Ini Dia Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan Untuk Kamu!
Ilustrasi Hobi © Unsplash/Steve Johnson

Penulis: Fishya Elvin

Hobi merupakan sebuah kegemaran yang dimiliki seseorang, biasanya menjadi sebuah kesenangan yang istimewa pada waktu senggang. Aktivitas-aktivitas yang biasanya kita lakukan dengan senang hati dan cenderung rutin atau berulang-ulang tanpa kita sadari merupakan hobi yang kita miliki. Hobi tidak hanya satu, tetapi bisa juga berjumlah dua, tiga, ataupun lebih. Berkat kesesuaian aktivitas tersebut dengan apapun yang kita minati dan senangi, hobi dapat melepaskan stres dan membuat kita lebih bahagia.

Alangkah indahnya bukan apabila pekerjaan kita yang menghasilkan uang juga berhubungan dengan hobi yang kita miliki?

Di era yang semakin modern ini, apapun yang dapat kita lakukan dapat kita sulap menjadi sebuah keuntungan, tanpa terkecuali hobi. Telebih ketika pandemi Covid-19, waktu yang kita habiskan di rumah membuat kita lebih kreatif dalam memanfaatkan waktu, termasuk mencari hobi-hobi baru. Wadah-wadah pengembangan keahlian semakin banyak dan beragam, membuat kita dapat mengasah skill kita untuk memproduksi suatu output yang memiliki nilai jual. Dengan begitu, dalam usia berapapun kamu sekarang, kamu dapat menghasilkan uang dengan hobi yang kamu miliki!

Berikut beberapa hobi yang sudah dirangkumkan untuk kamu memulai ambil keuntungannya:

  • Menulis

Untuk kamu yang senang menulis atau membaca buku, pasti pernah terpikirkan untuk menerbitkan karya tulis kamu. Hobi ini dapat menambahkan penghasilan kamu karena terdapat banyak wadah bagi kamu untuk mengirimkan tulisan kamu, terkhusus jenis tulisan apa yang kamu buat. Apabila kamu senang menulis novel yang berupa tulisan panjang lebih dari seratus halaman, maka kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke penerbit buku melalui surat elektronik ke Gramedia, atau bahkan penerbit-penerbit kecil atau independen lainnya yang dapat kamu temukan di internet. Jangan lupa, cocokkan persyaratan penerbit dengan tulisan yang telah kamu buat. Selain itu, cari penerbit yang memberikan insentif, sehingga kamu bisa mendapatkan imbalan atas kerja kerasmu.

Selain itu, apabila kamu merasa tidak cocok dengan penerbit-penerbit buku, maka kamu bisa mencoba mempublikasikan tulisanmu satu bab perharinya ke aplikasi-aplikasi seperti Wattpad. Nantinya, apabila terdapat banyak orang yang membaca tulisanmu di sana, kamu bisa mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan uang ataupun adanya agensi penerbitan yang melirik naskahmu dari sana.

Apabila kamu lebih senang menulis tulisan pendek seperti artikel, maka kamu bisa mencari lowongan pekerjaan atau magang di internet atau media sosial dengan posisi content writer atau copywriter.

  • Memasak

Kalau kamu suka memasak, cocok sekali bagi kamu untuk memulai usaha kuliner sendiri. Di zaman sekarang, untuk menjual masakanmu, kamu tidak harus membuka toko terlebih dahulu. Kamu bisa memasarkan makananmu melalui media sosial. Tentunya, dengan usaha ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan atas kegiatan yang kamu sukai.

Apabila kamu senang memasak makanan berat, seperti nasi uduk, nasi kuning, maka kamu bisa membuka usaha di jenis makanan tersebut. Kamu bisa juga membuat usaha kue ataupun makanan ringan, tergantung masakan jenis apa yang kamu sukai. Usaha ini memiliki peluang yang besar dan cabang yang luas.

Sebagai tips, kamu dapat memberikan tester terlebih dahulu pada orang-orang terdekatmu untuk mendapatkan review. Selain kamu akan lebih percaya diri, kamu juga akan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumenmu sehingga jualanmu akan laku.

  • Menggambar

Hobi yang menuntut kreativitas seseorang seperti menggambar tentunya dapat menambah penghasilan untukmu. Gambar bisa berbagai macam bentuknya, ada yang lukisan, atau juga ilustrasi digital. Kamu bisa menerima jasa gambar, berupa pesanan-pesanan orang lain atas permintaan gambar yang mereka butuhkan. Usaha ini dapat kamu mulai dari media sosial. Twitter misalnya, wadah dimana kamu dapat membagikan hasil karyamu dan mempersilahkan orang lain untuk mengunjungi profilmu, untuk menarik perhatian calon konsumen.

Sama halnya seperti menulis, apabila kamu berniat membuat gambar yang jangka panjang, kamu bisa mulai memikirkan untuk membuat buku atau komik dari usahamu.

Selain itu, kamu bisa mengumpulkan gambar-gambar karyamu yang sebelumnya dan dijadikan satu portofolio. Perekrut pekerjaan dapat melihat kemampuanmu dari sana dan tentunya akan berguna di masa depan ketika kamu akan melamar pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian menggambarmu.

Masih banyak lagi hobi-hobi lainnya yang dapat kamu coba untuk menambah penghasilan. Membaca buku, menonton film, sampai bermain game juga merupakan hobi yang mungkin kamu miliki. Akan tetapi, ketika melakukan hobi ini, kita harus berhati-hati dan sadar akan waktu karena kegiatan tersebut menghabiskan waktu yang banyak dan mungkin bisa juga memakan kuota internetmu. Untuk itu, perlu sekali bagi kita untuk pintar dalam memilih hobi, baik itu hobi yang menuntut kita untuk mengeluarkan uang atau malah menghasilkan uang.

Apakah hobi kamu termasuk salah satu dari hobi-hobi di atas? Tertarik untuk mulai menghasilkan uang? Selamat mencoba, ya!

 

Referensi: IndiHome | KBBI | Gramedia