Introvert atau Pemalu? Yuk, Kenali Perbedaannya!
Introvert atau Pemalu | Unsplash - Priscilla Du Preez

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

'Manusia adalah makhluk sosial', dari kata tersebut tercipta fakta bahwasannya manusia akan selalu membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup.

Berkomunikasi menjadi 'pintu' untuk memasuki fase interaksi antara manusia satu dengan manusia lainnya. Namun saat ini, banyak dari kita sadar bahwasannya interaksi merupakan kegiatan yang memakan banyak tenaga.

Bagi orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, berkomunikasi dengan orang lain sudah terasa seperti 'makanan sehari-hari' yang dimana mereka akan terus membutuhkannya. Namun bagi orang yang memiliki kepribadian introvert, butuh waktu bagi mereka untuk beradaptasi dengan pola interaksi yang dilakukan secara berturut-turut.

Mengetahui salah satu ciri introvert yang membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain membuat banyak orang salah paham mengenai konsep introvert sebenarnya.

Keberadaan konsep introvert yang 'terlalu umum' kerap disalahartikan dan sering disamakan dengan orang yang sebenarnya memiliki sikap pemalu. Hal tersebut dibenarkan oleh Louis A. Scmidt dan juga Arnold H. Buss yang dilansir dari Hello Sehat.

Menurut keduanya, alasan mengapa introvert dan pemalu sering disamakan itu karena adanya persamaan masalah yaitu pada sosialisasi yang dimana orang yang memiliki kepribadian introvert lebih senang untuk menghabiskan waktu sendirian dibandingkan dengan banyak orang.

Sementara itu orang yang memiliki sifat pemalu lebih senang menghindari kontak dengan orang lain sebab rasa malu yang dirasa ketika akan memulai interaksi.

Lantas apa ya yang membedakan introvert dan pemalu itu? Yuk merapat, kita cari tahu perbedaannya.

Tingkah Laku Di Tempat Ramai

Tempat Ramai | Unsplash - Matthew Miner
Tempat Ramai | Unsplash - Matthew Miner

Salah satu hal yang membedakan antara orang yang memiliki kepribadian introvert dengan sifat pemalu adalah berdasarkan dari tingkah laku. Dilansir dari Halo Doc, seseorang yang memiliki kepribadian introvert merasa lebih nyaman saat berada di suasana yang tenang. Namun sosok yang introvert tidak merasa keberatan bila harus menjadi pusat perhatian.

Berbeda dengan orang dengan sifat pemalu, mereka memang tidak senang berada di tengah keramaian. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah asal mereka tidak menjadi pusat perhatian.

Cara Merespon Sebuah Percakapan

Merespon Percakapan | Unsplash - Patricia Zavala
Merespon Percakapan | Unsplash - Patricia Zavala

Dilansir dari SehatQ, ada perbedaan yang dapat dilihat oleh Kawan jika seseorang atau Kawan sendiri merupakan bagian dari introvert atau pemalu. Salah satu hal yang dapat Kawan simak adalah dari bagaimana Kawan merespon percakapan lewat telepon.

Dalam sebuah percakapan lewat telepon, sosok yang memiliki kepribadian introvert akan lebih senang menyimak atau mendengar lawan bicaranya berbicara dan akan berbicara jika saatnya tepat.

Berbeda dengan Kawan yang memiliki sifat pemalu, saat ada telepon cenderung menghindar karena takut dan juga khawatir jika dia melakukan kesalahan. 

Saat Menyampaikan Aspirasi

Menyampaikan Aspirasi | Unsplash - Austin Distel
Menyampaikan Aspirasi | Unsplash - Austin Distel

Sosok dengan kepribadian introvert lebih senang menyampaikan aspirasi secara langsung tanpa membuang waktu alias basa-basi. Berbeda dengan sosok yang pemalu, dia lebih senang dibantu atau menggunakan media agar aspirasi tersebut dapat tercapai dengan baik.

Selain itu, orang introvert lebih senang berdiskusi mengenai hal yang ‘dalam’ atau yang biasa disebut deeptalk dengan orang tertentu, dan tak ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Sementara orang yang pemalu akan lebih senang menyimpan pendapatnya dalam hati dengan alasan agar tidak salah bicara.

Cara untuk Charge Diri

Charge Diri | Unsplash - César Abner Martínez
Charge Diri | Unsplash - César Abner Martínez

Tidak aneh bila bahwasannya orang yang memiliki kepribadian introvert lebih senang berada di tempat yang tenang. Jadi pada saat mereka selesai berinteraksi, tak jarang mereka mencari tempat yang lebih sunyi dan tenang untuk me-recharge diri.

Hal tersebut berbeda jika memiliki sifat pemalu, tidak ada cara untuk me-recharge diri sebab sosok yang pemalu merasa baik-baik saja jika berada di tempat yang ramai sedikitpun sehingga tidak merasa lelah. Namun yang biasa diperhatikan adalah bagaimana cara untuk menghilangkan rasa takut akan salah.

Bagaimana Kawan, sudah tertera jelas bukan perbedaannya. Kira-kira Kawan sendiri memiki kepribadian yang introvert, atau hanya sekedar pemalu saja nih?

Referensi: Hello Sehat | Halodoc | SehatQ