Hentikan Kebiasaan Ini Supaya Wajah Tidak Semakin Berminyak
Kebiasaan yang Buat Wajah Berminyak | Unsplash - Haley Lawrence

Setiap manusia pasti memiliki jenis kulit yang berbeda. Mungkin Goodmates pun ada yang memiliki jenis kulit yang kering, berminyak, dan bahkan kombinasi yang menggabungkan jenis kulit kering dan berminyak di bagian tertentu saja.

Berbicara tentang kulit berminyak pasti sudah tidak asing lagi dengan wajah mengkilap setelah mencuci muka dan lengket pada bagian tertentu. Akibatnya, muncul jerawat yang disebabkan tersumbatnya pori-pori oleh kotoran seperti debu atau sisa riasan yang belum bersih.

Merawat kulit jenis yang satu ini memang gampang-gampang susah. Ada banyak cara yang harus dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan jauh dari komedo serta jerawat yang menjadi musuh bebuyutan.

Tapi Goodmates harus hati-hati, sebab ada beberapa kebiasaan yang katanya menjaga, justru akan membuat wajah kamu semakin berminyak, lho! Apa saja? Berikut informasinya.

Mencuci wajah terlalu sering

Mencuci wajah | Klikdokter
Mencuci wajah | Klikdokter

Alih-alih membuat wajah jauh dari minyak, ternyata mencuci wajah terlalu sering justru akan membuat wajah semakin berminyak, lho. Dikutip dari Kumparan, hal tersebut disebabkan oleh kondisi wajah yang terlalu kering memancing kelenjar untuk terus memproduksi minyak pada kulit.

Bagi Goodmates yang memiliki wajah berminyak, disarankan untuk mencuci muka dua sampai tiga kali sehari saja. Sebab minyak alami pada wajah pun ternyata tidak seburuk yang diduga. 

Menggunakan make-up dengan kandungan minyak lebih

Makeup | Unsplash - Kelly Sikkema
Makeup | Unsplash - Kelly Sikkema 

Menggunakan make-up memang diperbolehkan, tetapi kamu harus mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sampai kamu tidak menyadari bahwa kamu menggunakan make-up terutama foundation atau bedak yang mengandung minyak di dalamnya.

Pada menit-menit awal, kamu akan melihat wajah kamut terlihat flawless. Tetapi selang beberapa jam, make-up kamu akan terlihat sangat basah akibat minyak yang di produksi di dalam wajah bercampur dengan make-up yang mengandung minyak di dalamnya.

Akan lebih baik jika Goodmates menggunakan make-up dengan bahan yang tidak menggunakan banyak minyak atau oil free di dalamnya. Biasanya, make-up tersebut memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit atau memiliki kandungan yang dapat menahan minyak sehingga wajahmu tetap fresh. 

Skip pelembab

Melewatkan Pelembab | Unsplash - Poko Skincare
Melewatkan Pelembab | Unsplash - Poko Skincare

Siapa nih diantara Goodmates yang sering tidak menggunakan pelembab dengan alasan wajah akan semakin berminyak? Nah, itu tandanya kamu harus mulai mengurangi kebiasaan ini. Sebab tidak menggunakan pelembab justru membuat wajah semakin berminyak!

Mengapa? Dilansir dair Halodoc, kulit yang memproduksi minyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab sebab pelembab bertugas untuk menghidrasi kulit sekaligus mengontrol sebum agar tidak keluar secara berlebihan.

Goodmates harus mengetahui bahwa minyak alami kulit tidak akan membuat wajah terhidrasi, sebab untuk membuat kulit terhidrasi membutuhkan zat air yang bisa di dapatkan dari pelembab. Alih-alih menghentikan penggunaan pelembab, kamu hanya perlu mencari pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Untuk kulit berminyak, menggunakan pelembab jenis gel atau gel moisturizer akan lebih cocok digunakan sebab kandungannya yang ringan, mengunci air, dan kelembaban pada wajah.

Membasuh wajah dengan air hangat

Air hangat | Jualelektronik
Air hangat | Jualelektronik

Salah satu penyebab kulit semakin berminyak adalah terbukanya pori-pori. Salah satu cara untuk membuka pori-pori tersebut adalah air hangat, maka dari itu Goodmates perlu menghindari membasuh wajah dengan air hangat.

Sebaiknya saat mencuci muka, gunakan air dingin agar kelenjar minyak tidak keluar dari pori-pori sebab pori-pori akan tertutup jika dibasuh menggunakan air dingin. Kecuali jika akan membasuh masker, atau akan mengeluarkan komedo dari pori-pori yang tersumbat.

Bagaimana Goodmates, sekarang sudah tahu 'kan kalau kebiasaan di atas justru akan membuat wajah semakin berminyak? Yuk, kita kurangi mulai dari sekarang.

Referensi: Kumparan | Halodoc