Instagram Luncurkan Fitur Baru, Bisa Atur Urutan Postingan di Beranda
Fitur baru Instagram untuk mengatur konten yang muncul di beranda | Foto: Meta

Melalui blog resminya pada Rabu (23/3) lalu, pihak Instagram mengumumkan adanya fitur untuk mengurutkan postingan yang ada di kabar berita (feed) aplikasi Instagram sesuai preferensi kita

Adam Mosseri selaku kepala Instagram memperkenalkan dua cara yang bisa kita pilih, untuk mengatur urutan tampilan konten yang akan kita konsumsi di aplikasi milik perusahaan Meta tersebut. Goodmates bisa menggunakan salah satu cara dengan memilih antara fitur favorites dan following yang ada di pojok kiri beranda Instagram.

Lalu, apa alasan di balik penambahan fitur ini dan bagaimana cara kerjanya? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Konten Lebih Tertata

Pengguna bisa memilih mode beranda favorites atau following | Foto: Meta

Tahukah Goodmates bahwa konten-konten yang muncul di beranda Instagram kita selama ini adalah gabungan dari konten favorit orang terdekat? Bisa juga dari idola kita atau konten sugestif yang sengaja Instagram rekomendasikan. Bukan tanpa sebab, hal tersebut berdasarkan perilaku kita saat menggunakan aplikasi ini.

Meski begitu, Goodmates mungkin sering tidak menyukai suatu konten di laman beranda atau kerepotan karena konten yang baru saja muncul tidak ada di bagian teratas. Hal ini akan berpengaruh jika Goodmates membuka Instagram untuk melihat informasi paling baru.

Baca juga: Memahami Netiquette, Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet

Melalui fitur terbarunya ini, Instagram berusaha untuk menghadirkan konten yang lebih relevan untuk para pengguna. Konten yang muncul pun tak lagi “berantakan”, tetapi kronologikal sehingga pengguna bisa melihat unggahan konten paling baru di posisi teratas.

Fitur Favorites: Hanya Lihat Postingan Akun Pilihan

Postingan dari akun di daftar favorites akan muncul paling atas | Foto: cottonbro/Pexels

Goodmates pasti punya orang-orang atau kelompok tertentu yang sering jadi korban stalking kamu di Instagram karena konten-kontennya yang menarik. Kini, unggahan mereka akan lebih mencolok di beranda Goodmates jika mode favorites aktif.

Lebih lanjut, Goodmates bisa menambahkan hingga 50 akun ke dalam daftar favorites. Dengan begitu, beranda Instagram akan menampilkan postingan paling baru dari akun-akun yang masuk daftar. 

Selain bisa melihat postingan mereka di beranda utama, Instagram juga menyediakan beranda khusus akun favorites. Dengan begitu, Goodmates hanya bisa melihat postingan dari akun yang sudah ada di daftar.

Goodmates bisa mengubah siapa saja yang masuk ke daftar akun favorites sesuka hati. Jangan khawatir, pemilik akun-akun tersebut tidak akan menerima notifikasi jika masuk atau keluar dari daftar. Orang lain juga tidak bisa melihat daftar akun favorites yang Goodmates buat.

Baca juga: Daftar 5 Hotel Indonesia yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan

Fitur Following: Tak Lagi Ketinggalan Berita Terkini

Postingan di mode following urut secara kronologikal | Foto: Nextren.com

Tak perlu membuat daftar akun pilihan, mode following memungkinkan Goodmates untuk melihat postingan Instagram di beranda hanya dari akun yang telah Goodmates follow. Postingan mereka akan urut secara kronologikal sehingga yang paling atas adalah postingan yang baru saja terunggah.

Hal ini cocok untuk Goodmates yang secara khusus menggunakan aplikasi Instagram untuk mengikuti akun-akun berita atau yang memiliki kaitan dengan pekerjaan. Seperti yang kita tahu, sebelum adanya fitur ini, konten yang muncul di beranda tersusun sedemikian rupa berdasarkan algoritma.

Baca juga: Rendahnya Self Esteem Pengaruhi Pikiran Negatif Diri Sendiri

Pengguna Punya Lebih Banyak Kontrol

Pengguna Instagram punya lebih banyak kontrol untuk mengatur konten yang muncul di beranda | Foto: cottonbro/Pexels

Tujuan Instagram menambah fitur ini adalah untuk memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengontrol konten apa yang ingin mereka lihat di beranda. Selama ini, banyak pengguna yang mengeluhkan urutan konten yang tidak kronologial atau konten sugestif yang terus muncul.

Sementar, dengan memilih antara favorites atau following, pengguna bisa leluasa melihat jenis konten yang mereka inginkan. Bila memilih favorites, konten-konten sugestif dari akun yang tidak Goodmates follow masih akan muncul. Namun siapa tahu kan, Goodmates memang perlu melihatnya?

Lalu bila Goodmates hanya ingin melihat konten dari akun yang Goodmates ikuti, Goodmates bisa langsung mengganti mode menjadi following. Fitur baru Instagram ini akan sangat membantu kamu dalam menggunakan media sosial secara bijak, serta bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Referensi: Meta | The Verge