Ingin Coba Magang Internasional? Ketahui Persiapannya Sebelum Mendaftar
Ilustrasi magang internasional. | Sumber: CoWomen/Unsplash

Di tengah ketatnya persaingan pada dunia profesi, memiliki kelebihan dalam diri sendiri merupakan sebuah nilai jual saat melamar kerja. Tidak hanya dinilai dari kemampuan yang dimiliki, sederet pengalaman yang kita miliki juga dapat menambah poin plus dalam diri kita di penilaian recruiter.

Umumnya bagi mahasiswa maupun fresh graduate, magang merupakan salah satu kegiatan yang wajib atau umum dilakukan. Selain yang mendapatkan kewajiban magang dari pihak kampus, tak salah jika ingin mengikuti magang atas kemauan diri sendiri. Pasalnya, magang dapat menambah pengalaman, pengetahuan dan keterampilan baru yang tentu dapat dicantumkan pada CV dan portofolio.

Pengalaman ini bisa saja menjadi nilai lebih saat kamu melamar kerja kelak. Gak cuman magang dalam negeri, kamu juga dapat mencoba magang internasional. Apabila kamu tertarik mendaftar magang internasional, ini dia yang perlu kamu persiapkan.

Persiapkan hal ini sebelum mendaftar magang internasional

Paspor dan visa merupakan sebagian dokumen yang perlu disiapkan bila ingin mengikuti magang internasional. | Sumber: CardMapr/Unsplash
Paspor dan visa merupakan sebagian dokumen yang perlu disiapkan bila ingin mengikuti magang internasional. | Sumber: CardMapr/Unsplash

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menimbang alasan dari keputusan mengapa kamu ingin melakukan magang internasional. Jawaban dari pertanyaan ini sangat krusial sebab akan menentukan langkah kamu ke depannya. Apakah kamu mengikuti karena ingin keluar dari zona nyaman? Atau ingin memenuhi kredit dari kampus?

Selanjutnya adalah survey is a must! Riset itu sangat penting. Kamu harus mengetahui jenis magang internasional apa yang dicari. Dikutip dari Go Kampus, terdapat tiga jenis magang internasional.

Di antaranya magang musim panas di luar negeri yaitu program magang yang memiliki periode singkat selama musim panas, magang internasional untuk kredit dan magang nirlaba yang umumnya diadakan pada bidang kemanusiaan seperti badan amal. Kemudian, lakukan riset tempat magang di negara mana yang sedang membuka pendaftaran dan relevan dengan tujuan karier jangka panjang yang kamu miliki.

Melansir dari Anak Rantau ID, kamu dapat melakukan survei sendiri dengan mengunjungi company website, mencari di Linkedin, bergabung dengan Facebook groups yang menyediakan informasi mengenai magang internasional, melihat dari job listing websites dan memeriksa program magang internasional yang disediakan oleh Indonesia.

Saat memilih tempat magang kamu dapat menentukan beberapa kriteria, misalnya apakah magang tersebut berbayar atau tidak. Beberapa pendaftar magang biasanya mencari tempat magang yang berbayar.

Perhatikan deskripsi dan tanggung jawab pekerjaannya nanti. Selain harus memastikan hal itu relevan dengan jurusan kampus atau karier jangan panjang milikmu, kamu juga dapat memastikan apakah terdapat supervisor yang dapat bantu mengawasi dan membimbing kamu.

Kamu juga dapat mempertimbangkan durasi pelaksanaan magang dan lokasi magang berlangsung. Mengingat masih pandemi, mungkin saja kamu bisa mendaftar ke tempat magang yang memperbolehkan kerja jarak jauh atau work from home.

Apabila magang diadakan secara work from office, kamu perlu mempertimbangkan akomodasi yang kamu miliki. Jika tempat magang tidak menyediakan tempat tinggal, kamu mungkin perlu mencari tempat tinggal sendiri. Selagi melakukan survei proyeksi tempat tinggal, kamu juga dapat mempertimbangkan keamanan di negara tujuanmu dan lingkungan sekitar tempat magang.

Akan menetap di luar negeri untuk sementara waktu tentu membutuhkan beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Selain menyiapkan CV dan portofolio sebaik mungkin, kamu perlu menyiapkan paspor, visa, cover letter, surat rekomendasi, asuransi dan surat-surat vaksinasi jika diperlukan sebagai syarat pendaftaran magang.

Last but not least, persiapkan dirimu. Kamu dapat menyiapkan tahapan wawancara dengan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara yang umum ditanyakan. Lakukan riset mengenai perusahaan tempat kamu mendaftar magang dan highlight kualifikasi yang kamu miliki.

Kamu juga mungkin perlu mempersiapkan hal-hal tak terduga misalnya seperti kestabilan koneksi internet dan bagaimana kamu akan terlihat di kamera apabila wawancara dilakukan melalui platform video conference. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: Go Kampus | Uloop | Go Overseas | Go Abroad | Internship Mapper | Educations