Ragam Ide Dekorasi Kamar Kos Agar Lebih Estetik
Illustrasi dekorasi kamar kos | Foto: Pexels

Banyak orang ingin melakukan dekorasi kamar kos, mengingat layout dan tampilan kamar yang cukup monoton. Sebagian dari mereka melakukan itu karena ingin memberikan kesan estetik dan nyaman untuk tinggal.

Bagi orang yang sedang merantau, pasti paham keluh kesah selama hidup di kamar kos. Tak jarang, kamar terasa sangat sempit dan kurang nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lama. Rasanya tentu sangat berbeda dengan kamar sendiri di rumah.

Dalam melakukan aktivitas, kenyamanan adalah salah satu poin penting untuk menjaga diri tetap produktif. Jika kamar kos tidak memberikan rasa nyaman, tentu akan berpengaruh pada mood saat melakukan aktivitas.

Nah, kamu bisa mencoba mendekor kamar kos agar tampak lebih segar, nyaman, dan estetik. Mau tahu penjelasan selengkapnya? Yuk, simak informasi berikut!

1. Tentukan Warna dan Tema

Illustrasi dekorasi kamar kos | Foto: Pexels

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mendekor kamar kos adalah menentukan tema dan warna. Penentuannya sangat penting agar kamu nyaman dengan suasana dekorasi kamar kos.

Baca juga: Kenali Metode SMART untuk Bisa Mencapai Target

Tema dan warna juga akan membantu dalam menentukan ornamen-ornamen pendukung dekorasi sehingga bisa satu tema. Kamu bisa memilih beragam tema sesuai apa yang kamu suka. Mulai dari retro, monokrom, minimalis, hingga ala Korea.

Jika sudah menentukan tema, kamu bisa memilih palet warna sesuai dengan tema pilihan. Misalnya saja kamu memilih monokrom. Maka, kamu bisa memilih warna hitam, putih, atau abu. Jika kamu suka ala Korea, kamu bisa memilih warna pastel.

2. Tambahkan Tanaman Hijau

Illustrasi dekorasi kamar kos | Foto: Pexels

Tanaman hijau atau tanaman hias bisa menjadi elemen pendukung untuk memperindah dekorasi kamar kos. Hal ini karena tumbuhan akan memberikan efek segar dan hidup.

Kamu bisa memilih tanaman hijau dengan perawatan rendah, terutama jika kamar kos minim cahaya. Agar kamu tidak susah untuk merawat tanaman tersebut, kamu bisa memilih kaktus, air plant, atau tanaman lidah mertua kecil.

3. Gunakan Rak Penyimpan

Illustrasi dekorasi kamar kor | Foto: Pexels

Rak penyimpan akan membantu memberikan efek rapi pada kamar kos. Banyak orang yang sering menggeletakkan barang sembarangan sehingga tampak berantakan dan tidak rapi.

Baca juga: Tidak Mau Kalah dari Tulus, Titi DJ Siapkan Lagu Balasan

Kamu bisa memilih rak penyimpanan yang cukup untuk menampung barang-barang. Tidak perlu terlalu besar atau kecil, yang penting sesuai dengan barang-barang yang ada di kamar. Pastikan rak penyimpanan memiliki warna senada dengan tema yang kamu pilih.

4. Gunakan Pernak-Pernik Dekorasi

Illustrasi dekorasi kamar kos | Foto: Pexels

Kamu bisa menggunakan beberapa ornamen atau pernak-pernik yang bisa menghias kamar kos. Misalnya saja lampu tumblr yang membuat kamar kos kamu tampak lebih instagramable.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan karpet lantai. Tidak perlu berukuran besar yang menutupi keseluruhan lantai kamar, kamu bisa meletakkan karpet tersebut di sebelah kasur. Hal itu akan membuat kesan lebih minimalis.

5. Perhatikan Area Kerja

Illustrasi dekorasi kamar kos | Foto: Pexels

Selanjutnya, perhatikan area belajar atau kerja di kamar kos kamu. Jauhkan benda-benda yang tidak penting di atas meja kerja. Sebab, hal itu bisa membuat kamar kamu tampak penuh dan mengganggu mood kerja.

Baca juga: Icip Aneka Jenis Bubur Khas Nusantara

Tambahkan pula tempat penyimpanan dan area pencahayaan di sekitar area kerja agar tempat tersebut tampak lebih elegan. Jika kamu tidak memilki meja, kamu bisa membeli meja lipat kecil sesuai kebutuhan kerja.

Melakukan dekorasi kamar kos tidak membutuhkan layout dan pernak-pernik berlebihan. Kamu bisa mencoba mendekorasi kamar agar tampak lebih lapang dengan benda-benda minimalis. Dengan begitu, kamu bisa tinggal dengan nyaman.

Referensi: Kumparan | Kompas | Pinhome