Ilmu Keluarga dan Konsumen, Jurusan Unik yang Hanya Ada di IPB
Ilustrasi│Matese Fields/Unsplash

Terdapat beberapa jurusan kuliah unik yang hanya ada satu di Indonesia, tiga diantaranya ada di Institut Pertanian Bogor. Tiga jurusan itu adalah Statistika dan Sains Data, Ilmu Keluarga dan Konsumen, serta Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen yang ada di IPB. Apa aja ya kira-kira yang dipelajari disini?

Seperti yang disinggung sebelumnya, jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen ini hanya ada satu di Indonesia, dan hanya bisa ditemui di Institut Pertanian Bogor. Dilansir dari website ikk.fema.ipb.ac.id, jurusan yang dikenal juga sebagai IKK ini telah berdiri dari tahun 2005 di IPB.

Jurusan IKK ini berada dibawah Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB. Saat ini, jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB telah memiliki akreditasi A. Selain S1 Ilmu Keluarga dan Konsumen, dalam Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen juga terdapat S2 Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak dan S3 Ilmu Keluarga.

Apa yang dipelajari di Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB?

Ilustrasi│National Cancer Institute/Unsplash

Seperti namanya, yang dipelajari di Ilmu Keluarga dan Konsumen tidak jauh-jauh dari kajian tentang keluarga dan konsumen. Lebih jelasnya, jurusan ini mengkaji tentang permasalahan terkait keluarga, anak dan konsumen. Banyak sekali hal yang bisa dikaji dari ketiga hal tersebut, mulai dari bagaimana cara meningkatkan ketahanan keluarga, pemberdayaan anak, hingga pemberdayaan konsumen.

Bahkan, ilmu ini bisa digunakan untuk melihat sebuah fenomena sosial di masyarakat, yang ternyata dapat terjadi karena faktor kekeluargaan. Misalnya adalah kenakalan remaja yang terjadi karena kesalahan pola asuh anak dalam keluarga.

Lebih dari itu, masih banyak lagi fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, yang ternyata dapat disebabkan dari hal kecil di dalam sebuah keluarga.  Namun, jurusan ini tidak hanya terpaku pada hal semacam itu saja. Jurusan ini juga mengkaji banyak hal lain yang berkaitan dengan keluarga, anak dan konsumen. Salah satu contohnya adalah kajian tentang perlindungan anak.

Apa pekerjaan lulusan Ilmu Keluarga dan Konsumen?

Di Indonesia, para ahli di bidang ini masih terbilang cukup sedikit. Hal ini mungkin saja juga dikarenakan jurusan ini hanya ada satu di Indonesia. Kemudian, di sisi lain lapangan pekerjaan di bidang ini juga cukup luas.

Umumnya, lulusan Ilmu Keluarga dan Konsumen akan cocok untuk bekerja sebagai konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tenaga pendidik di sekolah, hingga bekerja di lembaga pemerintah BKKBN.

Namun, karena kajian yang dipelajari IKK cukup luas, dan di masa modern ini syarat untuk melamar pekerjaan juga lebih fleksibel, bukan tidak mungkin jika lulusan IKK dapat mendapatkan pekerjaan di luar bidang-bidang di atas.

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB. Bagi kamu yang berminat untuk masuk di IKK IPB, jurusan ini dapat dimasuki dengan jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Referensi: RencanamuIntipjurusanSindoNews