Girls! Barang ini Wajib Ada di dalam Tas untuk Hindari Bahaya
Barang yang Wajib di Dalam Tas | Unsplash - Lee Campbell

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya saat ini sudah begitu banyak kasus kriminalitas yang kita dengar tiap harinya. Ada begitu banyak bentuk kriminalitas yang disiarkan di berbagai platform berita.

Dimulai dari pencurian, pelecehan seksual, dan beberapa kasus kriminalitas lainnya yang setiap harinya terus bertambah setelah banyaknya orang mulai terbuka dengan adanya kasus tersebut terlebih lagi di media sosial yang dirasa lebih efektif bagi sebagian orang.

Lebih menyedihkannya lagi adalah saat ini tingkat kriminalitas yang tinggi tidak pernah melihat tempat, bahkan di jalanan sekalipun. Dilansir dari katadata, sebanyak 40.17 persen penduduk DKI Jakarta merasa aman berjalan kaki sendirian terutama pada malam hari. Disusul oleh penduduk Gorontalo yang dimana hanya 51.72 persen yang merasa aman, dan data terbanyak dimana penduduk merasa aman untuk berjalan kaki ada di Sulawesi Utara dengan angka 59.99 persen, bahkan tidak menyentuh angka 70 persen.

Selain itu, dilansir dari Kompas, brand kecantikan LO'REAL Paris Indonesia yang melakukan riset melalui IPSOS Indonesia menyatakan bahwa 82% wanita pernah mengalami kasus pelecehan seksual bahkan di ruang publik sekalipun.

Bentuk kasus yang pernah diterima adalah adanya tatapan seksual, suara mengarah seksual, lelucon mengarah seksual, minta informasi pribadi secara paksa, kontak fisik secara paksa, dan lainnya.

Hal tersebut membuat wanita dimanapun dan kapanpun harus selalu berwaspada, sebab hingga saat ini kasus kriminalitas dan beberapa diantaranya adalah pencurian, dan juga pelecehan seksual masih berkeliaran dimana-mana.

Maka dari itu, ada baiknya Kawan terutama perempuan membawa barang-barang berikut untuk menghindari adanya bahaya yang tidak diinginkan:

Gunting

Gunting | Unsplash - Markus Winkler
Gunting | Unsplash - Markus Winkler

Untuk sebagian orang terlebih lagi untuk pekerja yang menggunakan banyak alat tajam seperti penjahit, dekor, dan lainnya, gunting menjadi alat yang sangat esensial dan wajib untuk dibawa. Namun tidak hanya berguna untuk memudahkan pekerjaan, gunting juga dapat menjadi alat pelindung diri yang aman dan juga ringan untuk dibawa kemana-mana.

Pastikan Kawan membawa gunting tersebut dan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Pemilihan materi gunting juga harus diperhatikan, ada baiknya jika Kawan menggunakan materi yang kuat namun ringan seperti gunting berbahan baja ringan atau stainless. 

Pepper Spray

Pepper Spray | IStock
Pepper Spray | IStock

Pepper Spray atau semprotan merica mungkin sudah tidak asing lagi di mata Kawan sebab ada begitu banyak ahli yang menyarankan untuk membawa barang ini sebagai salah satu bentuk pertahanan diri yang mudah untuk dibawa kemanapun.

Selain itu, Kawan juga dapat dengan mudah membuatnya dengan alat seadanya. Dilansir dari Hello Sehat, Kawan cukup menyiapkan alat penyemprot, dan juga bahan-bahan pembuat pepper spray seperti 6 cabe rawit atau cabe gendot, merica hitam bubuk, cuka, dan juga baby oil. 

Setelah menyiapkan semua barang, Kawan tinggal memasukan semua bahan dan di blender halus, setelah itu dipindahkan ke dalam botol atau alat penyemprot, dan pepper spray siap digunakan.

Kubaton 

Kubaton | Ubuy
Kubaton | Ubuy

Banyak yang tidak mengetahui bahwasannya Kubaton yang banyak digunakan sebagai gantungan kunci pun bisa digunakan sebagai self defense bagi siapapun yang membawanya. Hal tersebut karena bentuk kubaton yang tajam di sisi ujung dapat memberikan efek yang cukup berbahaya bagi siapapun yang terkena serangannya.

Selain itu, kubaton juga bisa digunakan untuk memecahkan kaca dan benda keras lainnya, sangat praktis dan juga aman untuk dibawa kemana-mana.

Tactical Pen

Tactical Pen | GearMoose
Tactical Pen | GearMoose

Sedikit berbeda dengan pena biasa, tactical pen merupakan pena yang multifungsi tidak hanya untuk menulis namun sebagai self defense. Pena yang satu ini memiliki bodi yang kuat dan bahkan ada yang terbuat dari alumunium sehingga tidak mudah patah.

Sebagian dari penjual tactical pen bahkan memodifikasi bentuk pena tersebut untuk beberapa fungsi, ada yang bagian tengah pena bisa dijadikan pisau sebab bentuknya yang runcing, ada juga yang bisa digunakan seperti Kubaton.

Walaupun begitu, pena ini tetap ramping sehingga bisa dibawa kemana-mana dan bahkan bisa masuk ke dalam tas. Sehingga Kawan tidak perlu khawatir makan tempat.

Bagaimana Kawan, ada baiknya saat ini kita mulai menjaga diri dengan membawa salah satu atau mungkin keempat barang tersebut. Walaupun kecil dan muat di tas, barang-barang tersebut dapat melindungi Kawan dari orang jahat yang mengintai.

Namun akan lebih baik jika Kawan dapat menguasai bela diri agar lebih aman, atau selalu berjalan di tempat yang ramai agar para pengintai tidak berani untuk melakukan tindak kejahatan dikarenakan akan ada banyak saksi. Stay safe, Kawan!

Referensi: Katadata | Kompas | Hello Sehat