Memiliki Hubungan Baik dengan Rekan Kerja di Kantor, Itu Penting!
Ilustrasi Memiliki Hubungan Baik dengan Rekan Kerja dikantor | Foto: Pexels.com/Vlada Karpovich

Dunia kerja tidak hanya berbicara seputar pekerjaan yang dilakukan, melainkan juga lingkungan kerja dan kewajiban untuk bisa beradaptasi dengan individu lainnya. Maka dari itu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja sangat disarankan agar dapat melancarkan berbagai tugas dan pekerjaan yang kamu hadapi dikantor.

Namun pada faktanya, tidak semua karyawan bisa mendapatkan lingkungan yang nyaman dan bisa saling mendukung. Belum lagi kalau kamu sulit beradaptasi dengan karyawan lainnya, pasti sulit untuk memiliki kedekatan yang berlebih. Berikut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mudah berbaur dengan rekan kerja lainnya:

  1. Saling Menghormati dan Menghargai
Ilustrasi saling menghormati dan menghargai
Ilustrasi saling menghormati dan menghargai | Pexels.com/fauxels

Pada dasarnya, lingkungan kerja tidak mewajibkanmu untuk dekat atau akrab dengan rekan kerja, anggap saja hal ini adalah bonus untuk kamu. Namun, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menghormati dan menghargai rekan kerjamu tanpa pandang bulu.

Ketika dua hal tersebut bisa kamu terapkan di lingkungan kerja, kamu akan memiliki citra baik di mata rekan kerja lainnya. Secara tidak langsung, mereka akan datang dengan sendirinya secara tulus kepadamu jika kamu juga bisa tulus menghargai mereka.

  1. Sopan dan Santun
Ilustrasi sopan dan santun
Ilustrasi sopan dan santun | Pexels.com/GaryBarnes

Berkata dan berperilaku baik seharusnya bukan menjadi sebuah tuntutan. Tapi, hal tersebutlah yang memang harus bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena di lingkungan keluarga pun, kamu sudah pasti dididik oleh kedua orang tuamu untuk bisa bertutur kata yang baik dan berperilaku sopan. Tak hanya pada orang tua, namun juga dengan siapapun. Tak terkecuali di lingkungan kantor.

Cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan sopan santun dikantor adalah ketika berpapasan dengan teman kantor lainnya, kamu bisa saling bertegur sapa, atau bisa juga untuk tidak berisik disaat jam kerja demi menjaga suasana kerja tetap kondusif.

  1. Hindari Gibah
Ilustrasi hindari gibah
Ilustrasi hindari gibah | Pexels.com/CedricFauntleroy

Lingkungan kerja memang tidak sepenuhnya positif, ada juga yang bisa menghasut kamu atau memulai pergibahan “seputar kantor”. Nah, hati-hati nih ketika kamu menemukan atau terjebak dalam situasi seperti ini. Jangan sampai kamu terhasut untuk melakukan hal yang sama.

Gibah atau bergosip hanya bisa membuatmu mengalami masalah di masa mendatang. Pasti kamu tidak ingin dilihat sebagai sosok yang bermuka dua, sehingga tidak dapat dipercaya kan, Goodmates? Maka, hindari hal ini!

  1. Hindari Perbincangan yang Kontroversial
Ilustrasi hindari perbincangan yang kontroversial
Ilustrasi hindari perbincangan yang kontroversial | Pexels.com/JuanCordero

Hal ini hampir sama dengan poin sebelumnya. Ketika kamu sudah mulai memiliki beberapa rekan kerja, kamu perlu berhati-hati dengan perbincangan yang menuju ke arah kontroversial atau hingga mampu menyinggung lawan bicara kamu. Meski sudah memiliki kedekatan, kamu harus tetap bisa menjaga batasan dalam berbincang. Contoh perbincangan yang bisa menuai perdebatan adalah jodoh, suku, agama, politik, dan urusan pribadi.

  1. Jadi Diri Sendiri dan Jujur
Ilustrasi jadi diri sendiri dan jujur
Ilustrasi jadi diri sendiri dan jujur | Pexels.com/GeorgeMilton

Poin satu ini tidak kalah pentingnya nih, Goodmates! Membangun hubungan pertemanan di lingkungan kerja ada baiknya diawali dengan jujur dan menjadi diri sendiri. Karena, jika kamu berusaha untuk menjadi diri orang lain, maka kedepannya kamu akan terus menjadi orang lain dan melupakan karakter aslimu. Jika memang kamu sulit untuk berkomunikasi atau mendekati rekan kerja lainnya, kamu bisa memulainya dengan menyapa setiap bertemu. Dari kebiasaan tersebut, maka selanjutnya akan tumbuh percakapan lain yang bisa membuatmu lebih dekat lagi.

Nah Goodmates, sekarang jadi tau kan bagaimana caranya untuk memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dikantor? Jika mereka tidak bisa memulai percakapan, kamu bisa memulainya lebih dulu dengan melakukan beberapa hal diatas. Goodluck ya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.