Hal Penting Saat Simpan Kamera Supaya Tetap Aman
Ilustrasi│William Bayreuther/Unsplash

Untuk kamu yang sedang belajar fotografi dan baru terjun ke dunia fotografi, ada sebuah hal penting yang harus kamu ketahui. Kamu harus mengetahui tentang cara menyimpan kamera yang benar.

Tidak hanya untuk menghindarkan dari kerusakan, penyimpanan kamera juga perlu diperhatikan agar kamera dan lensa terhindar dari jamur. Bagi kamu yang belum tahu, jamur adalah musuh utama bagi setiap pemilik kamera.

Penyimpanan kamera dan lensa yang sembarangan bisa menimbulkan kamera dan lensa berjamur. Jika jamur yang tumbuh sudah cukup banyak, jamur ini akan terlihat saat kita memotret, dan membuat hasil foto kita menjadi buruk

Jamur pada kamera atau lensa sebenarnya bisa saja dibersihkan. Hanya saja biaya membersihkan jamur cukup mahal, dan biasanya jika kondisi jamur sudah parah, pembersihan jamur malah bisa merusak sensor kamera. Lantas, bagaimana cara menyimpan kamera yang baik?

Simpan gunakan dry box

Dry box adalah sebuah kotak atau kabinet kamera, yang memang didesain khusus untuk menyimpan kamera. Seperti namanya, dry box dapat menjaga kelembaban di dalamnya sehingga mencegah pertumbuhan jamur pada kamera yang disimpan di dalamnya.

Dry box memanglah pilihan yang paling aman untuk menyimpan kamera, dan banyak fotografer profesional yang menggunakan dry box untuk menyimpan kamera. Hanya saja, dry box ini dijual dengan harga yang cukup mahal, mungkin tidak akan cocok untuk kamu yang masih pemula dan minim budget.

Dry box umumnya dijual dengan harga jutaan rupiah, tergantung dengan ukurannya. Namun, untuk kamu yang minim budget, kamu tidak perlu khawatir. Ada pilihan lain yang bisa menjadi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau.

Kamu bisa menyimpan kamera di dalam dry box sederhana, yaitu hanya bermodalkan dengan kotak plastik kedap udara dan silica gel. Kamu bisa menyimpan kamera di dalam kotak plastik kedap udara, serta masukkan silica gel untuk menjaga kelembaban didalamnya.

Jangan taruh kamera di tas dalam waktu lama

Ilustrasi│Imansyah Muhamad Putera/Unsplash

Bagi kamu yang habis pulang dari hunting di luar rumah, jangan biarkan kameramu terlalu lama berada di dalam tas. Membiarkan kamera terlalu di dalam tas yang lembab akan membuat kamera kamu ditumbuhi jamur.

Sebaiknya segera keluarkan kamera dari dalam tas, dan segera simpan kamera ke dalam dry box. Selain itu kamu juga perlu membersihkan kamera secara rutin, terlebih lagi sesudah memakai kamera di luar yang bisa membuat debu menempel di kamera.

Ada satu hal penting yang perlu diingat, jangan mengelap lensa menggunakan tangan atau baju. Hal ini justru malah akan membuat lensa tergores. Sebaiknya, kamu menggunakan peralatan pembersih kamera yang proper.

Nah, itu dia cara penyimpanan kamera yang bisa menghindarkan kamera dari jamur. Dengan begitu, kamera kamu jadi lebih aman. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi: SonyClub SNAPBelfot