Harry Potter Kembali! Mari Melihat Urutan Filmnya yang Bikin Nostalgia
Harry Potter | Unsplash - Liam Truong

Harry Potter kembali! Pernyataan tersebut resmi dilayangkan dari pihak resmi terkait bahwasannya untuk merayakan 20 tahun semenjak dirilis film pertama, Harry Potter akan merilis film terbaru berjudul "Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwards".

Dikutip dari Info Semarang, "Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwards" ini akan menjadi tipe film semi dokumenter yang dimana di dalamnya akan memperlihatkan kejadian pada saat syuting.

Film yang akan menayangkan Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Glint, dan beberapa pemain terdahulu ini akan tayang di HBO Max pada 1 Januari 2022. Hayo tidak sabar bukan tahun baru ditemani oleh film terbaru Harry Potter ini?

Eits, sebari menunggu, bagaimana kalau kita bernostalgia dengan menonton kembali kedelapan series Harry Potter? Tidak hanya bernostalgia, bagi kamu para newbie di dunia persihiran ini pun bisa mengikuti Harry Potter dari awal hingga terbaru nanti.

Namun, Goodmates sudah lupa urutan filmnya? Tenang! Karena kamu bisa langsung mengingatnya dengan membaca informasi berikut.

Urutan film "Harry Potter" dari awal hingga akhir

Urutan Film Harry Potter | CNN Indonesia
Urutan Film Harry Potter | CNN Indonesia

Harry Potter merupakan film fantasi yang diangkat dari novel J.K Rowling, penulis novel asal Inggris. Mengisahkan tentang Harry Potter yang masuk ke dunia sihir dan belajar sihir di sekolah Hogwarts.

Film pertama dirilis pada tahun 2001 dan film terakhir dirilis pada tahun 2011. Itu tandanya sudah hampir 10 tahun Harry Potter tidak lagi muncul pada layar lebar, dan mereka akan kembali pada tahun baru 2022 kelak.

Harry Potter and The Sorcerer's Stone (2001)

Jika kamu adalah pendatang baru dalam film ikonik ini, 'Harry Potter and The Sorcerer's Stone' ini adalah film pertama yang harus di tonton. Menonton dengan niat bernostalgia, mungkin kamu ingat dimana Harry Potter diterima di Sekolah Sihir Hogwarts dan bertemu dengan kedua temannya yaitu Hermione dan Ron.

Tidak hanya itu, kamu juga akan dikenalkan lebih lanjut mengenai Hogwarts dimulai dari guru, pelajaran, dan bahkan area sekitar. Pokoknya, series pertama ini bisa disebut sebagai series perkenalan antara kamu dengan Harry Potter.

Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002)

Kamu akan dibawa pada tahun kedua di Sekolah Sihir Hogwarts yang semakin menantang. Ditambah lagi dengan munculnya bisikan misterius yang mengundang Harry Potter untuk menyelidikinya.

Ternyata hal tersebut membawanya pada ruangan rahasia di Hogwarts. Di dalamnya terdapat monster raksasa yang telah memakan korban hanya dengan menatap matanya saja. Hal tersebut membuat Harry Potter harus berusaha untuk memecahkan misteri yang ada bersama Hermione dan juga Ron, pun mengalahkan monster tersebut.

Harry Potter and The Prisioner of Azkaban (2004)

Berbeda dengan dua series sebelumnya, dalam series ini film disajikan semakin gelap dengan lika-liku yang semakin panjang dan juga menarik. Tidak hanya itu, dalam series ini ada begitu banyak plot yang tak terduga.

Cerita dimulai dari musim panas ketika Harry menghabiskan waktu bersama keluarga sang paman. Ada kejadian yang membuatnya kesal sehingga secara tidak sengaja, mengeluarkan sihir dimana kejadian itu harusnya tidak terjadi.

Namun, pada saat Harry Potter kembali ke Hogwarts, pihak berwenang memaafkannya sebab tidak sengaja melakukannya. Tahun ketiga dimulai, dan Harry Potter harus menjaga diri dari Sirius Black yang merupakan penjahat berbahaya yang baru saja kabur dari penjara Azkaban yang merupakan penjara paling keji di dunia sihir.

