Intip Sederet Robot Canggih di Olimpiade Beijing 2022
robot yang menyiapkan es krim di Olimpiade Beijing 2022. | Foto: tangkapan layar video Twitter Reuters

Jika bisa memiliki robot canggih untuk membantu pekerjaan kamu sehari-hari, jenis robot apa yang ingin kamu dapatkan? Kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini banyak melahirkan segudang inovasi baru di dunia. Teknologi sendiri menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Nah, salah satu acara bergengsi asal negeri tirai bambu yang baru saja digelar pada awal tahun ini memanfaatkan kemampuan robot untuk membantu jalannya acara. Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 ini digelar sejak Jumat (04/02) lalu, bertepatan dengan upacara pembukaan olimpiade yang berlangsung mulai pukul 20.00 waktu setempat dan berlokasi di Stadion Nasional Beijing.

Dikutip dari Kompas, olimpiade ini akan berlangsung hingga 20 Februari 2022 dan akan memperlombakan 15 cabang olahraga dengan total 109 nomor pertandingan. Mengingat acara ini digelar dalam keadaan pandemi COVID-19, terdapat konsep menarik yang diusung untuk menerapkan protokol kesehatan.

Penyelenggara olimpiade menggunakan robot selama pelaksanaan olimpiade untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Seperti persiapan dan layanan makanan menggunakan robot yang menggantikan tenaga kerja manusia. Dengan begitu, dapat meminimalisir interaksi berlebihan dengan manusia lainnya guna mencegah penularan.

Dari koki hingga pramusaji, robot canggih tugas manusia

robot yang berfungsi menjadi pramusaji. | Foto: AP/Jae C. Hong/Detik
robot yang berfungsi menjadi pramusaji. | Foto: AP/Jae C. Hong/Detik

Bukan hanya pertandingan olimpiade saja yang menyita perhatian pengunjung, para robot ini juga tak kalah bikin takjub. Berbagai macam robot digunakan untuk tugas-tugas tertentu. Di antaranya terdapat robot juru masak yang bertugas membuat hamburger.

Kemudian robot lainnya berfungsi untuk merebus nasi dan mie, ada juga robot lainnya yang merangkap fungsi sebagai bartender untuk menyiapkan minuman dalam 90 detik. Kamu merupakan penggemar kopi? Terdapat robot yang bertugas menggiling biji kopi kemudian menyeduhnya dengan waktu kurang dari empat menit.

Meski diselenggarakan saat musim dingin, tidak ada yang salah kok jika kamu ingin memakan sesuatu yang dingin. Seperti mencoba es krim yang disajikan oleh robot di olimpiade ini.

Tidak hanya menjadi koki, tugas pramusaji juga digantikan oleh robot. Robot yang berfungsi sebagai pramusaji menggantung di atap-atap untuk bergerak secara elektronik mengantarkan makanan yang siap dihidangkan kepada tamu.

Selain para robot yang bertugas di dapur dan tempat makan, terdapat robot lainnya yang tak kalah canggih dan menyita perhatian. Seperti robot yang berfungsi menyapu dan mengepel lantai. Robot juga berfungsi untuk menyemprot cairan desinfektan untuk menjaga kebersihan tempat.

Menariknya saat perayaan Tahun Baru Imlek yang digelar 1 Februari lalu, terdapat robot yang menulis kaligrafi China. Melansir dari VOA Indonesia, robot ini memiliki dua kuas yang bergerak-gerak di atas kertas merah untuk menuliskan karakter alfabet China ‘fu’ yang memiliki arti ‘makmur’.

Warna merah sendiri dalam budaya China dipercaya sebagai warna keberuntungan. Kertas merah dipercaya mampu mengusir roh jahat serta biasa ditempelkan di depan pintu sebagai bentuk harapan agar bisa membawa kemakmuran bagi keluarga.

Referensi: Kompas | Suara | FOX 5 New York | Golf Digest | VOA Indonesia | NBC Chicago