Ingin Mengunjungi Turki? Simak Beasiswa Turki untuk S1, S2, dan S3
Turki | Foto: Imad Alassiry/Unsplash

Belakangan negara Turki sedang banyak diperbincangkan publik terutama di dunia maya. Salah satunya karena Cappadocia, salah satu tempat yang berlokasi di Turki menjadi terkenal karena serial dalam negeri yang sempat menjadi trending beberapa waktu lalu.

Negara Turki sendiri memang terkenal dengan bangunan masjid dan kastilnya yang indah. Belum lagi dengan budaya dan wisata kulinernya yang banyak dicari wisatawan.

Menariknya, Turki merupakan salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa asal Indonesia. Dikutip dari Ngopibareng.id, jumlahnya meningkat terus setiap tahun. Tercatat pada pemberitaan 23 Mei 2021 lalu terdapat sekitar 1.600 mahasiswa Indonesia yang menempuh perguruan tinggi di Turki.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Turki? Kabar baik untuk kamu sebab terdapat beasiswa perguruan tinggi yang ditawarkan pemerintah Turki. Selain mendapat fasilitas beasiswa dan berkesempatan mengenal budaya Turki, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi Cappadocia yang terkenal itu, lo!

Pendaftaran beasiswa Turki

Beasiswa Turki. | Foto: Turkiye Burslari
Beasiswa Turki. | Foto: Turkiye Burslari

 

Beasiswa turki atau juga dikenal dengan nama Türkiye Burslari Scholarships (YTB) merupakan program beasiswa perguruan tinggi yang didanai pemerintah untuk siswa internasional. Beasiswa ini menyediakan program bagi S1, S2 maupun S3.

Dilansir dari situs resminya, beasiswa yang dibuka hampir setiap tahun ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi para siswa dari seluruh dunia, agar menerima pendidikan beasiswa berstandar internasional. Tak hanya itu, juga untuk mengembangkan kerja sama antara Turki dengan negara lain untuk berkontribusi pada pembangunan di berbagai bidang mulai dari akademisi hingga arsitektur.

Beasiswa Turki mencakup fasilitas penyediaan penempatan universitas dan departemen. Mencakup biaya kuliah, memungkinkan pendaftar untuk berkesempatan kursus bahasa Turki selama satu tahun, menyediakan akomodasi atau tempat tinggal bagi mahasiswa, menanggung tiket penerbangan dan biaya perjalanan ke Turki dan saat kembali ke negara asal pada akhir masa pendidikan, menyediakan layanan kesehatan dan asuransi kesehatan, serta memberikan tunjangan bulanan.

Untuk kriteria pendaftar syarat bagi program sarjana berusia di bawah 21 tahun. Kemudian, syarat pendaftar program master berusia di bawah 30 tahun, pendaftar program PhD berusia di bawah 35 tahun dan untuk program beasiswa penelitian berusia di bawah 45 tahun.

Pendaftar dari warga negara manapun diperbolehkan mendaftar dan merupakan lulusan atau yang akan lulus pada akhir tahun ajaran berjalan sebelum Agustus 2022. Kamu dapat mendaftar secara online melalui Turkiye Scholarships Application System (TBBS) dengan membuat akun terlebih dahulu.

Beberapa dokumen yang menjadi persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor sebagai dokumen identitas. Menurut INDbeasiswa, disarankan melampirkan paspor sebagai dokumen identitas agar bisa mempercepat tahapan akhir pendaftaran beasiswa.

Kemudian, pas foto terbaru yang diambil dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Cantumkan hasil ujian akhir jika ada, ijazah atau surat keterangan lulus sementara, dan transkrip nilai atau rapor semester awal hingga akhir.

Cantumkan juga nilai ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dan lainnya) serta nilai hasil ujian bahasa TOEFL/DELF  jika diminta oleh pihak universitas atau program studi yang dipilih. Bagi pendaftar program PhD perlu mencantumkan proposal penelitian dan contoh karya tulis atau jurnal yang pernah dibuat.

Beberapa dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia mungkin butuh diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau turki menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Kecuali scan piagam atau sertifikat atau projek dan kegiatan relawan lainnya yang pernah diikuti tidak perlu diterjemahkan sebab terdapat kolom deskripsi untuk dijelaskan.

Pendaftaran beasiswa Turki masih dibuka sejak 10 Januari hingga 20 Februari 2022 mendatang untuk seluruh siswa internasional dari negara manapun. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: Turkiye Burslari | INDbeasiswa | Ngopibareng.id | Kompas