Hati-Hati! Perhatikan Hal Berikut Sebelum Gunakan Whatsapp Aero
Ilustrasi Whatsapp Aero | Foto: Pexels

Di zaman yang maju ini, kehidupan kita pasti berkaitan erat dengan internet seperti media sosial. Salah satu media sosial yang dipakai banyak pengguna internet adalah WhatsApp. Tidak lama ini, diluncurkan sebuah aplikasi dengan nama WhatsApp Aero.

Aplikasi Whatsapp sendiri sudah berdiri sejak tahun 2009 dengan memiliki banyak fitur yang dapat kita manfaatkan. Beberapa di antaranya adalah mengirim pesan ke sesama pengguna, mengirimkan lokasi kita secara langsung atau live, sampai dengan panggilan grup yang merupakan fitur terbarunya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak, yaitu 84,8 juta pengguna per Juni 2021. Angka tersebut menduduki posisi ketiga di dunia.

Whatsapp Aero merupakan aplikasi modifikasi dari WhatsApp Meta. WhatsApp Aero juga dikenal dengan istilah WhatsApp MOD. WhatsApp Aero bukanlah aplikasi resmi yang diluncurkan Meta seperti halnya dengan WhatsApp biasa.

WhatsApp Aero disusun oleh seorang pengembang perangkat lunak, yakni Hazar Bozkurt. Saat ini, pengunduhan WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di perangkat Android. Namun, WhatsApp Aero juga tetap harus diunduh dengan menggunakan file APK yang dapat ditemukan di laman WhatsApp Aero.

Fitur WhatsApp Aero

Ilustrasi emoji | Foto: Pexels

Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Aero memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki WhatsApp konvensional. Berikut beberapa fitur yang ada di Whatsapp Aero.

1. Mengatur jadwal pengiriman sebuah pesan

Fitur ini dapat membantu penggunanya untuk menjadwalkan pesan balasan ke kontak mereka agar dapat terkirim secara otomatis. Pengguna dapat mengetik pesan yang ingin dikirim untuk kemudian dijadwalkan pengirimannya ke kontak yang dituju.

2. Tema dan emoji beragam

Sedikit berbeda dari WhatsApp konvensional, WhatsApp Aero memiliki lebih banyak emoji yang diambil dari platform lainnya seperti iOS, Facebook, dan lainnya. Selain itu, ada juga berbagai macam tema yang bisa dipakai. Tema ini dapat digunakan dengan mengunduhnya terlebih dahulu di library WhatsApp Aero.

3. Melihat status dan pesan terhapus

Pada WhatsApp konvensional, pengguna tidak bisa melihat status dan pesan yang sudah dihapus. WhatsApp Aero hadir untuk membantu masalah tersebut dengan memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya melihat pesan dan status WhatsApp yang sudah terhapus.

4. Menyembunyikan status online

Salah satu fitur yang dianggap sebagai keunggulan bagi sebagian pengguna adalah WhatsApp Aero dapat menyembunyikan status penggunanya, seperti status online yang akan muncul pada saat pengguna sedang membuka aplikasi.

Selain itu, WhatsApp Aero juga memungkinkan untuk menyembunyikan si penggunanya bahwa pengguna sudah melihat status WhatsApp pengguna lainnya, notifikasi sedang merekam voice note, dan lain sebagainya.

5. Menyembunyikan gambar tersimpan

Fitur lain yang disediakan oleh WhatsApp Aero adalah fitur menyembunyikan foto, video, atau GIF yang sudah tersimpan di galeri pesan. Dengan begitu, file tersebut hanya dapat dilihat di WhatsApp Aero saja dan tidak di galeri.

Bahaya menggunakan Whatsapp Aero

Ilustrasi hacker | Foto: Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, WhatsApp Aero merupakan sebuah aplikasi yang tidak resmi. Maka, tentu saja keamanan para penggunanya juga tidak dapat dijamin.

Percakapan menggunakan WhatsApp Aero tidak akan aman sepenuhnya. Pada WhatsApp konvensional, percakapan para pengguna dilindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dan juga disimpan di server yang bebas dari pengintaian.

Sedangkan di WhatsApp Aero, tidak ada jaminan bahwa pesan yang dikirimkan akan aman dari pihak ketiga. WhatsApp Aero juga akan sulit untuk diperbaharui. Untuk memperbaharui aplikasi ini, pengguna perlu menemukan tautan file APK terbaru.

Banyaknya tautan yang ada, dapat menjebak pengguna yang hendak memperbarui aplikasi karena tautan tersebut bisa saja mengandung malware. Bahaya lainnya adalah WhatsApp Aero rentan membawa virus ke gawai penggunanya. Pada saat pengunduhan, ada kemungkinan aplikasi ini menyuntikkan malware atau spyware yang dapat membahayakan data yang ada di gawai tersebut.

Sanksi bagi pengguna WhatsApp Aero

Meskipun WhatsApp Aero memiliki banyak fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh WhatsApp konvensional, penggunaannya dilarang oleh pihak WhatsApp resmi. Hal itu dikarenakan WhatsApp Aero sendiri bukan merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan dari pihak WhatsApp.

Pihak WhatsApp akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang memakai WhatsApp Aero dan sejenisnya dengan memblokir akun pengguna. Sanksi ini diberlakukan karena aplikasi sejenis WhatsApp MOD dianggap melanggar aturan layanan WhatsApp.

Referensi: KompasKontan