Intip Pola Baca Buku Ala Bill Gates
Ilustrasi│Bangor Daily News

Tidak diragukan lagi bahwa membawa buku adalah sebuah kegiatan yang membawa manfaat besar dalam memperluas pengetahuan. Banyak orang sukses yang mengaku bahwa dirinya adalah orang yang hobi membaca buku.

Salah satu contohnya ada pada sosok Bill Gates, bos besar dari perusahaan teknologi raksasa dunia, Microsoft. Bill Gates dikenal sebagai sosok yang gemar sekali membaca buku, dan tidak diragukan lagi bahwa kebiasaan inilah salah satu faktor yang membuatnya selalu ada di deretan daftar orang terkaya di dunia.

Bagi kamu yang juga memiliki hobi membaca, kamu bisa meniru pola membaca ala Bill Gates agar kualitas membacamu semakin meningkat. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tentang pola membaca ala Bill Gates, yang bisa kamu tiru.

Buat catatan untuk menambah daya ingat

Hal yang umum terjadi saat membaca, adalah kondisi dimana terkadang kita lupa tentang apa yang telah kita baca. Untuk menyikapi hal ini, Bill Gates memiliki kebiasaan untuk membuat catatan tentang apa yang kita baca.

Menurut Bill Gates, mencatat hal-hal yang terlihat kecil justru akan sangat membantu kita dalam mengingat kembali apa yang telah kita baca. Selain itu, membuat catatan juga dapat membantu kita untuk tetap fokus terhadap bacaan yang ada di depan mata.

Memahami dasarnya terlebih dahulu

Pola membaca lainnya dari seorang Bill Gates yang cukup menarik adalah ia menyarankan kepada kita, jika kita ingin memahami sesuatu, maka pahamilah dasarnya terlebih dahulu. Yang dimaksud di sini adalah kita harus memahami dasar yang akhirnya menjadi kerangka dari suatu teori atau hal yang sedang dipelajari.

Misalnya, jika kamu ingin memahami ilmu politik, kamu harus belajar tentang sejarah politik terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa memahami bagaimana politik bisa terbentuk, hingga bagaimana politik bisa berevolusi sampai saat ini. Sederhananya, pahamilah hal kecil terlebih dahulu, agar bisa membantumu memahami hal yang lebih besar lagi nantinya.

Selalu selesaikan buku yang dibaca

Ilustrasi│Taisiia Shestopal/Unsplash

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Selesaikan apa yang telah kamu mulai”. Hal ini juga berlaku bagi Bill Gates dalam membaca sebuah buku. Ia selalu menyelesaikan buku yang ia pilih untuk dibaca.

Selain itu, ada hal yang lebih penting lagi mengenai hal ini. Yaitu, Bill Gates berpesan untuk memikirkan matang-matang buku apa yang akan dibaca sebelum mulai membaca. Hal ini yang akan membuatmu nyaman membaca buku, dan berkomitmen untuk menyelesaikannya.

Minimal membaca selama 1 jam

Kebiasaan lain Bill Gates selama membaca buku adalah, dia selalu membaca buku selama minimal 1 jam. Dalam sekali membaca, dia tidak pernah membaca kurang dari 1 jam. Kebiasaan ini akan membuat seseorang menjadi lebih fokus dalam membaca sebuah buku.

Di sisi lain, tingkat fokus yang tinggi saat membaca buku juga akan membuat seseorang semakin mudah memahami apa yang ada di dalam buku tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk meluangkan setidaknya satu jam untuk membaca buku mulai dari sekarang.

ReferensiMediumIncIDN Times