Intip Keunikan 4 Gedung Kampus di Indonesia
Gedung Kampus Unik © umn.ac.id

Kampus-kampus di Indonesia terkenal dengan prestasi dengan lulusan-lulusan terbaik yang terkenalnya. Masing-masing memiliki keunikan yang menjadi ciri khas masing-masing, atau bahkan menjadi simbol di daerah kampus tersebut berada.

Bukan hanya memiliki prestasi dengan lulusan-lulusan terbaik yang terkenal, universitas-universitas di Indonesia juga terkenal dengan bentuk gedung atau arsitektur yang unik dan menarik. Penasaran bukan? Ini dia beberapa di antaranya.

Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran © Unpaders
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran © Unpaders

Bila kamu pergi ke Jatinangor dan mengunjungi kampus ini, kamu akan tahu bahwa bangunan unik berbentuk bulat ini adalah gedung rektorat yang menjadi pusat dari kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Gedung ini memiliki konsep dan filosofi yang mendalam. Mulai dari desain dinding luar gedung sendiri yang menggambarkan tanaman bambu. Bambu dipilih sebagai representasi fungsi bambu yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, penguat konstruksi tanah, penyimpan air, pemberi kerindangan dan keteduhan.

Bagi masyarakat Sunda atau tempat Universitas Padjadjaran bernaung, bambu dapat digunakan dalam berbagai macam sebagaimana bahan bangunan, makanan, alat dapur, pakaian, hingga alat musik.

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Gedung Universitas Bina Nusantara Alam Sutera © binus.ac.id
Gedung Universitas Bina Nusantara Alam Sutera © binus.ac.id

Universitas di Alam Sutera ini memiliki gedung kampus yang terdiri dari 22 lantai dan berbentuk kotak-kotak yang unik bertumpuk tidak beraturan. Gedung inilah yang kemudian menjadi ikon tersendiri di kawasan Alam Sutera.

Tiap kotak juga dilengkapi dengan jendela-jendela yang sangat besar sehingga menjadi pencahayaan alami gedung tersebut yang ditembus matahari. Selain cahaya, udara juga dapat keluar masuk bangunan dengan leluasa karena konsep bangunan yang terbuka.

Sisi ramah lingkungan lainnya dari bangunan ini adalah keberadaan hanging garden pada balkon bangunan ini. Sudah pasti gedung ini memberikan kenyamanan bagi para mahasiswa atau orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Universitas Indonesia (UI)

Crystal of Knowledge © Universitas Indonesia
Crystal of Knowledge © Universitas Indonesia

Universitas yang terletak di Depok ini dan termasuk universitas yang terluas di Indonesia memiliki arsitektur yang unik, terkhusus bangunan perpustakaan mereka yang dinamakan Crystal of Knowledge. Melihat bentuk gedung yang kompleks, ternyata gedung ini memiliki 8 lantai, loh!

Gedung Perpustakaan UI atau yang dikenal dengan Crystal of Knowledge terdiri dari 8 lantai dan beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Fasilitas di gedung ini dibagi menjadi dua, yakni fasilitas umum dan fasilitas perpustakaan. Fasilitas umum dikelola oleh Direktorat Fasilitas dan Umum UI sedangkan fasilitas perpustakaan dikelola oleh Perpustakaan UI.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Gedung Universitas Multimedia Nusantara © umn.ac.id
Gedung Universitas Multimedia Nusantara © umn.ac.id

Universitas Multimedia Nusantara atau yang sering disebut UMN ini memiliki empat gedung untuk masing-masing menyokong kegiatan pembelajaran mahasiswanya. Dua di antara gedungnya berbentuk unik, berwujud seperti telur raksasa. Banyak yang belum tahu, ternyata bentuk gedung yang seperti ini mengusung konsep hemat energi.

Dilansir dari kanal resmi UMN, gedungnya menggunakan double skin facade untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Tidak hanya itu, pada beberapa lokasi juga terdapat roof garden yang membuat lingkungan UMN menjadi lebih asri dan sejuk.

Dengan arsitektur dan konsep gedung UMN, tidak mengherankan jika gedung UMN meraih berbagai penghargaan. Mulai dari Juara I Asia tenggara ASEAN Energy Awards 2014 kategori Tropical Building dan Juara III bidang Efisiensi Energi Subroto Award 2018 kategori Gedung Baru dari Kementerian ESDM RI.

Masing-masing kampus memiliki keunikannya tersendiri. Mulai dari desain gedung, metode pembelajaran, ataupun budaya-budaya yang diterapkan di dalamnya. Hal-hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang di dalam universitas tersebut ataupun luar, terkhusus calon mahasiswa.

Referensi: Bina Nusantara | Ketik Unpad | UI Update | Universitas Media Nusantara News Service