Kaburnya Sirius Black yang merupakan salah satu komplotan Voldemort membuat Hogwarts sedikit lebih berbeda, dengan kehadiran para penjaga yang terus berkeliling hingga Black ditangkap. Namun siapa sangka, Sirius Black yang sangat dihindari memiliki hubungan khusus dengan Harry Potter dan juga keluarganya.

Harry Potter and The Goblet of Fire (2005)

Dilansir dari Katadata, series Harry Potter yang satu ini merupakan series yang banyak disukai sebab kemunculan Voldemort yang merupakan musuh terbesar dari Harry Potter.  Pada film ini, kamu akan melihat bagaimana Harry Potter yang berusia muda, yaitu 14 tahun sudah harus mewakili Hogwarts dalam pertandingan sihir dengan berbagai sekolah sihir dan nama turnamen Triwizard.

Munculnya nama Harry Potter sebagai perwakilan Hogwarts membuat konflik antara Hermione dan juga Ron. Keduanya merasa iri dengan terpilihnya Harry kala itu dan menambah bumbu pada film ini.

Tidak hanya itu, bumbu film ini bertambah dengan kehadiran karakter baru yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah yang memperkeruh suasana. Di sini pun kamu akan menemukan pemain baru dan salah satunya adalah Robert Pattinson. Wah, semakin seru bukan?

Harry Potter and The Order of The Phoenix (2007)

Series ini merupakan series yang terberat bagi Harry sebab tidak ada yang percaya mengenai kembalinya Voldemort. Padahal Harry sendiri telah mengalami banyak mimpi buruk terlebih lagi mengenai Voldemort. 

Tidak hanya itu, kesalahan Harry Potter yang menggunakan sihir di dunia manusia semakin membuat orang-orang tidak percaya. Bahkan kementrian sihir beranggapan bahwa ini merupakan kesalahan dari Dumbledore sebagai kepala sekolah, dan menggantinya dengan Professor Dolores Umbridge.

Dalam series ini, salah satu tokoh yang paling menarik perhatian adalah Professor Dolores Umbridge yang menjadi guru yang cukup dibenci oleh banyak murid Hogwarts akibat cara mengajar yang kolot dan bahkan kerap bertengkar dengan Harry Potter.

Bahkan dalam series, Harry Potter sengaja membuat kelompok belajar sebagai persiapan sebab adanya desas-desus yang mengatakan Voldemort akan datang mencuri benda milik kementerian sihir.

Harry Potter and The Half-Blood Prince (2009)

Pada series ini Harry Potter menemukan catatan penting yang banyak membantunya di kelas ramuan hingga disukai oleh professor yang mengajar.  Namun di sisi lain, terdapat Draco Malfoy yang merupakan rival dari Harry Potter yang berubah menjadi pengikut Voldemort dan ditugaskan untuk membunuh Albus Dombledore.

Keberadaan Malfoy kerap membuat kekacauan di sekolah. Albus yang merasa terancam pun pada akhirnya mengajarkan Harry Potter untuk menghancurkan Horcrux yang memiliki hubungan kuat dengan Voldemort.

Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 and 2 (2010 dan 2011)

Pada series ini terbagi menjadi dua bagian dan sekaligus menjadi penutup kisah Harry Potter yang telah menemani para penggemarnya dalam waktu yang cukup lama. Dilansir dari Celebrities, bagian pertama bercerita mengenai bagaimana Harry Potter bersama Hermione dan Ron mencari Horcrux.

Hal tersebut dapat menjadi senjata untuk membunuh Voldemort yang semakin kuat dan juga menghancurkan Horcrux tersebut. Bagian kedua merupakan bagian penentu, saat Harry Potter akan bertarung melawan Voldemort sementara murid Hogwarts lain berusaha untuk menghancurkan ancaman-ancaman yang ada. Film ini menjadi emosional mengingat betapa keras perjuangan para pemain untuk melawan kejahatan untuk membalikan keadaan.

Bagaimana Kawan? Sudah ingat urutan filmnya? Bahkan untuk para pendatang baru, semakin tertarik untuk menonton? Jangan lupa untuk menonton di situs resmi, ya!

Referensi: Info Semarang | Kata Data | Celebrities