Bukan Jual Gorengan, Ini Dia Ide Usaha untuk Organisasi Mahasiswa
Mahasiswa mengumpulkan dana usaha | Foto: Pixabay

Bagi Goodmates yang pernah atau sedang menjadi mahasiswa, mengumpulkan dana usaha saat mengikuti organisasi bukan hal yang asing lagi. Biasanya, para mahasiswa mendapatkan dana usaha dari hasil berjualan atau membuka paid promote di media sosial.

Kedua hal tersebut menjadi cara paling populer di kalangan mahasiswa. Namun, kedua cara tersebut tidak begitu efektif. Ada banyak cara yang lebih kreatif dan menguntungkan untuk menghasilkan dana usaha.

Kira-kira, cara apa saja yang bisa mahasiswa lakukan? Berikut GoodSide rangkum ide usaha untuk mahasiswa.

1. Terima Layanan Jasa

Ilustrasi videographer | Foto: Bruno Massao/Pexels

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan monetisasi keilmuan. Dengan kata lain, mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu dengan cara menjual jasa atau karyanya. Misalnya, kamu bergabung di himpunan mahasiswa jurusan pendidikan. Kamu bisa membuka bimbel privat untuk anak sekolahan.

Baca juga: Panduan Cari Kos-Kosan Nyaman untuk Mahasiswa di Perantauan

Bagi kamu yang bergabung di himpunan mahasiswa berkaitan dengan komunikasi multimedia, bisa juga menerima jasa videografi, fotografi, jual ilustrasi, poster, dan sejenisnya.

Cobalah untuk melihat hal apa yang saat ini pasar butuhkan dan hal apa yang bisa terjual dan menjadi uang dari organisasi tersebut. Cara ini juga jadi ajang para anggota organisasi untuk meningkatkan dan menyalurkan skill serta keilmuan yang mereka miliki.

2. Freelance Kolektif Secara Online

Ilustrasi freelance kolektif | Foto: Thirdman/Pexels

Jika organisasi kesulitan untuk mencari pelanggan atau pengguna jasanya, kini semua yang kita cari ada di internet. Bekerja secara lepas (freelance) atau bekerja berdasarkan proyek bisa jadi cara yang tepat.

Organisasi mahasiswa bisa mengerjakan proyek secara kolektif di berbagai situs freelance, seperti sribulancer, upwork, fastwork, dan lainnya. Sesuaikan proyek-proyek tersebut dengan skill dan keilmuan yang kamu miliki.

Baca juga: 5 Julukan Mahasiswa yang Sering Kamu Temukan di Kampus

3. CSR dan Kemitraan

Ilustrasi kerja sama | Foto: Ketut Subi/Pexels

Penting sekali bagi organisasi mahasiswa untuk aktif menjalin hubungan dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah maupun perusahaan. Selain menambah relasi, mahasiswa bisa menjalin hubungan dengan perusahaan dan berpeluang untuk memanfaatkan dana CSR dan program kemitraan.

Rancanglah kegiatan dengan bagus. Tentunya, kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sejalan dengan visi, serta nilai-nilai perusahaan atau suatu pihak. Di sinilah kemampuanmu dalam bernegosiasi akan teruji.

Barangkali, ini bukanlah cara yang cepat untuk menghasilkan dana. Cara ini bisa kamu gunakan jika tidak ada tenggat waktu yang singkat dalam pengumpulan dana.

4. Garage Sale

Ilustrasi garage sale | Foto: Sam Lion/Pexels

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mengajak teman-teman untuk mengumpulkan buku, pakaian, hingga item fesyen bekas layak pakai untuk kamu jual kembali. Para mahasiswa menjadi pasar yang tepat. Alasannya ialah karena mahasiswa ingin tampil modis dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Negara-Negara Favorit Mahasiswa Indonesia untuk Kuliah di Luar Negeri

Selanjutnya, carilah lokasi strategis baik itu di daerah kampus atau tempat-tempat lain agar mendatangkan banyak pembeli. Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan secara online melalui media sosial.

Selain itu, cara ini bisa menjadi solusi dari permasalahan limbah tekstil yang selama beberapa tahun terakhir menjadi isu lingkungan. Kamu dan teman-teman secara tidak langsung sudah berperan dalam menerapkan fesyen berkelanjutan.

5. Live Music

Ilustrasi live music | Foto: Rodnae Production/Pexels

Pada setiap organisasi setidaknya ada anggota yang memiliki minat dan bakat dalam bernyanyi dan bermusik. Terlebih lagi jika organisasi tersebut memiliki aset berupa alat-alat musik.

Organisasi kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mengadakan live music. Adapun beberapa café atau tempat makan membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin tampil guna menghibur pengunjungnya.

Itulah beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mencari dana usaha organisasi. Penting untuk kamu ingat bahwa hal ini perlu kamu sesuaikan dan sejalan dengan kesepakatan bersama terkait pembagian hasil dan keuntungan. Tujuannya agar masing-masing pihak yang terlibat tidak ada kerugian.

Referensi: Fimela | Brilio | Syekharpi