Hobi Baca Buku, Ini Dia Rekomendasi Buku ala Najwa Shihab
Najwa Shihab│@najwashihab/Instagram

Najwa Shihab, sosok wanita kritis yang namanya sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dibalik sosok yang kritis, salah satu hobi dari wanita yang sering disapa Mbak Nana ini adalah membaca buku.

Tidak dipungkiri lagi, membaca memanglah sebuah hobi yang bisa memperluas wawasan seseorang. Terbukti, salah satu rahasia kepintaran seorang Najwa Shihab adalah hobinya membaca buku.

Nah, bagi kamu yang juga suka membaca buku, kali ini kita akan membahas tentang beberapa buku bacaan yang direkomendasikan oleh Najwa Shihab. Najwa Shihab sering membagikan rekomendasi buku bacaan di akun instagramnya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi buku pilihan dari Najwa Shihab, yang sudah GoodSide rangkum untuk kamu.

Buku Biografi

Dalam postingan di akun instagramnya, wanita yang akrab disapa Mbak Nana ini menyampaikan bahwa biografi adalah buku yang menarik dan penting untuk dibaca. Lewat biografi, kita bisa menyelami perjalanan hidup seorang tokoh, krisis yang dihadapi, pilihan-pilihan yang diambil, juga proses berpikir dan emosi yang mereka rasakan dalam momen-momen penting.

Beberapa buku biografi yang direkomendasikan Najwa Shihab adalah:

  • Untuk Negeriku, Sebuah Biografi, Mohammad Hatta
  • Gus Dur, The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid, Greg Barton
  • Detik-Detik yang Menentukan, Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Conversations with Myself, Nelson Mandela
  • I am Malala. The Girl Who Stood Up for Education and was Shot by the Taliban. Malala Yousafzai with Cristina Lamb
  • Shoe Dog, Phil Knight. A Memoir by the Creator of Nike
  • Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab, ditulis oleh Mauludin Anwar, Latief Siregar dan Hadi Mustofa

Tetralogi Pulau Buru Karya Pramoedya Ananta Toer

Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer adalah salah satu buku legendaris yang menarik untuk dibaca. Begitu pula dengan Najwa Shihab, ia juga merekomendasikan Tetralogi Buru sebagai buku bacaan. Empat novel Tetralogi Pulau Buru adalah, Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca

Buku kumpulan puisi

Najwa Shihab dan Buku Joko Pinurbo│@najwashihab/Instagram

Najwa Shihab adalah seseorang yang senang menikmati puisi. Ia juga kerap mengunggah beberapa potongan puisi karya penyair nasional di akun instagramnya. Salah satu penyair favoritnya adalah Joko Pinurbo. Bagi kamu yang senang menikmati karya puisi, kamu bisa membaca karya-karya Joko Pinurbo.

Catatan Seorang Demonstran

Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie mungkin sudah tidak asing di telinga sebagian besar mahasiswa Indonesia. Catatan seorang demonstran ditulis langsung oleh Soe Hok Gie, seorang mahasiswa aktivis era 60-an.

Menurutnya, buku ini adalah buku yang cocok untuk dibaca mahasiswa Indonesia. Buku ini berisi berbagai catatan kritis Soe Hok Gie selama menjadi aktivis. 

Buku-buku ringan

Selain buku-buku dengan pembahasan yang berat, Najwa Shihab juga merekomendasikan beberapa buku yang ringan untuk dibaca. Beberapa buku ringan ini di antaranya:

  • The 100-year Old Man Who Climbed Out The Window and Disappeared karya Jonas Jonasson
  • Grit  karya Angela Duckworth
  • Kekasih Musim Gugur karya Laksmi Pamuntjak
  • Kisah-Kisah Kecil & Ganjil, Malam 1001 Pandemi karya Agus Noor

Nah, itu dia beberapa buku bacaan yang direkomendasikan Najwa Shihab. Bagi kamu yang juga hobi membaca buku, tidak ada salahnya untuk mencoba membaca buku-buku rekomendasi Najwa Shihab di atas.

Referensi: IDN TimesKompasOkezone