Fakta Menarik Hari Pertama MotoGP Mandalika 2022
Hari Pertama MotoGP 2022 | Foto: @motogptoday/Twitter

Kejuaraan balapan motor tingkat dunia, MotoGP 2022 resmi memulai rangkaian acaranya. Terdapat sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) 1 dan 2 pada pagi hari ini (18/3) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sesi ini mulai dari pukul 08.00 hingga 15.35 waktu setempat untuk kelas Moto2, Moto3, MotoGP, dan Asia Talent Cup.

MotoGP Mandalika 2022 sendiri merupakan momen comeback bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah, setelah terakhir kalinya di Sirkuit Sentul pada 1997 silam. Sebanyak 24 pembalap yang berasal dari 12 tim berbeda akan tampil dan saling memperebutkan gelar juara selama 3 hari di Sirkuit Mandalika.

MotoGP telah menjadi topik bahasan banyak orang dan viral di media sosial belakangan ini. Agar Goodmates tidak ketinggalan info menarik dari rangkaian hari pertama MotoGP 2022, berikut GoodSide persembahkan beberapa fakta menariknya. 

MotoGP 2022 Melibatkan Pawang Hujan

Suasana Sirkuit Mandalika pagi ini | Foto: @MotoGP/Twitter

Sehari sebelum rangkaian acara mulai, BMKG telah memperingatkan kemungkinan hujan deras yang tentunya akan mempengaruhi kondisi sirkuit. Benar saja, hujan lebat mengguyur kawasan Mandalika tiga jam sebelum sesi FP 1 berlangsung. Untungnya, belum banyak penonton yang hadir di tribun dan hujan terpantau reda sekitar 50 menit sebelum acara.

Baca juga: Slow Living, Sebuah Seni Hidup Melambat di Era Super Cepat

Selain itu, kondisi jalan yang merupakan aspal baru sebenarnya memang perlu guyuran hujan terlebih dulu, sebelum para pembalap gunakan untuk race day pada Minggu (20/3) mendatang.

Menariknya, untuk mengatasi potensi hujan, MotoGP Mandalika melibatkan seorang pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari. Menteri BUMN Erick Tohir ternyata memiliki andil dalam merekomendasikan hal ini. 

Bukan kaleng-kaleng, kiprah Rara telah teruji pada acara penting lain, seperti pelantikan Presiden RI, opening Asian Games 2018, upacara kenegaraan, hingga tes pramusim MotoGP 2022. Adanya keberadaan pawang hujan ini turut menarik perhatian banyak wisatawan asing.

Espargaro dan Quartararo: Tercepat di FP MotoGP

Hasil dan catatan waktu Free Practice 2 MotoGP, Quartararo tercepat | Foto: @MotoGP/Twitter

Sesuai namanya, free practice adalah ajang bagi pembalap untuk berlatih dan mengenal medan sirkuitnya sebelum sesi balapan. Namun, sejak musim 2013, hasil dari FP memiliki pengaruh terhadap hasil kualifikasi dan posisi start pembalap.

Baca juga: Icip Aneka Jenis Bubur Khas Nusantara

Sementara itu, untuk hasil FP 1 MotoGP pada hari ini, pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Pol Espargaro berhasil menduduki peringkat pertama dengan catatan waktu 1 menit 33,49 detik. Kemudian pada MotoGP 2022 babak pertama di Qatar, Espargaro telah berhasil menduduki posisi ketiga.

Setelah Espargaro, berturut-turut pembalap yang menduduki posisi lima besar di FP 1 adalah Miguel Oliveira, Marc Marquez, Franco Morbidelli, dan Johann Zarco.

Pada siang harinya, FP kedua untuk MotoGP terlaksana. Hasilnya, pembalap Monster Energy Yamaha asal Perancis, Fabio Quartararo berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 3,068 detik. Sebagai informasi, Quartararo adalah pemenang dari MotoGP tahun lalu.

Dalam FP 2 kali ini, ia berhasil mengalahkan pembalap Johann Zarco dan juga Marc Marquez yang sempat mengalami kecelakaan. Meski begitu, Marquez terlihat baik-baik saja karena ia mampu mendatangi langsung garasi tim Repsol Honda setelah mengalami insiden tersebut.

Pembalap Asal Indonesia

Persiapan salah satu tim sebelum FP2 Moto3, pembalap Indonesia menduduki posisi ke-23 | Foto: @Tech3Racing/Twitter

Selain pemabalap dunia, dalam rangkaian MotoGP kali ini, ada lima pembalap Indonesia yang turut berlaga. Empat orang akan mengikuti ajang Asian Talent Cup dan satu orang pembalap bernama Mario Suryo Aji akan mengikuti ajang Moto3.

Baca juga: Belajar dari Awkarin, Begini Risiko Oversharing Hubungan di Media Sosial

Hal ini merupakan momen pertama bagi Mario mengikuti Moto3. Ia menyatakan akan mempergunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Tak heran, ajang Moto3 kali ini merupakan awal kariernya sebagai calon pembalap dunia. Dalam FP2 Moto3 siang tadi, Mario berhasil menduduki peringkat ke-23.

Itulah beberapa fakta menarik dari penyelanggaraan hari pertama MotoGP 2022. Masih ada dua hari lagi untuk Goodmates mengikuti pertandingan balap motor bergengsi ini, baik secara langsung maupun live streaming

Referensi: CNN | Detik | CNN