Ingin Hidup Lebih Hemat? Kenali Konsep Frugal Living
Ilustrasi frugal living | Foto: Towfiqu barbhuiya/Unsplash

Berbicara mengenai gaya hidup, kini banyak istilah gaya hidup yang diadopsi oleh masyarakat. Mulai dari gaya hidup sehat yang meningkat semenjak pandemi, gaya hidup minimalis, hingga gaya hidup frugal living.

Mungkin sebagian dari Goodmates belum terlalu akrab dengan istilah frugal living. Frugal living dalam bahasa Indonesia juga berarti hidup hemat. Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai. Pernah mendengar peribahasa tersebut?

Dilansir dari Wealth Simple, frugal living berarti memiliki kesadaran akan pengeluaran yang kamu lakukan dan memiliki fokus terhadap prioritas keuangan yang kamu miliki. Jika dilakukan dengan benar, kamu dapat memprioritaskan pengeluaran uang pada hal-hal yang lebih penting dan mengurangi pengeluaran pada bidang lainnya.

Hidup secara frugal living tidak lantas membuat kamu harus berhemat dengan hanya membeli barang-barang berharga jauh lebih rendah dengan kualitas yang tidak terlalu bagus. Berhemat memiliki beragam makna berbeda pada setiap orang. Ini tergantung dengan prioritas yang dimiliki masing-masing orang.

Manfaat menerapkan konsep frugal living

Ilustrasi frugal living | Foto: Pexels/Vlada

Gaya hidup berhemat mungkin terdengar ekstrim bagi sebagian orang. Faktanya, Frugal living juga memiliki beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan jika mencoba menerapkan konsep gaya hidup satu ini.

Merangkum penjelasan oleh Life’s Little Pleasures and Struggles, gaya hidup ini justru dapat memberikan kamu lebih banyak kebebasan. Menghabiskan lebih sedikit uang bukan berarti memberikan lebih sedikit kesenangan, tetapi kamu akan lebih leluasa untuk menentukan pilihan pada situasi mana kamu akan memilih untuk berhemat.

Pilihan ini akan berujung pada kondisi finansial yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kamu akan sangat mungkin memiliki kebebasan untuk mengejar sesuatu yang lebih diminati.

Frugal living dapat memberikan kesempatan menyimpan uang lebih banyak untuk ditabung atau diinvestasikan. Dengan menyesuaikan kebiasaan pengeluaran, memungkinkan kamu untuk menghemat dan memotong pengeluaran.

Sisa uang ekstra yang kamu dapatkan bisa ditabung atau digunakan berinvestasi untuk masa depan. Uang ini juga dapat digunakan sebagai dana darurat atau pengeluaran tak terduga lainnya.

Memiliki impian untuk pensiun lebih awal? Kamu mungkin ingin mulai menghitung berapa kebutuhan sehari-hari yang akan kamu perlukan saat masa pensiun nanti.

Terakhir, menerapkan konsep frugal living memungkinkan kamu untuk memiliki situasi keuangan yang lebih stabil. Frugal living bisa mengurangi beberapa tekanan finansial atau stres perihal finansial yang kamu miliki.

Meski menjalaninya mungkin tak mudah dan kamu akan menemukan banyak tantangan ke depannya, tetapi semoga beberapa manfaat dari frugal living ini dapat memberikan dampak lebih baik bagi gaya hidup maupun kondisi finansial yang sedang kamu miliki.

Begini cara memulai frugal living

ilustrasi menyusun anggaran. memulai gaya hidup frugal living dapat dimulai dari menyusun anggaran. | Foto: TACOJIM VIA GETTY IMAGES/Huffpost
ilustrasi menyusun anggaran. memulai gaya hidup frugal living dapat dimulai dari menyusun anggaran | Foto: TACOJIM VIA GETTY IMAGES/Huffpost

Saat mencoba sesuatu yang baru, kamu mungkin akan menemukan berbagai fase trial and error. Begitu juga saat mulai mencoba gaya hidup frugal. Merangkum penjelasan oleh Clever Girl Finance, berikut beberapa tips untuk memulai frugal living yang dapat kamu coba.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan bisa dimulai dari menyusun anggaran. Saat menyusun anggaran, kamu dapat memprioritaskan pada hal-hal yang penting dan sangat dibutuhkan dan memotong anggaran pada hal-hal yang sebenarnya tidak penting.

Menyusun anggaran juga dapat diterapkan saat menyusun meal plan. Dibandingkan harus membeli makanan, lebih baik untuk mulai memasak sendiri di rumah. Dengan membuat meal plan sendiri, kamu dapat lebih mengontrol bahan apa saja yang kamu butuhkan untuk dibeli sehingga tetap sesuai anggaran yang telah disusun.

Kamu juga dapat mencoba membangun hobi baru misalnya menanam sendiri bahan makanan seperti sayur, buah atau rempah-rempahan. Selain membiasakan diri dengan gaya hidup frugal, kamu bisa melatih kreatifitas diri dan menambah hobi baru.

Sebagian dari kamu mungkin butuh beberapa kali melakukan perawatan diri misalnya memangkas rambut ke salon. Namun, bagaimana jika mencoba berlatih memotong rambut sendiri di rumah? Selain memangkas anggaran pengeluaran, kamu juga dapat memiliki kemampuan baru.

Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat kamu terapkan untuk memulai frugal living. Frugal living bisa dimulai dari tahapan kecil dan mudah agar kamu dapat beradaptasi terlebih dahulu. Ketika suatu strategi dirasa kurang cocok untuk kamu, cobalah gunakan strategi lainnya.

Dirangkum dari penjelasan oleh Frugal Beat, terdapat beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari agar tetap menjaga kondisi finansial. Di antaranya, jangan memangkas anggaran untuk hiburan atau mengorbankan hobi. Tujuan dari frugal living adalah mendapatkan hidup yang lebih baik, bukan sebaliknya.

Memiliki hobi dapat meningkatkan kreatifitas yang kamu miliki. Begitu juga hiburan tentu dibutuhkan untuk menjaga kesenangan diri. Aturlah cara mendapat hiburan dengan baik. Misalnya, pada waktu tertentu memutuskan makan di tempat makan favoritmu. Kamu juga bisa sesekali memilih hiburan-hiburan yang menyenangkan tetapi gratis seperti bepergian ke taman kota.

Ketika berbelanja, jangan terlalu fokus pada produk dengan harga murah. Kamu mungkin ingin mempertimbangkan mengenai kualitas yang dimiliki. Jika terdapat barang dengan fungsi sama dengan harga lebih tinggi, namun kualitasnya lebih baik dan lebih awet, tidak ada salahnya memilih barang jenis kedua sebagai investasi jangka panjang. Kamu tidak perlu membeli barang serupa lagi di masa depan.

Masih banyak lagi beberapa tips kesalahan frugal living yang perlu dihindari. Ingatlah untuk mencoba secara perlahan step-by-step dan persiapkan diri jika mengalami fase trial and error. Apapun pilihan gaya hidupnya, pilihlah dengan bijak sesuai yang kamu butuhkan dan cocok untuk kondisi yang kamu miliki.

Referensi: Life’s Little Pleasure and Struggles | Wealth Simple | Clever Girl Finance | Frugal Beat