Terjebak Cinta Rekan Kerja yang Sudah Menikah? Segera Hindari dengan Cara Ini!
Ilustrasi | Foto: Anna Pou

Intensitas pertemuan dan perilaku baik yang diberikan rekan kerja memang tidak bisa dihindari. Istilahnya seperti semakin menjauh, justru semakin dekat. Hal itu benar adanya, karena waktu yang dihabiskan di kantor lebih lama dibandingkan waktu di rumah.

Intensitas pertemuan tersebut rupanya dapat mempengaruhi sebuah hubungan cinta terlarang, hingga terjadinya perselingkuhan. Dimulai dari seringnya bertemu atau mengerjakan proyek yang sama, pembicaraan yang nyaman, lalu terlarut dalam benih-benih cinta. Ini bahaya jika terjadi pada seseorang yang telah ada dalam hubungan pernikahan.

Sebenarnya, hal ini masih bisa dihindari apabila kita memiliki iman dan kesetiaan yang kuat. Sehingga, tidak akan pernah terpikirkan untuk memiliki hubungan baru tanpa diketahui oleh pasangan. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan guna mencegah terjadinya perselingkuhan di lingkungan kerja:

  1. Perlakukan Pernikahanmu Layaknya Harta Karun
Ilustrasi perlakukan pernikahanmu layaknya harta karun
Pexels.com/OrioneConceicao

Ketika kamu memiliki mindset seperti ini, maka dalam situasi apapun kamu tidak akan bisa mengubah sikap dan kesetiaanmu terhadap pasangan. Ketika kamu sudah menikah dan memilih pasangan untuk berkomitmen, tentu saja kamu akan mengingat seberapa besar perjuangan cinta yang telah kalian bangun hingga ke titik pernikahan. Tentu saja hal itu tidak mudah.

Apalagi, jika hubungan yang telah Goodmates bangun sudah berjalan begitu lama, pasti banyak pengorbanan yang dilalui bersama dan kamu akan memperlakukan pernikahanmu layaknya sebuah harta yang paling berharga.

  1. Pentingnya Komitmen
Ilustrasi pentingnya komitmen
Pexels.com/DanielMoisesMagulado

Ucapan sayang dan cinta yang hanya terlontar di mulut saja tidak cukup. Karena hal yang terpenting adalah sejauh mana kamu bisa serius dan melakukan aksi nyata terhadap pasanganmu, yaitu berkomitmen. Hal ini sangatlah penting untuk menjaga sebuah hubungan dan bisa menimbulkan rasa saling percaya terhadap pasangan, serta menunjukkan keseriusan hubunganmu dengan pasangan.

  1. Menjaga Jarak dengan Rekan Lawan Jenis
Ilustrasi menjaga jarak dengan rekan lawan jenis
Pexels.com/ANTONISHKRABAProduction

Pasti kamu pernah mendengar kalimat “Tidak ada sahabat antara laki-laki dan perempuan” kan? Kalimat tersebut pada dasarnya kerap terjadi dan banyak yang menyalahgunkannya dengan alasan “sahabat”. Maka, ketika kamu sudah memutuskan untuk berkomitmen dengan pasangan, memang sudah seharusnya kamu bisa menjaga hati dan menjaga jarak dengan rekan kerja lawan jenis. Bukan berarti tak peduli, namun kamu harus tahu batasan agar lawan jenismu tidak ‘’baper’’ atau bawa perasaan padamu.

  1. Jangan Dengarkan Curhat Secara Personal
Ilustrasi jangan dengarkan curhat secara personal
Pexels.com/MikhailNilov

Mendengarkan curhat rekan kerja sebenarnya adalah hal normal. Namun, ketika itu terjadi pada lawan jenis dan hanya berdua saja, hal ini bisa menjadi bibit perasaan juga lho! Jadi, kamu harus berhati-hati. Jangan sampai terlarut dalam perasaan dan suasana. Apalagi kalau curhatnya bukan hal pekerjaan, duh bisa bahaya deh.

Kalau pun memang kamu benar-benar diperlukan untuk menjadi ruang saran bagi rekan kerjamu, sebisa mungkin jangan dilakukan berdua. Ajak rekan kerja lainnya untuk bisa mendengarkan keluh kesah rekan kerjamu ini. Di sisi lain, dia bisa mendapatkan banyak pilihan solusi untuk menanggulangi keluh kesahnya.

  1. Mengadakan Kajian dan Family Gathering
Ilustrasi mengadakan kajian dan family gathering
Pexels.com/Lisa

Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pihak perusahaan. Selain bertujuan untuk self development karyawan, kegiatan ini bisa untuk menambah spiritual dan menyadarkan bahwa ada nilai dan norma yang patut dijaga di lingkungan kerja. Selain itu, melalui kegiatan ini bisa menjadi kontrol sosial secara personal dan saling mengingatkan.

Dengan adanya family gathering yang melibatkan masing-masing keluarga, bisa menjadi upaya preventif agar karyawan lainnya bisa mengenal keluarga kamu lebih dekat, sehingga sadar bahwa ada hal yang harus dijaga.

Apabila kamu sudah merasa tidak nyaman dalam lingkungan kerja terutama pada sebuah perasaan personal, kamu bisa melakukan 5 hal tersebut untuk menyadari bahwa sebenarnya sejatinya bibit perselingkuhan masih bisa dicegah dan tidak perlu cepat mengambil keputusan untuk menghindari dengan cara resign. Ingat, mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah. Jadi, silakan dicoba cara-cara diatas jika kamu berada dalam situasi tersebut ya, Goodmates!

 

Referensi: The Asian Parent | Kumparan

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.