Investasi Jangka Panjang yang Wajib Dimiliki Pekerja, Apa Saja?
Ilustrasi Investasi Jangka Panjang | Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Punya penghasilan setiap bulan, bukan berarti kamu bisa bebas berbelanja apa saja sampai lupa kalau tanggal gajian berikutnya masih lama. Apalagi untuk generasi masa kini, harus banget nih memikirkan investasi yang menguntukan di masa mendatang.

Nggak selalu berupa tabungan di bank, ternyata melalui investasi yang bersifat jangka panjang juga bisa menjamin finansial kamu lho, Goodmates. Dengan memiliki investasi jangka panjang, itu berarti kamu akan memiliki pendapatan pasif yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari.

Nah, untuk pemula, nggak ada salahnya untuk kamu mencoba investasi jangka panjang yang paling aman dan minim risiko, juga tentunya nggak kalah menguntungkannya buat kamu, Goodmates.

  1. Tak ada Salahnya membeli Emas!
Ilustrasi tak ada salahnya membeli emas
pexels.com/MichaelSteinberg

Mulailah membeli dan mengumpulkan emas secara rutin. Emas jadi salah satu logam mulia yang paling menjanjikan untuk dijadikan investasi jangka panjang dengan risiko rendah. Selain itu, harga emas juga cenderung akan terus naik dari waktu ke waktu dalam jangka panjang.

  1. Kenapa Tidak Bisnis Properti Kecil-Kecilan?
Ilustrasi bisnis properti
pexels.com/JessicaBryant

Selain logam mulia, properti seperti rumah atau apartemen banyak dipilih untuk menjadi investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Sama seperti emas, investasi di bidang properti juga memiliki harga yang bakal terus naik tiap tahunnya.

Nggak perlu langsung membeli dengan skala besar, kamu bisa mulai membeli tanah dengan harga miring di lokasi yang berpotensi komersil dalam beberapa tahun ke depan.

  1. Disiplin Pakai Tabungan Berjangka
Ilustrasi tabungan berjangka
pexels.com/CupofCouple

Meski harus “dipaksa” menabung secara rutin tanpa bisa dicairkan sebelum waktu yang ditentukan, investasi berbentuk tabungan berjangka ternyata punya keuntungan yang cukup menggoda lho, Goodmates.

Tabungan berjangka menawarkan bunga yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa. Sudah tentu keuntungan yang bakal kamu dapat pasti akan jauh lebih besar. Jadi untung gede, deh!

  1. Asuransikan Diri untuk Proteksi
Ilustrasi asuransi diri
pexels.com/OlyaKobruseva

Biasanya asuransi jiwa kerap dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang. Namun sebelum memulai kesepakatan membeli polis asuransi, ada baiknya jika kamu harus paham betul bagaimana investasi dalam asuransi ini berjalan. Biasanya harga asuransi yang berbasis investasi cenderung lebih tinggi dari asuransi biasanya.

  1. Program Dana Pensiun untuk Hari Tua
Ilustrasi program dana pensiun
pexels.com/AndreaPiacquadio

Selain asuransi jiwa, perusahaan asuransi juga menawarkan program dana pensiun yang bisa dijadikan investasi jangka panjang lho, Goodmates. Ini bisa dijadikan pegangan finansial kamu disaat memasuki masa tak produktif. Biasanya hasil investasi ini didapat dari besarnya keuntungan hasil pengembangan pihak perusahaan asuransi.

Dengan semua jenis investasi jangka panjang yang sudah disebutkan tadi, semoga ada yang bisa kamu jadikan pegangan finansial di masa mendatang ya, Goodmates. Gimana? Jadi tertarik untuk berinvestasi?

 

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Glints | Online Pajak

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.