Daftar 5 Hotel Indonesia yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan
Kamar Lodges Ekologika | Foto: Portibi.com

Kompleksnya permasalahan lingkungan di Indonesia tidak bisa terselesaikan hanya dari satu pihak. Perlu kerja sama dari semua elemen masyarakat demi terjaminnya kelestarian lingkungan di Indonesia.

Menjawab permasalahan ini, sektor pariwisata Indonesia mulai mengambil peran dengan menerapkan konsep eco-tourism atau pariwisata ramah lingkungan.

Terdapat beberapa hotel di Indonesia yang ikut menerapkan konsep ramah lingkungan. Penasaran apa aja hotel yang menerapkan konsep ramah lingkungan? Yuk, intip informasinya berikut ini.

1. Alila Solo

Tampak luar Alila Solo | Foto: Traveloka

Sekilas jika melihat bangunan Alila Solo, hotel ini akan terlihat sama seperti hotel bintang lima pada umumnya. Terletak di tengah kota, siapa sangka Alila Solo merupakan hotel yang menerapkan konsep ramah lingkungan.

Hal tersebut terbukti dengan sejumlah penghargaan yang Alila Solo terima. Mulai dari Penghargaan Subroto Award kategori Gedung Berwawasan Lingkungan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta sertifikat dari Bronze Benchmarked dan Earthchecked 2017.

Baca juga: Sampai 70 Derajat Celcius, Berikut Deretan Kota Terpanas di Muka Bumi

Alila Solo merancang konstruksi bangunan yang sejuk agar bisa meminimalisir penggunaan AC. Tak hanya itu, mereka juga tidak menggunakan tenaga listrik secara keseluruhan, serta memberlakukan sewage treatment plant, yaitu sistem pengolahan limbah air secara maksimal.

Limbah air tersebut berguna untuk menyiram tanaman yang ada di sekitar hotel. Untuk mengunjungi Alila Solo, kamu bisa datang ke Jalan Slamet Riyadi, Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

2. Soori Bali

Fasilitas Soori Bali | Foto: Soori Bali 

Jika Goodmates berkunjung ke Pulau Dewata, hotel yang satu ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Terletak di Banjar Dukuh, Desa Kelating, Tabanan, Soori Bali merupakan hotel yang memiliki adaptasi keberlanjutan dan memenuhi Standar C3 Global EarthCheck Standard untuk bangunan, perencanaan, dan desain.

Soori bali menggunakan batuan alam sebagai material utama bangunan sehingga membuat suasana ruangan lebih sejuk tanpa perlu menyalakan AC. Selain itu, hotel ini menggunakan peralatan mandi seefisien mungkin agar air tidak terbuang percuma.

Hotel ini juga terkenal dengan masakan dengan rempah-rempah dari kebun milik sendiri dan pertanian organik lokal. Tak hanya itu, mereka pun memberdayakan masyarakat sekitar dengan mengadakan kelas bahasa Inggris Untuk anak SD.

Baca juga: Gawat! Salju Abadi Puncak Jaya Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim

3. Eco Tree O’tel

Kamar Eco Tree O'tel | Foto: Traveloka

Hotel ramah lingkungan selanjutnya berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yaitu Eco Tree O’tel. Hotel yang baru yang beroperasi pada 2017 ini merupakan perluasan dari Treetop Restaurant, salah satu restoran ternama di daerah Labuan Bajo.

Eco Tree O’tel memakai solar power sebagai sumber energi, serta menggunakan air sisa pembuangan AC untuk memanaskan air. Dari sistem air panas di hotel, Eco Tree O’tel tidak lagi menggunakan listrik dan gas.

Hotel ini berada di pusat Labuan Bajo dan hanya berjarak dua menit dari Pelabuhan. Berkat posisi hotel yang dekat dengan laut, Goodmates dapat melihat Pulau Rinca dan Pulau Komodo dari kejauhan. Harga kamar yang ada dari Eco Tree O’tel cukup terjangkau antara Rp575.000 hingga Rp975.000 per malam.

4. Lodges Ekologika

Kamar Lodges Ekologika | Foto: Portibi.com

Hotel yang satu ini menawarkan konsep menginap yang berbeda dari hotel sebelumnya.  Lodges Ekologika memiliki konsep bangunan berbentuk bungalow yang terbuat dari kayu jati daur ulang, lengkap dengan leuit, lumbung padi tradisional Sunda.

Setiap kamar di hotel ini memanfaatkan tenaga surya, menampung air hujan, serta menyediakan makanan dan produk organik hasil pertanian dari ladang dan hutan sekitar.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menariknya, 95 persen pegawai hotel tinggal tidak jauh dari lokasi hotel sehingga mereka bisa berjalan kaki menuju tempat kerja. Hal ini juga merupakan langkah sederhana untuk mengurangi polusi asap kendaraan.

Bagi Goodmates yang tertarik untuk menginap di sini, hotel ini memiliki tipe penginapan berkemah dengan biaya Rp156.000 dan tipe bungalow seharga Rp684.000 per malam. Lodges Ekologika sendiri berlokasi di Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

5. The Dharmawangsa Jakarta

Fasilitas The Dharmawangsa Jakarta | Foto: The-Dharmawangsa Jakarta 

Meskipun berada di area perkotaan, hotel yang satu ini menawarkan tempat menginap yang memberikan keasrian dan berkelanjutan bagi para tamu. The Dharmawangsa Jakarta menggunakan sistem tadah hujan untuk mengisi kolam, mencuci mobil, dan menyiram tanaman.

Setiap jendela di ruangan pun terbuka lebar agar udara dan cahaya matahari dapat masuk secara maksimal. Usaha yang The Dharmawangsa Jakarta lakukan membuatnya berhasil masuk dalam nominasi Green Hotel Award 2017 dan ASEAN Green Hotel Standard Award 2018. Hotel ini berlokasi di Jl. Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Itulah 5 hotel ramah lingkungan di Indonesia yang bisa Goodmates jadikan bucket list untuk menginap di sana. Selain ramah lingkungan, hotel-hotel di atas juga nyaman untuk kamu tempat sekadar staycation.

Referensi: Travel Detik | Kompas | Merdeka | Traveloka | Liputan 6