Ramaikan Suasana Idulfitri dengan Ide Dekorasi Rumah Menarik
Ilustrasi dekorasi rumah saat lebaran Idulfitri | Foto: Nora/Pinterest

Setelah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari lamanya, umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan lebaran atau juga disebut dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya untuk merayakan momen ini, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Mulai dari menyiapkan pakaian hari raya, hidangan khas saat hari lebaran hingga menghias hunian agar semakin cantik dan rapi saat menerima keluarga atau kerabat berkunjung.

Sudah menjadi sebuah tradisi yang umum dilakukan banyak orang apabila Hari Raya Idul Fitri tiba, sanak saudara dan keluarga akan mengunjungi rumah satu sama lain untuk bersilaturahmi. Tentunya kamu ingin menampilkan ruang tamu yang bersih, rapi dan menarik untuk menciptakan suasana baru khas lebaran. Simak rekomendasi ide dekorasi rumah saat lebaran berikut ini!

1. Menghias dengan Balon Huruf

ilustrasi hiasan dekorasi lebaran dengan balon huruf | Foto: Daraz.pk
ilustrasi hiasan dekorasi lebaran dengan balon huruf | Foto: Daraz.pk

 

Apakah kamu cukup familiar dengan balon-balon berbentuk berbagai macam huruf? Biasanya balon-balon sejenis ini digunakan saat merayakan hari ulang tahun. Untuk memeriahkan dekorasi pesta ulang tahun, balon-balon ini digunakan untuk merangkai kata ucapan selamat ulang tahun atau nama dari orang yang sedang merayakan ulang tahun atau menggunakan balon berbentuk angka untuk menunjukkan usia yang sedang berulang tahun.

 

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan bentuk balon huruf ini untuk menghias ruang tamu saat lebaran. Misalnya, merangkai balon-balon huruf menjadi kata “Eid Mubarak”. Menariknya, bentuk balon yang biasanya berwarna mengkilat ini hadir dengan berbagai macam bentuk, lo. Kamu bisa menemukan bentuk balon bulan sabit, bentuk balon bintang, dan masih banyak lagi.

2. Menggunakan Banner Kertas

ilustrasi hiasan dekorasi lebaran menggunakan banner kertas | Foto: shop.withaspin.com/Best Present Guide
ilustrasi hiasan dekorasi lebaran menggunakan banner kertas | Foto: shop.withaspin.com/Best Present Guide

 

Dekorasi yang satu ini juga cukup sering digunakan saat merayakan pesta ulang tahun. Kamu bisa berkreasi dengan membuatnya sendiri bermodalkan kertas karton atau kertas warna-warni serupa, lem, gunting, tali, selotip dan spidol.

Baca juga:

Setelah menggunting kertas dengan ukuran yang seragam, tuliskan satu huruf pada setiap kertas kemudian rangkai menjadi sebuah kalimat misalnya “Happy Eid”. Rekatkan kertas pada tali kemudian gantungan setiap ujung sisi tali pada sudut atau dinding yang kamu inginkan.

 

3. Hiasan Anyaman Ketupat

ilustrasi hiasan ketupat untuk dekorasi lebaran | Foto: Teri/Hi!Pontianak/Kumparan
ilustrasi hiasan ketupat untuk dekorasi lebaran | Foto: Teri/Hi!Pontianak/Kumparan

 

Ketupat merupakan salah satu hidangan khas yang kerap disajikan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ini juga umumnya memiliki bentuk yang ikonik yakni berupa anyaman berbentuk belah ketupat dari daun kelapa muda.

 

Nah, hiasan anyaman ketupat juga bisa menjadi salah satu ide dekorasi rumah saat lebaran nanti. Kamu bisa menggantungnya di depan pintu masuk atau di area tertentu untuk mempercantik sudut rumah. Tambahkan juga pita agar semakin mempermanis tampilan hiasan anyaman ketupat.

4. Mempercantik Sudut Rumah dengan Tanaman Hias

ilustrasi hiasan bunga sebagai dekorasi rumah | Foto: Leonardo Wong/Unsplash
ilustrasi hiasan bunga sebagai dekorasi rumah | Foto: Leonardo Wong/Unsplash

 

Memiliki hiasan tanaman di dalam rumah dapat menghadirkan suasana ruangan yang lebih segar dan seolah-olah terasa lebih sejuk. Kamu bisa membeli bunga kesukaanmu dan merangkainya sendiri sesuai tema warna yang kamu inginkan. 

 

Memiliki bunga untuk menghiasi ruangan akan memberikan sentuhan manis dan hangat pada rumah. Kemudian, jika kamu memilih menggunakan bunga yang asli, kelebihannya adalah terdapat aroma harum yang terpancar dari bunga tersebut. Salah satu tanaman hias yang biasanya hadir saat lebaran adalah bunga sedap malam.

Baca juga:

5. Toples Cantik Berisi Kue Kering Lebaran

ilustrasi toples kue kering lebaran | Foto: trendir.com/Pinterest
ilustrasi toples kue kering lebaran | Foto: trendir.com/Pinterest

 

Biasanya saat momen Hari Raya Idul Fitri tiba, banyak keluarga yang sengaja membuat atau membeli dan menghidangkan kue kering khas lebaran di meja tamu. Mulai dari kue putri salju, kue nastar, kue kastengel dan beragam jenis kue kering lebaran lainnya.

 

Kamu bisa memanfaatkan kue kering tersebut dengan memindahkannya ke dalam toples-toples cantik kemudian ditata serapi atau secantik mungkin. Kalau ingin sedikit lebih berusaha, kamu bisa memanfaatkan tatakan atau alas atau wadah kue bertingkat untuk menaruk toples-toples tersebut sehingga semakin memanjakan mata saat dipandang.

Referensi: Brilio | Tokopedia | Orami