Ingin Mengenal Metaverse Lebih Jauh? Tonton Film Ini!
Metaverse | Foto: Pixabay

Metaverse menjadi topik yang banyak diperbincangkan masyarakat kini. Perkembangan teknologi yang begitu masif, mendorong pembahasan-pembahasan mengenai kehidupan di dunia digital semakin banyak diperbincangkan. Misalnya saja film bertemakan metaverse.

Seiring perkembangan waktu, masyarakat mulai sadar akan kemungkinan beraktivitas dalam ruang digital. Sayangnya, banyak yang belum memahami secara pasti bagaimana gambaran hidup dalam ruang virtual atau non fisik.

Gambaran tersebut mulai dari bagaimana aktivitas yang bisa dilakukan, aplikasi teknologi yang digunakan, dan kemungkinan potensi benefit yang bisa diperoleh melalui ruang digital.

Metaverse disebut sebagai teknologi yang mampu menghubungkan manusia ke dalam dunia digital. Menariknya, metaverse memberikan kesempatan kepada seseorang untuk melakukan beragam kegiatan di dunia tersebut.

Menjawab permasalahan itu, kamu bisa menonton beberapa film yang memberikan alur cerita selayaknya kehidupan di metaverse. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. The Matrix

The Matrix | Foto: Republika

The Matrix adalah film bersekuel yang pertama kali dirilis pada tahun 1999. Film ini mengangkat cerita tentang bagaimana kehidupan manusia yang berbeda pada akhir abad ke-21. The Matrix dibintangi oleh Keanu Reeves, Laurence Fishburne, dan aktor ternama lain.

Film ini bercerita tentang Neo yang diperankan oleh Keanu Reeves melawan mesin yang memperbudak manusia. Di abad ke-21, mesin-mesin dengan kecerdasan buatan memiliki kekuatan lebih dibandingkan penciptanya.

Hal tersebut memantik perang antara manusia dan mesin yang diceritakan dalam film "The Matrix". Film ini diikuti dengan sekuel selanjutnya "The Matrix Reloaded" dan "The Matrix Revolution" pada tahun 2003. Terbaru, di tahun 2021 juga mengeluarkan sekuel berjudul "The Matrix Resurrection".

2. Blade Runner 2049

Blade Runner 2049 | Foto: Kompas

Film "Blade Runner 2049" adalah film yang disutradarai oleh Dennis Villeneuve, dirilis pada tahun 2017. Film ini dirilis setelah "35 film Blade Runner" (1982) tayang.

Blade Runner 2049 mengambil cerita yang menggambarkan dunia dipenuhi oleh manusia buatan atau replicants. Di tahun 2049, terjadi pemadaman di bumi. Perusahaan bernama Tyrell Corporation mengalami kebangkrutan dan menghentikan pembuatan replikannya.

Kemudian Wallace Corporation hadir dengan menciptakan replikan yang baru dan lebih penurut. Salah satu replikan yang diciptakan adalah detektif KD6-3.7 atau K yang diperankan Ryan Gosling. K mendapatkan tugas untuk menemukan replikan lama dan memusnahkannya.

3. Ready Player One

Ready Player One | Foto: Tirto

Ready Player One adalah film besutan Steven Spielberg yang dirilis pada tahun 2018. Film "Ready Player One" mengangkat cerita tentang kehidupan di dunia virtual yakni OASIS. Di film ini, OASIS digambarkan sangat nyaman, sebab di tahun 2045, dunia digambarkan sangat keras dan tidak nyaman.

Di OASIS, setiap orang bisa melakukan apa saja, pergi kemana saja, dan menjadi siapa saja. Hal yang membatasi hanya pada keinginan individu. OASIS diciptakan oleh sosok jenius yang bernama Jim Halliday yang diperankan oleh Mark Rylance.

Sebagian orang menyebut film ini sekaligus menyindir orang-orang yang terobsesi hidup pada ruang virtual. Pesan menarik yang disampaikan melalui film ini adalah bagaimanapun kehidupan di dunia virtual, tidak akan bisa menggantikan dan membantu hidup di dunia fisik.

4. Tron: Legacy

Tron: Legacy | Foto: Kompas

Film "Tron: Legacy" adalah film yang dirilis pada tahun 2010 besutan sutradara Joseph Kosinski. Film ini mengangkat cerita tentang perjalanan dan petualangan di dunia virtual.

Kevin Flynn yang diperankan oleh Jeff Bridges, adalah seorang pimpinan ENCOM Internasional yang mengilang tanpa tanda dan jejak pada 1989. ENCOM Internasional adalah perusahaan teknologi komputer terkenal asal Amerika Serikat.

20 tahun kemudian, Sam yang diperankan oleh Garret Hedlund, anak dari Kevin terlempar ke dunia virtual yang disebut Grid buatan Kevin sang ayah. Di sana, Sam melakukan petualangan seru dan bertarung melawan Rinzler, sebuah program bertopeng.

Itu beberapa film yang mengangkat cerita tentang kehidupan dunia virtual atau metaverse. Kamu bisa menonton film tersebut untuk memberikan gambaran bagaimana kehidupan di dunia virtual yang dibalut dengan cerita seru. Jika kamu ingin menonton, pastikan menonton film tersebut pada platform yang legal, ya, Goodmates!

Referensi: Okezone | Kompas