatnas) setiap tahunnya. Kegiatan ini berisi peningkatan softskill, internalisasi nilai-nilai FIM, serta memperluas dan menguatkan jaringan pemuda Indonesia.

Calon peserta pelatnas harus memenuhi beberapa persyaratan dan mengikuti serangkaian tahapan seleksi, di antaranya seleksi adminitrasi dan interview. Dalam seleksi administrasi, calon peserta mengisi data diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan esai yang ada di Portal Forum Indonesia Muda.

Baca juga: Perubahan Semakin Nyata, Ini 5 Tips Cegah Pemanasan Global

Kemudian, apabila lolos seleksi administrasi, calon peserta pelatnas akan mengikuti seleksi interview. Calon peserta yang lolos interview dapat mengikuti pelatnas bersama teman-teman dari seluruh penjuru negeri.

Perlu Goodmates ketahui, narasumber-narasumber yang hadirk saat kegiatan pelatnas sangat menginspirasi dan membangkitkan semangat peserta untuk membangun daerah dan Indonesia.

Misalnya di Pelatnas FIM 23 pada 9--12 Desember 2021 lalu, ada Dandhy Laksono yang merupakan seorang produser dan sutradara, Salman Subakat yang merupakan CEO PT Paragon Technology and Innovation, serta tokoh-tokoh inspiratif lainnya.

FIM Regional

Kegiatan Kolaborasi FIM Regional Jogja bersama DDV Jogja dan HMI UIN SUKA | Foto: Dokumentasi Panitia Kegiatan

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan Pelatnas, peserta akan menjadi Kader Next-Gen di regionalnya masing-masing dan bertugas merancang kegiatan, serta berkomitmen untuk meningkatkan potensi regionalnya guna berupaya memajukan Indonesia. 

Pemilihan regional ini berdasarkan domisili saat ini atau rencana domisili saat ini atau rencana domisili satu tahun ke depan dari peserta Pelatnas tersebut. Peserta Pelatnas yang telah mengikuti serangkaian kegiatan Pelatnas, dapat disebut sebagai Alumni FIM.

Hingga saat ini, FIM sudah mencetak ribuan alumni dari seluruh Indonesia yang tersebar di FIM Regional masing-masing. Saat ini, Forum Indonesia Muda memiliki 60 regional yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dan 1 regional di luar negeri. FIM regional ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat di regional masing-masing.

Baca juga: Mengatasi Quarter Life Crisis dengan Metode SMART

Peluang Berjejaring

Ilustrasi bersama teman-teman | Foto: Pexels

Dengan adanya regional di hampir seluruh Indonesia, tentunya peluang berjejaring melalui Forum Indonesia Muda sangat terbuka lebar. Terlebih para pemuda/i FIM merupakan orang-orang terpilih dari ribuan pendaftar yang tidak lolos seleksi.

Beberapa alumni FIM di antaranya Achmad Zaky (Pendiri dan mantan CEO Bukalapak), Muahmmad Atiatul Muqtadir (Presiden Mahasiswa BEM KM UGM 2019), dan sebagainya.

Latar belakang yang berbeda ini juga membuat FIM layaknya keluarga yang saling melengkapi. Banyak sekali insight yang ada ketika kita 'nongkrong' bersama rekan-rekan alumni FIM ini. Tentunya tongkrongan ini cocok banget buat Goodmates yang tertarik untuk sharing and learning.

Baca juga: Jaga Pola Makan Supaya Ibadah Semakin Lancar

Selain berjejaring dengan alumni FIM yang keren dan inspiratif, rekan-rekan FIM sendiri juga berkolaborasi dengan institusi atau organisasi lain yang pastinya bermanfaat dan menebarkan dampak positif di masyarakat.

Forum Indonesia Muda juga memiliki FIM Club yang mewadahi para almuni FIM untuk dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan potensi yang ada. Beberapa di antaranya, antara lain enterpreneur, parenting, dan sebagainya.

Kalau Goodmates ingin mengenal FIM lebih jauh, yuk kepoin di Instagram @fimnews dan portal.forumindonesiamuda.org.