Cara Bangun Produktivitas pada Kegiatan Sehari-Hari
Ilustrasi jam beker | Foto: Freepik

#FutureSkillsGNFI

Halo teman-teman! Pernahkah kalian merasa sangat malas? Namun pernahkah kalian juga merasa sangat rajin? Untuk dapat mengatasi hal itu, ayo kita belajar untuk produktif sejak dini! Produktif bisa dilakukan setiap saat.

Kita juga harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk bisa memaksimalkan hari agar produktif. berikut ini merupakan tips-tips yang bisa membuat kalian lebih produktif!

  1. Jangan tidur terlalu malam

Agar saat pagi hari kalian terasa segar bugar, alangkah baiknya agar tidak begadang saat malam hari. Usahakan jika malam hari merupakan waktu yang dikhususkan untuk istirahat.

  1. Buat jadwal agenda kegiatan kalian

Kalian bisa dengan bebas mengatur seberapa lama kalian bisa ada di jadwal tersebut. Dengan begitu, kalian tidak tertekan untuk melakukannya karena terlalu mengikat.

  1. Konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat

Awalnya memang terasa agak susah, namun lama kelamaan tentu kalian akan terbiasa dengan jadwal yang kalian buat.

  1. Jika kalian pelupa, gunakan alarm!

Alarm berperan penting untuk kehidupan kita. tulis label alarm sesuai dengan jadwal yang sudah dirancang. Ketika alarm berbunyi dan mengingatkan kalian bahwa sudah waktunya berganti jadwal, maka lakukanlah.

  1. Buat ruang kalian senyaman mungkin

Agar suasana hati kita tetap terjaga dengan baik dan tidak malas-malasan, alangkah baiknya jika kalian membersihkan dan merapikan barang-barang yang berantakan, hias ruang kalian sesuai selera kalian, maka akan menambah semangat untuk berproduktif.

  1. Hilangkan kebiasaan buruk

Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita. Entah itu terlalu banyak membuka media sosial, bermain game, atau hal-hal lainnya tanpa disadari telah menghabiskan waktu berharga yang kalian miliki. Gunakan waktu kalian dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk kalian bila kalian ingin secara serius mencapai tujuan besar dalam hidup.

 

  1. jangan lupa istirahat

Tubuh kita juga memiliki batasan, maka penting pula bagi tubuh kita untuk beristirahat. Beri waktu luang supaya tidak bekerja terus menerus. Ingat, produktif bukan hanya untuk hidup dengan bekerja. Istirahat juga bagian dari produktivitas.

8. Hindari multitasking

Banyak yang mengira bahwa multitasking berarti baik karena mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Multitasking dinilai dapat menghemat waktu bekerja, padahal otak akan cenderung lebih mudah lelah saat Kamu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Dilansir dari forbes.com, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford menjelaskan bahwa multitasking justru lebih tidak produktif jika dibandingkan dengan mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Multitasking dapat mengurangi efisiensi dan kinerja Kamu karena otak hanya mampu fokus pada satu hal dalam satu waktu. 

Nah, teman-teman kita sudah membahas beberapa tips mengenai produktivitas. Mari kita hidup sehat dengan memulai hari-hari dengan lebih produktif. Walau dimulai dengan paksaan, lama-lama kalian akan terbiasa untuk lebih produktif dibanding sebelumnya. Jangan lupa pula untuk istirahat supaya tubuh kalian tidak berat untuk melakukan aktivitas lainnya. Awali pagi kalian dengan kegiatan yang positif sehingga bisa membuatmu semangat menjalani hari. Hindari sesuatu yang berbau negatif, itu akan membuat kalian menghambat semangat sehingga kalian bisa menjadi terus-terusan bermalas-malasan hingga siang hari atau bahkan seharian penuh. Jangan lupa untuk selalu fokus dan konsisten, serta tidak banyak drama yang bisa menjadikan alasan kalian untuk menunda pekerjaan.

Sumber:

Kompas: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/06/082052826/7-tips-menjalani-hari-agar-lebih-produktif?page=all

Disnaker palangkaraya: https://disnaker.palangkaraya.go.id/13-tips-membuat-waktu-anda-menjadi-lebih-produktif/

Skill academy: https://blog.skillacademy.com/atur-waktu-mu-agar-kerja-lebih-produktif