Intip Ragam Pempek Unik, Ide Kue Ulang Tahun Anti Mainstream
pempek berkarakter karangan bunga. | Foto: Raja Adil Siregar/detikcom

Ulang tahun identik dengan kue tart dan lilin. Saat ada perayaan ulang tahun, umumnya orang akan membeli atau membuat kue untuk merayakannya. Mulai dari rasa kekinian seperti red velvet cake, green tea, atau korean lunch box cake yang pernah trending di kalangan masyarakat.

Manisnya kue ditambah dengan perayaan bersama orang-orang terkasih. Momen perayaan ulang tahun bagi sebagian orang merupakan sebuah momen spesial dan akan dikenang selalu.

Jika merayakan ulang tahun dengan kue sudah mainstream, bagaimana dengan hidangan pengganti kue ulang tahun yang anti mainstream? Tentunya momen ulang tahun tersebut dapat terasa lebih memorable!

Pempek berkarakter, ide pengganti kue ulang tahun yang unik

pempek berkarakter ikan nemo. | foto: Facebook Kedai - Pempek Cece 88
pempek berkarakter ikan nemo. | foto: Facebook Kedai - Pempek Cece 88

Siapa yang tak kenal dengan pempek? Makanan khas Kota Palembang ini umum dikenal masyarakat luas dengan bentuknya yang bulat dan lonjong serta berwarna putih. Tidak lupa bumbu coklat kehitamannya cuko yang memiliki cita rasa khas.

Pempek mungkin tak umum disajikan sebagai pengganti kue ulang tahun, tetapi justru inovasi inilah yang mencetuskan ide bagi Puji dan Eka untuk membuat pempek berkarakter.

Dikutip dari Viva, awalnya Puji merasa bosan dengan model pempek yang monoton. Hingga kemudian mencoba membuat pempek dengan berbagai karakter yang dikenal masyarakat seperti karakter ikan nemo dari film Finding Nemo dan Hello Kitty.

Idenya berbuah manis. Pempek karakternya laris manis di pasaran dan laku dipesan banyak pelanggan. Setelahnya, Pempek Cece 88 yang dikelola Puji dan Eka juga mencoba membuat karakter karangan bunga dan buah-buahan. 

Cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan pada pempek karakter ini tidak berbeda jauh dengan pempek biasa. Namun pada beberapa karakter tertentu, dibutuhkan teknik khusus untuk membuatnya. Misalnya pada karakter bunga, adonan akan dipipihkan kemudian dicetak dan disusun untuk digulung dan dipotong hingga membentuk sebuah bunga yang mekar dan cantik.

Nah, jika pempek biasa berwarna putih, pempek berkarakter ini menggunakan pewarna untuk mempercantik tampilannya. Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab pewarna yang digunakan juga berbahan alami dan sehat.

Dilansir dari Detik, toko yang telah berdiri sejak tahun 2017 silam ini menggunakan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk pewarna pempeknya. Seperti, kuning dari labu, hijau dari sayur sawi, merah muda dari buah naga, ungu dari ubi ungu dan oranye dari wortel.

Kalau nanti kamu akan berkunjung ke Kota Palembang atau sedang menetap di sana, kamu dapat mencicipi pempek berkarakter ini di Jl Veteran 8001D. Untuk harga yang dibanderol mulai dari Rp100.000, tergantung dengan ukuran dan tingkat kesulitan yang dipesan.

Inovasi ini menjadi ide baru yang segar bagi masyarakat. Kalau kamu tidak terlalu suka makanan manis, pempek berkarakter ini dapat menjadi pilihan bagi perayaan ulang tahun atau acara lainnya.

Referensi: Viva | ANTV Klik | Detik