Ragam Ide Menu Takjil dan Resep Membuatnya
Takjil untuk berbuka puasa | Foto: MielPhotos2008/Kompas

Saat menjelang berbuka puasa, orang sibuk menyiapkan takjil, hidangan untuk berbuka puasa menjelang waktu azan maghrib berkumandang. Setelah seharian berpuasa menahan diri dari rasa lapar dan haus, rasanya berbuka puasa terasa seperti sebuah garis finish di sebuah perlombaan.

Tak jarang, banyak orang yang mengidam-idamkan menu takjil berbuka puasa yang manis dan menyegarkan. Pernahkah kamu bingung dengan menu buka puasa?

Nah, apabila kamu kehabisan ide hidangan takjil untuk berbuka puasa, berikut terdapat 4 rekomendasi ide menu takjil lengkap dengan resep dan cara membuatnya sendiri di rumah.

1. Sop Buah

ilustrasi sop buah | Foto: Instagram mayasefry/Okezone
Sop buah | Foto: Instagram mayasefry/Okezone

Takjil satu ini merupakan salah satu hidangan populer saat berbuka puasa. Penjualnya selalu ada di sekitar tempat tinggal kita. Namun, apabila kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, kamu dapat mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan serta cara membuatnya cukup mudah. Tidak ada ketentuan tertentu mengenai buah yang harus ada. Kamu dapat berkreasi memilih beragam buah-buahan sesuai selera.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube untuk Cari Inspirasi Menu Buka Puasa

Biasanya dalam hidangan sop buah terdapat melon, naga, anggur, nanas, pepaya, dan alpukat. Tambahkan susu kental manis dan air untuk membuat kuahnya.

Beberapa resep juga menambahkan sirup rasa cocopandan agar memperkaya rasa, serta menambahkan beberapa es agar sop buah lebih segar.

2. Kolak Pisang Ubi

ilustrasi kolak pisang, ubi dan kolang-kaljng | Foto: Instagram/@fen.z/Zona Kaltara
Kolak pisang, ubi dan kolang-kaling | Foto: Instagram/@fen.z/Zona Kaltara

Tidak sedikit orang yang menyiapkan menu takjil untuk berbuka puasa dengan kolak. Kolak sendiri memiliki ragam jenis isian, mulai dari pisang, ubi, dan kolang-kaling.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Di antaranya, 800 gram pisang kepok, 300 gram gula merah, 3 lembar daun pandan, 150 gram kolang kaling, 400 gram singkong, 1000 cc air santan, gula pasir dan garam secukupnya, serta ¼ atau ½ sendok teh vanili bubuk.

Pertama-tama, kamu perlu mengupas dan memotong singkong serta pisang. Potonglah sesuai selera.

Jangan lupa untuk mencuci singkong dan pisang tadi. Lalu, rebus gula merah dengan 100 cc air, saring airnya kemudian rebus kolang kaling dan tiriskan.

Selanjutnya, rebus santan, air gula merah, gula pasir, vanili bubuk, dan daun pandan dengan api sedang sambil kamu aduk-aduk hingga mendidih. Masukkan singkong dan kolang-kaling.

Apabila singkong sudah setengah matang, baru masukkan potongan pisang. Diamkan sampai matang. Kolak pun siap kamu santap saat berbuka puasa.

Baca juga: Panduan Menu Sahur dan Buka Puasa yang Sehat dan Bergizi

3. Bubur Sumsum

ilustrasi bubur sumsum | Foto: SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO/Kompas
Bubur sumsum | Foto: SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO/Kompas

Teksturnya yang lembut, rasa yang manis dan baunya yang harum, siapa penggemar dari bubur sumsum? Biasanya, bubur sumsum juga tidak ketinggalan menjadi salah satu pilihan hidangan takjil untuk berbuka puasa. 

Untuk membuat bubur sumsum, kamu perlu menyiapkan 200 gram tepung beras, 750 ml santan, setengah sendok teh garam, dan 2 lembar daun pandan.

Untuk bahan saus gula merahnya, siapkan 250 gram gula merah (jangan lupa serut), 2 lembar daun pandan potong kotak, 100 ml air, 100 ml gula pasir, dan ¼ sendok teh vanili bubuk.

Cara membuatnya campurkan tepung beras, garam dan santan hingga larut. Kemudian, tambahkan daun pandan agar aroma harum tercium. Masak dalam keadaan api sedang hingga matang dan mengental. Jika sudah, angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, membuat saus gula merah dengan mencampur semua bahannya menjadi satu. Masak hingga gula larut dan mendidih. Jika sudah, angkat lalu saring.

Tuang bubur sumsum ke dalam mangkuk, kemudian siram dengan saus gula merah di atasnya. Bubur sumsum siap kamu santap!

Baca juga: Resep Makanan Tanpa Minyak, Bisa jadi Menu Sahur dan Berbuka Puasa

4. Candil

ilustrasi candil | Foto: Shutterstock/Kompas
Candil | Foto: Shutterstock/Kompas

Si bulat berwarna kuning oranye ini juga cukup sering menjadi takjil bersama bubur sumsum, lo. Di beberapa daerah, candil atau biji salak memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama.

Perbedaannya berada di bahan baku. Apabila candil terbuat dari ketan, sementara biji salak menggunakan ubi dengan sagu. Kalau kamu lebih suka menyantap takjil candil dari olahan ubi, berikut resep yang bisa kamu ikuti.

Siapkan bahan-bahannya berupa 500 gram ubi, 2 sendok makan tepung tapioka, 2 sendok makan tepung terigu, 200 gram gula merah, 250 ml santan didih, dan garam secukupnya.

Kemudian, rebus atau kukus ubi sampai matang seluruh bagian dan lembek. Lalu, haluskan menggunakan food processor atau bisa kamu tumbuk. Campurkan ubi dengan tepung tapioka dan tepung terigu, kemudian uleni hingga merata. Bentuk ubi menjadi bola-bola kecil.

Selanjutnya, panaskan air hingga mendidih dan masukkan bola-bola ubi dan gula merah yang sudah tersisir. Diamkan hingga bola-bola ubi mengapung dan mendidih. Kalau kamu menginginkan kuah candil yang kental, kamu bisa menambahkan larutan tepung tapioka secukupnya.

Lalu, masak santan dengan sedikit garam. Aduk-aduk agar santan tidak pecah dan mendidih. Setelahnya, tuang candil ke dalam wadah dan siram santan tadi di atasnya. Nikmatilah selagi masih hangat.

Referensi: Orami | Kompas | Liputan6