Ingin Kuliah di Jerman? Ini Beasiswa S2 dan S3 Jerman yang Bisa Dicoba
Beasiswa S2 dan S3 Jerman. | Sumber: Maheshkumar Painam/Unsplash

Halo Goodmates, schön dich wieder zu sehen! Siapa di antara Goodmates yang tidak tahu negara Jerman? Yap, negara yang berada di benua Eropa ini berbatasan langsung dengan sembilan negara, lo. Selain dikenal dengan sejarahnya, Jerman juga dikenal dengan budaya dan produk-produk yang diproduksi dari sana.

Negara yang memiliki bendera negara perpaduan warna hitam, merah, dan kuning ini juga dikenal melalui kualitas pendidikannya yang baik. Melalui sebuah survei global, melansir dari US News, negara Jerman menduduki peringkat ketiga dalam kategori The 2021 Best Countries for Education.

Nah, bagi Goodmates yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S2 atau S3 ke Jerman, kabar baik untuk kamu karena terdapat beberapa beasiswa yang menawarkan banyak manfaat untuk penerimanya. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Beasiswa S2 dan S3 Jerman tahun 2022

ilustrasi Jerman. | Sumber: BBC.com
ilustrasi Jerman. | Sumber: BBC.com

Ada berbagai jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk menempuh pendidikan di Jerman. Salah satu beasiswa ke Jerman ialah program DAAD Scholarship (Deutscher Akademischer Austauschdienst) yang merupakan organisasi independen lembaga pendidikan tinggi Jerman bekerjasama dengan pemerintah Jerman.

Melansir penjelasan oleh Quipper, beasiswa ini memiliki beberapa bentuk. Di antaranya Development-Related Postgraduate Courses (EPOS), Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG), Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner, dan Doctoral Degree and Post Doc Scholarship Program.

Masing-masing bentuk memiliki kriterianya sendiri. Merangkum penjelasan oleh Otca, beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) yang diperuntukkan bagi jenjang S2 dan S3. Syaratnya, pendaftar harus memiliki pengalaman kerja profesional minimal dua tahun lamanya. Pendaftar beasiswa dapat berasal dari pekerja perguruan tinggi, lembaga pemerintah, BUMN, atau perusahaan swasta.

Program S2 memiliki durasi 12-24 bulan, sedangkan program S3 berdurasi 36 bulan. Lamanya durasi tergantung dengan program yang dipilih. Terdapat 10 jurusan yang ditawarkan. Beberapa di antaranya mulai dari Media Studies, Economic Sciences, hingga Medicine and Public Health. Selain mendapat bantuan finansial, peserta beasiswa akan mendapatkan asuransi kesehatan dan kurus bahasa Jerman dengan durasi tertentu.

Terdapat jenis perkuliahan yang diadakan dengan bahasa Inggris atau bahasa Jerman. Apabila diadakan dengan bahasa Inggris, kamu akan diminta persyaratan IELTS atau TOEFL dengan skor tertentu yang telah ditetapkan, sedangkan perkuliahan berbahasa Jerman akan diminta DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level tertentu. Selengkapnya dapat kamu cari tahu melalui situs resmi milik DAAD.

Beasiswa selanjutnya diselenggarakan oleh Heinrich Böll Foundation Scholarship. Merangkum penjelasan oleh IND Beasiswa, salah satu syarat beasiswa ini adalah pendaftar perlu membuktikan kemampuan bahasa Jerman dengan minimal level B2 atau DSH 2. Beasiswa ini memberikan tunjangan pribadi sebesar € 850 (± Rp 12,8juta) setiap bulan bagi S2 dan sebesar € 1200 (± Rp 18,1juta) bagi S3.

Selain itu, beberapa dokumen yang dibutuhkan di antaranya formulir pendaftaran yang bisa diunduh pada situs resmi beasiswa, ijazah pendidikan sebelumnya, transkrip nilai beserta penjelasan sistem penilaian, surat referensi, dan beberapa berkas yang memiliki ketentuan khusus dapat dilihat pada situs resmi milik Heinrich Böll Foundation Scholarship.

Beasiswa bagi S2 dan S3 Jerman lainnya diselenggarakan oleh Katholischer Akademischer Auslander-Dienst (KAAD). Meski salah satu syarat beasiswa ini diperuntukan bagi pendaftar yang beragama katolik atau kristen, pendaftar dengan agama lain juga dapat mendaftar dengan syarat mendapatkan rekomendasi dari mitra katolik dan berkomitmen untuk membuka diri dalam berdialog antar agama.

Persyaratan lainnya adalah peserta mampu menguasai bahasa Jerman minimal level berkomunikasi. Apabila kamu berminat mendaftar, dapat mengunjungi situs resmi milik KAAD. Itu dia beberapa rekomendasi beasiswa S2 dan S3 Jerman yang dapat kamu coba. Selamat mempersiapkan diri sebaik mungkin, Goodmates!

Referensi: US News | Tatsachen Ueber Deutschland | KAAD | IND Beasiswa | Quipper | DAAD | Boell