Gaya Hidup Vegetarian, Berdampak Baik atau Buruk untuk Tubuh?
Ilustrasi│silviarita/Pixabay

Vegetarian dikenal dengan pola makannya yang hanya memakan makanan yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan. Pola makan vegetarian juga cenderung menghindari memakan makanan yang berbahan dasar dari hewan.

Makanan berbahan dasar tumbuh-tumbuhan seperti buah dan sayuran memang dikenal sehat untuk tubuh. Namun, ada juga berbagai zat yang diperlukan tubuh manusia, yang bersumber dari daging hewan seperti daging sapi. Lantas, apakah pola makan vegetarian ini berdampak baik atau malah berdampak buruk bagi tubuh?

Pola makan vegetarian

Bagi yang masih asing dengan vegetarian, vegetarian pada dasarnya adalah pola makan yang hanya berfokus pada konsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan, entah itu sayur maupun buah. Vegetarian umumnya juga tidak memakan makanan yang berbahan dasar dari daging hewan.

Di samping vegetarian, ada pula vegan yang masih merupakan bagian dari vegetarian. Vegan adalah pola makan yang benar-benar tidak memakan makanan yang bersumber dari hewan sama sekali, seperti telur, keju dan madu.

Alasan seseorang menjalani pola makan vegetarian bermacam-macam, mulai dari alasan kesehatan, peduli dengan hewan, hingga menyelamatkan lingkungan.  Alasan yang paling umum seseorang menjalani pola makan vegetarian adalah karena alasan kesehatan. Pola makan vegetarian memang terbukti menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kolesterol, darah tinggi, bahkan kanker.

Apakah pola makan vegetarian itu baik?

Ilustrasi│silviarita/Pixabay

Makan-makanan seperti sayuran dan buah-buahan memang dikenal memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, makanan berbahan dasar hewan juga memiliki kandungan yang penting bagi tubuh seperti omega 3 pada ikan, dan zat besi pada daging merah.

Lantas, apakah seorang vegetarian yang sama sekali tidak memakan daging hewan akan beresiko kekurangan gizi? Jawabannya adalah sangat mungkin bagi seorang vegetarian untuk mengalami kekurangan gizi dari daging hewan. Namun, hal ini juga tergantung dari pola makannya.

Maka dari itu, menjadi vegetarian tidak bisa asal menjaga pola makan dengan hanya memakan makanan berbahan dasar tumbuhan saja. Kamu juga harus mengetahui kandungan-kandungan gizi yang ada di dalam makanan agar tidak kekurangan gizi.

Beberapa kandungan gizi yang diperlukan tubuh memang banyak yang ditemui di daging hewan. Namun, bagi kamu yang ingin menjalankan pola makan vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan memakan sayur atau buah-buahan yang juga memiliki kandungan yang sama.

Contohnya adalah zat besi yang kebanyakan terkndung di dalam daging hewan. Zat besi adalah zat yang penting untuk tubuh dan kamu harus mendapatkan asupan zat besi dengan cukup. Sebagai gantinya, kamu bisa memakan biji-bijian yang juga mengandung zat besi.

Jadi, poinnya adalah, jika kamu ingin memutuskan untuk menjadi vegetarian, jangan anggap menjadi vegetarian hanya asal memakan tumbuh-tumbuhan saja. Kamu juga harus memperhatikan setiap kandungan makanan yang kamu makan.

Kamu juga harus mencari makanan pengganti daging hewan, untuk mencukupi nutrisi yang kamu lewatkan dari dengan hewan. Dengan begitu, pola makan vegetarian yang kamu jalani baru akan bermanfaat bagi tubuh dan berjalan maksimal.

Referensi: HellosehatAlodokterKompas