Mari Mengenal Apa Itu Industri Kelapa Sawit serta Manfaatnya
Aktifitas Para Pekerja I Foto: Dokumentasi pribadi Bapak Syafri Lubis

#FutureSkillsGNFI

Sebagian besar dari kalian pasti sudah sering mendengar kata industri. Namun, apakah kalian mengetahui apa sebenarnya maksud dari kata industri? Pengertian industri sendiri telah diatur pada Pasal 1 Angka 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perindustrian.

Maksudnya, industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa Industri.

Mengutip dari GIMNI (Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia) Kelapa sawit adalah tanaman perkebunan penghasil minyak selain kelapa yang berasal dari hutan hujan tropis di daerah Afrika Barat terutama di Kamerun, Pantai Gading, dan Liberia.

Mengutip dari GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), pada awalnya ada 4 biji kelapa sawit yang dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia. Lalu, ditanam di Kebun Raya Bogor pada 1848 dan dibudidayakan secara komersial meluas di Sumatera sejak 1910.

Mengutip dari CNBC Indonesia yang juga berdasarkan catatan Kementerian Pertanian (Kementan), luas perkebunan minyak kelapa sawit tahun lalu telah mencapai 15,08 juta hektar.

Perkebunan Kelapa Sawit Ι Foto: Dokumentasi pribadi Bapak Syafri Lubis

Dengan melihat data seberapa luasnya perkebunan kelapa sawit di Indonesia tersebut, dapat diketahui pastinya akan menyerap banyak tenaga kerja baik yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung.

Mengutip dari CNBC Indonesia, sebagian orang Indonesia menganggap bahwa lahan kelapa sawit merupakan sebuah peluang ekonomi yang mana menyerap sebanyak 2,8 juta orang Indonesia sebagai tenaga kerja dan dari jumlah tersebut 1,6 juta di antaranya adalah petani.

Melihat dari banyak nya jumlah tenaga kerja yang diserap oleh industri kelapa sawit tersebut, selain berdampak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, pastinya sedikit mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Tidak hanya manfaat terbukanya lapangan pekerjaan yang akan menyerap banyak tenaga kerja terdapat juga manfaat lainnya. Mengutip dari Alodokter, kelapa sawit memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya menangkal efek radikal bebas, memperkuat imunitas tubuh, menjaga kesehatan otak, mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin A, serta meningkatkan kesehatan jantung. Kelapa sawit sendiri adalah bahan yang sering kali digunakan untuk membuat berbagai produk tertentu seperti minyak dan kosmetik.

Perkebunan Kelapa Sawit Ι Foto: Dokumentasi pribadi Bapak Syafri Lubis

Salah satu karyawan yang sudah cukup lama bekerja di industri kelapa sawit adalah bapak Syafri Lubis, yang mana beliau sendiri sudah bekerja didalam industri ini kurang lebih selama 27 tahun. Bapak Syafri Lubis sendiri memulai karier awalnya sebagai BHL (buruh harian lepas) pada 1995, lalu dipindahkan ke berbagai macam posisi yang berbeda seperti kerani kantor divisi, kerani pembukuan, hingga kini berada di posisi sebagai kepala gudang.

Sebagai perwujudan CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap masyarakat sekitar lingkungan perusahaan, perusahaan tempat bapak Syafri Lubis bekerja juga telah mengadakan salah satu program, yakni pengadaan plasma.

Mengutip dari Warta Ekonomi, perkebunan kelapa sawit plasma adalah perkebunan rakyat yang dalam pengembangannya diintegrasikan pada PBS (perkebunan besar swasta) dan PBN (perkebunan besar Negara).

Tidak hanya melakukan program pengadaan plasma, perusahaan tempat bapak Syafri Lubis bekerja juga menerapkan untuk lebih mengutamakan mempekerjakan masyarakat sekitar perusahaan yang tentunya memenuhi kriteria tertentu untuk suatu posisi.

Dengan adanya kegiatan ataupun program yang dilakukan ini diharapkan dapat sedikit membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lingkungan sekitar perusahaan dan juga mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia.

 

Referensi: Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 2021 Ι GIMNI Ι GAPKI Ι CNBC Indonesia Ι Warta Ekonomi Ι Alodokter