Intip Pesona Kebun Anggur di Bali
Hatten Wines Vineyard, perkebunan anggur di Bali yang indah. | Sumber: IDN Times/twitter.com/ArthaWijaya_

Siapa yang tak kenal dengan Bali? Daerah yang dijuluki Pulau Dewata ini terkenal dengan keindahan pantai-pantai yang dimilikinya. Pulau Bali juga menjadi salah satu langganan destinasi liburan tidak hanya bagi penduduk dalam negeri namun juga oleh penduduk dari luar negeri. Tapi, tidak hanya pantai, Bali juga memiliki agrowisata lo Kawan.

Tak perlu jauh-jauh bepergian ke benua Eropa, ternyata Indonesia juga memiliki perkebunan anggur yang tak kalah luas dan menarik perhatian. Agrowisata atau wisata berbasis perkebunan yang dimiliki Bali bernama Hatten Wines Vineyard. Bayangkan, Kawan dapat menyusuri perkebunan anggur yang segar dan luas, sekaligus memetik buah-buahan anggur yang segar langsung dari pohonnya, cocok sekali menjadi pilihan liburan untuk akhir tahun.

Serba-serbi Hatten Wines Vineyard yang harus kamu ketahui

Buah anggur yang diproduksi oleh perkebunan anggur Hatten Wines. | Sumber: Daphne Rosela/The Jakarta Post Travel/Pinterest
Buah anggur yang diproduksi oleh perkebunan anggur Hatten Wines. | Sumber: Daphne Rosela/The Jakarta Post Travel/Pinterest

Dikutip dari situs resminya Hattenwines.com, Hatten Wines Vineyard ternyata telah berdiri sejak tahun 1994. Penemunya merupakan seorang penduduk asli Bali, yang lahir dan besar di Sanur, bernama Ida Bagus Rai Budarsa. Perkebunan anggur yang memiliki area lahan seluas 45 hektar ini berlokasi di sepanjang pantai utara Pulau Bali, tepatnya di Jalan Raya Seririt-Gilimanuk, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Hatten Wines Vineyard terbuka bagi para wisatawan yang ingin memiliki pengalaman agrowisata. Apabila berkunjung ke Hatten Wines Vineyard, terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan. Hanya dengan membayar sejumlah lima puluh ribu rupiah, tidak hanya menyusuri perkebunan anggur yang luas, tetapi Kawan juga dapat memetik buah anggur langsung dari pohonnya.

Buah-buah anggur ini dapat dicicipi dan dibawa pulang tanpa biaya tambahan. Selain itu, Kawan juga akan mendapatkan penjelasan mengenai berbagai macam jenis buah anggur dan cara menanamnya. Pengunjung juga diperkenankan mencicipi wine yang asli diproduksi langsung oleh Hatten Wines.

Kawan sedang merencanakan kencan bersama pasangan? Atau ingin memiliki first date anti mainstream? Berkunjung ke perkebunan anggur dapat menjadi salah satu pilihan lo. Yap, Hatten Wines Vineyard juga menawarkan pengalaman makan malam yang romantis. Tak tanggung-tanggung, pihak Hatten Wines menyediakan koki yang berpengalaman untuk menyajikan menu makanan yang lezat. Pengalaman makan malam yang romantis akan semakin sempurna karena didukung dengan desain interior ruangan yang tak kalah cantik dan nyaman. 

Selain menawarkan pengalaman agrowisata yang tak terlupakan, Hatten Wines Vineyard juga memproduksi berbagai macam produk wine. Dikutip dari Kintamani.id, Hatten Wines Vineyard mengklaim dirinya sebagai produsen pertama wine dari Bali.

Wine produk lokal ini tak kalah dengan produk luar negeri lo Kawan. Sebagai bukti, Hatten Wines telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Hatten Wines mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Top 10 Fastest Improving Producers in Asia. Hingga kini, Hatten Wines telah memproduksi sepuluh macam wine.

Dikutip dari IDN Times, waktu terbaik untuk mengunjungi Hatten Wines Vineyard adalah pada bulan Agustus-November, sebab pada waktu-waktu ini buah anggur sedang berbuah. Wah, semakin cocok ya untuk menjadi pilihan destinasi liburan di akhir tahun!

Referensi: IDN Times | Hatten Wines | Liputan6 | Kintamani | Good News From Indonesia