Ini Dia 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Jenuh Bekerja
Jenuh Bekerja | Unsplash - Magnet.com

PENULIS: ANISA FITRI MAULIDA

Melakukan aktivitas yang sama berturut-turut dapat menimbulkan rasa jenuh, begitu juga dengan bekerja. Tak jarang pekerja yang setiap hari memiliki beban dan rutinitas yang sama merasa jenuh dan bahkan ada juga yang sampai hilang motivasi, atau yang biasa disebut dengan demotivasi.

Dilansir dari Glints, beberapa faktor penyebab demotivasi adalah tidak adanya perkembangan karier yang dimana karyawan tersebut merasa tidak ada kemajuan dalam pekerjaannya, bekerja tidak sesuai dengan passion, dan juga merasa bosan dikarenakan sudah terlalu sering melakukan hal yang sama.

Perihal jenuh saat bekerja adalah hal yang manusiawi, namun jenuh pada saat bekerja akan mempengaruhi kinerja dan akan berakibat pada hal-hal buruk lainnya baik itu untuk diri sendiri maupun instansi atau pekerjaan itu sendiri.

Jika Kawan berada di situasi seperti ini, tips ini dapat Kawan ikuti. Berikut adalah tipsnya:

 

Mendekor Ruang Kerja

Mendekorasi Rumah | Unsplash - Bernard Hermant
Mendekorasi Rumah | Unsplash - Bernard Hermant

Ruang kerja yang monoton bisa menjadi pemicu rasa jenuh pada saat bekerja. Maka dari itu, mendekor ruang kerja adalah hal yang bisa kawan lakukan. Bisa mulai dari perombakan kecil seperti menata ulang barang-barang yang ada di meja seperti rak buku kecil, tempat menyimpan alat tulis, dan lain-lain.

Jika dirasa kurang, Kawan juga bisa membeli atau membawa barang baru yang tidak pernah dilihat, atau bisa memicu rasa semangat seperti menambahkan vas bunga, decoration paper, foto bersama orang terkasih yang dicetak dan bisa ditempel, dan beberapa barang lainnya.

Bila Kawan diperbolehkan untuk rombak ruang kerja habis-habisan, mengecat ulang meja atau tembok pada ruangan dapat menjadi opsi yang menarik juga. Jika ada uang lebih, mungkin Kawan juga bisa mengganti meja, atau kursi yang lebih baru dan juga nyaman.

Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga Ringan | sportzbusiness
Olahraga Ringan | sportzbusiness

Berolahraga dapat menjadi pilihan bila Kawan mulai dilanda jenuh. Dilansir dari SehatQ, berolahraga dapat memproduksi hormon endorfin yang berperan untuk melawan stress dan memicu rasa bahagia dan perasaan positif. 

Kawan bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan di kursi, atau pun jalan-jalan di sekitar kantor. Tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan menghilangkan stress, berjalan-jalan di sekitar kantor juga dapat meningkatkan skill sosialiasi juga lho.

Mencari Hobi Sederhana 

Hobi Sederhana | Unsplash - J. Kelly Brito
Hobi Sederhana | Unsplash - J. Kelly Brito

Disela bekerja, melakukan kegiatan yang disuka seperti menjalani hobi dapat Kawan lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh. Pertama-tama kawan harus mengetahui kegiatan atau hobi sederhana seperti apa yang disukai.
Hobi yang mungkin bisa kawan lakukan adalah menulis jurnal, membaca novel atau buku kesukaan, berkeliling kantor, mendengarkan lagu, bermain game, menonton film, dan lainnya. 

Bahkan saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang memberikan fasilitas hiburan untuk karyawannya, dan jika Kawan memiliki fasilitas tersebut jangan ragu untuk menggunakannya agar Kawan bisa beristirahat sejenak dari rutinitas kerjaan.

Namun jika dirasa terlalu beresiko, kawan juga bisa mencari kegiatan di luar pekerjaan yang bisa dilakukan sebelum atau sesudah bekerja. Bahkan kawan juga bisa mengajak orang terdekat.

Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Berdiskusi | Unsplash - Gradikaa Aggi
Berdiskusi | Unsplash - Gradikaa Aggi

Mengajak rekan kerja untuk berdiskusi nyatanya bukan pilihan yang buruk. Selain memberikan distraksi, Kawan juga bisa mengambil insight mengenai beberapa topik yang didiskusikan. 

Berdiskusi dengan rekan kerja juga tidak harus selalu tentang kerjaan, Kawan juga bisa berdiskusi mengenai hobi, peristiwa saat ini, dan bahkan makanan di kantin sekalipun. Mungkin saja Kawan bisa mendapat rekomendasi makanan kantin enak yang mungkin belum diketahui sebelumnya.

Tidak hanya memiliki manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, tidak secara langsung saat berdiskusi, Kawan juga dapat menjalin hubungan lebih erat dengan rekan kerja. Bahkan rekan yang hanya sebatas di lingkup kerjaan, bisa jadi berkembang menjadi rekan di luar kerja, dan bahkan bisa menjadi jodoh lho!

Ambil Cuti

Ambil Cuti | Unsplash - Link Hoang
 Ambil Cuti | Unsplash - Link Hoang

Jika keempat cara di atas dirasa tidak memberikan banyak efek, ambil cuti bisa menjadi opsi terakhir yang bisa Kawan lakukan. Jangan gengsi karena mengambil cuti terlebih dahulu dibandingkan dengan lainnya, atau merasa gengsi karena hal yang biasa dianggap sepele ini menjadi alasan untuk cuti, karena jenuh bila lama dibiarkan akan berakibat fatal.

Kawan bisa berdiskusi dengan atasan perihal cuti tersebut mengingat cuti setiap perusahaan memiliki peraturan seperti banyaknya hari cuti yang berbeda.

Manfaatkan libur cuti ini sebagai reward untuk diri sendiri. Kawan bisa melakukan hal yang disukai baik itu sendirian maupun bersama orang-orang terdekat. Jangan lupa juga untuk menjauhi tugas atau pekerjaan dari jangkauan agar rasa jenuh tersebut tidak kembali pada saat Kawan mengambil cuti.

 

Bagaimana Kawan, apa sudah tertarik untuk mencoba tipsnya? Tips di atas tidak harus selalu dilakukan semua, namun Kawan dapat memilih salah satu tips yang dirasa cocok untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. Selamat mencoba, dan selamat kembali berjuang Kawan! 

Referensi: Glints | SehatQ