Hobi Menulis? Yuk, Ubah Agar Menghasilkan Uang dengan Pekerjaan Berikut
Pekerjaan yang Melibatkan Penulis | Unsplash - Etienne Girardet

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Angkat tangan yang senang menulis! Karena Goodside punya informasi yang kece untuk diketahui oleh Kawan generasi penerus bangsa saat ini.

Memang sih menulis sering kali disebut sebagai hobi yang 'kolot', namun saat ini kegiatan menulis menjadi salah satu kegiatan yang marak ditekuni oleh banyak orang lho. Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan seperti terhindar dari stress, kegiatan ini juga dapat memberikan segudang informasi bagi para pembacanya.

Tapi yang paling keren lagi, Kawan tahu tidak nih? Saat ini pekerjaan yang berhubungan dengan menulis sedang banyak dicari oleh banyak perusahaan, terlebih lagi perusahaan yang telah mengenal digital marketing.

Wah, Kawan gak keren nih kalau belum tahu peluang ini. Sini merapat, Kawan! Biar Goodside kasih tahu informasi kece mengenai pekerjaan menulis seperti apa yang dapat menghasilkan uang di era canggih saat ini.

SEO Writer

SEO Writer | Unsplash - Myriam Jessier
SEO Writer | Unsplash - Myriam Jessier 

Berkat peran digital yang semakin berkembang, saat ini ada banyak profesi yang mulai tercipta dan berkembang sehingga menjadi pekerjaan yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan dan salah satunya adalah SEO Writer yang berhubungan dengan Search Engine Optimization yang erat hubungannya dengan digital saat ini.

Sedikit berbeda dengan menulis biasa, dilansir dari Kumparan SEO Writer harus bisa menulis artikel dengan segmentasi target yang lebih terarah, dan bahkan konten yang ditulis harus bisa sesuai dengan tren dan kata kunci yang diperlihatkan oleh mesin SEO.

Hal tersebut dirasa semakin menantang sebab Kawan harus bisa menyajikan tulisan sesuai dengan keinginan publik dan selain itu juga harus bisa menganalisisis kata kunci SEO yang mungkin telah digunakan oleh kompetitor lain. 

Tujuan utama dari SEO Writer sendiri adalah penyajikan tulisan dengan konten menarik dan sesuai dengan kata kunci yang sesuai dengan SEO agar website perusahaan dapat berada di pencarian nomor satu Google. 

UX Writer

UX Writer | Unsplash - KOBU Agency
UX Writer | Unsplash - KOBU Agency

Jika Kawan pernah mengunjungi sebuah aplikasi yang dimana didalam aplikasinya itu terdapat tulisan seperti 'Rekomendasi ....' dan lainnya yang memudahkan Kawan untuk mencari sesuatu yang Kawan inginkan, itu tandanya Kawan harus berterima kasih kepada UX Writer.

Lebih jelasnya dilansir dari Glints, UX Writer merupakan pekerjaan menulis yang membantu para user atau pengguna situs menemukan fitur yang diinginkan dengan memberikan deskripsi pada fitur yang telah disediakan pada aplikasi atau situs tersebut. 

Walau terdengar mudah karena hanya menuliskan deskripsi pada situs, namun bukan berarti pekerjaan UX Writer ini bisa dianggap sepele sebab situs atau aplikasi yang menarik juga terlihat dari bagaimana UX Writer menuliskan kata-kata atau yang biasa disebut micro-copy yang tidak hanya sesuai dengan fungsi, namun juga dapat menarik perhatian. 

Social Media Content Writer

Social Media Content Writer | Unsplash - Tran Mau Tri
Social Media Content Writer | Unsplash - Tran Mau Tri

Siapa yang senang bermain media sosial? Itu tandanya Kawan cocok untuk menjadi content writer pada bagian media sosial. Tidak hanya mencari dan menulis konten yang sesuai dengan brand, pekerjaan content writer pada bagian media sosial juga harus menuliskan caption yang pas.

Tak jarang juga seorang yang bekerja pada media sosial ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang menarik agar dapat menjadi 'jembatan' antara para netizen dan juga perusahaan.

Script Writer

Script Writer | Unsplash - Brooks Leibe
Script Writer | Unsplash - Brooks Leibe

Bagi Kawan yang senang menulis cerita, bekerja sebagai script writer dapat menjadi opsi yang ditekuni. Selain itu, pekerjaan yang satu ini juga menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan di industri kreatif seperti industri film, dan juga pertelevisian.

Lebih tepatnya dilansir dari Quipper, pekerjaan script writer merupakan pekerjaan yang mengembangkan ide dalam bentuk naskah atau cerita untuk keperluan produksi karya audio visual atau audio saja.

Bahkan saat ini keberadaan script writer dibutuhkan oleh banyak pekerja bidang baru seperti Youtuber, Podcaster, dan lainnya. Semakin menarik bukan dunia script writer saat ini?

Jurnalis

Jurnalis | Unsplash - Markus Winkler
Jurnalis | Unsplash - Markus Winkler

Jika Kawan tertarik untuk mencari berita di penjuru manapun, itu tandanya Kawan bisa masuk menjadi salah satu jurnalis tanah air. Tidak hanya mencari berita, Kawan juga dapat menulis berita tersebut sesuai dengan angle yang Kawan inginkan.

Beritanya pun beragam, dimulai dari hard news hingga soft news. Hal tersebut akan Kawan tentukan ketika Kawan bergabung dengan lembaga pers di tempat Kawan bekerja. Kapan lagi dapat berpetualang mencari berita sebari menyusunnya? Menantang bukan?

Bagaimana Kawan, apa sudah mulai terpikirkan untuk bekerja menjadi salah satunya? Namun Kawan harus mengingat bahwasannya profesi di atas juga membutuhkan keahlian lain selain menulis, maka dari itu Kawan harus membaca deskripsi pekerjaannya dengan baik agar sesuai dengan minat. Semangat!

Referensi: Kumparan | Glints | Quipper