iPhone 14 Akan Rilis Tahun 2022, Ini Dia Bocorannya!
Ilustrasi│Tyler Lastovich/Unsplash

iPhone 14 segera rilis! Siapa yang tidak tahu tentang iPhone? Smartphone yang identik dengan kualitasnya yang premium ini rasanya tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama bagi para pecinta teknologi.

Sebelumnya, Apple sebagai perusahaan pengembang iPhone telah meluncurkan iPhone 13 pada tahun lalu. Kabar terbaru, iPhone 14 yang merupakan penerus dari seri sebelumnya juga akan segera meluncur pada tahun 2022 ini.

iPhone 14 dikabarkan akan membawa sejumlah perubahan besar saat sudah resmi diperkenalkan nanti. Tak hanya itu, ada sejumlah rumor di internet yang memberikan sedikit bocoran tentang iPhone 14 ini. Di bawah ini adalah beberapa rangkuman informasi serta bocoran tentang iPhone 14.

Desain baru iPhone 14

Seri-seri terbaru iPhone memiliki desain yang serupa sejak iPhone X rilis pada tahun 2017. Terutama pada bagian depannya yang memiliki notch atau jidat. Bagi sebagian orang, desain seperti tidak menarik dan terkesan aneh. Namun, di mata pecinta produk Apple, desain ini justru menjadi identitas bagi iPhone.

Secara kasat mata, desain iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, serta iPhone 13 memiliki garis desain yang sama. Hanya ada sedikit perbedaan di antara seri-seri iPhone tersebut, seperti ukuran notch, atau desain bagian belakangnya.

Desain yang terkesan monoton ini akhirnya berubah pada iPhone 14 nanti. Rumor yang banyak beredar di internet, Apple akan mengusung desain yang berbeda setelah empat kali mengeluarkan desain yang sama pada seri-seri sebelumnya.

Rumor yang banyak beredar di internet menyatakan bahwa notch pada iPhone 14 nanti akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Selain itu, bisa jadi akan ada perubahan desain kamera belakang iPhone yang selama ini identik dengan “kamera boba”.

Tentu sangat menyenangkan apabila Apple memperkenalkan desain baru pada iPhone. Sebelum, desain Apple selalu sukses membawa kesan fresh, dan bahkan banyak ditiru brand lain karena keunikannya.

Spesifikasi iPhone 14 diperbarui

Bocoran Desain iPhone 14│@icefnews/Instagram

Selain selalu muncul dengan desainnya yang ikonik, iPhone juga selalu tampil dengan spesifikasi unggulan dalam kelas smartphone. Mulai dari mesin, layar, hingga kamera, iPhone selalu muncul dengan spesifikasi terbaik di setiap bagian tersebut.

Mulai dari mesin, iPhone 14 diprediksi akan mengusung chipset A16 Bionic. Chipset A16 Bionic adalah penerus dari seri sebelumnya, yaitu chipset A15 Bionic pada iPhone 13. Chipset A15 Bionic sendiri adalah salah satu prosesor terbaik pada smartphone saat ini.

Chipset A15 Bionic yang mulai diperkenalkan tahun lalu ini masih sangat mampu melibas semua aktivitas di smartphone dengan sangat lancar, baik itu untuk membuka media sosial, maupun bermain game. Melihat performa A15 Bionic yang sangat bisa diandalkan, menarik tentunya menunggu chipset A16 Bionic yang tentunya akan lebih baik lagi daripada pendahulunya.

Selain prosesor, bagian lain yang selalu menjadi highlight dari iPhone ada pada kameranya. iPhone selalu muncul dengan spesifikasi kamera yang berkualitas tinggi. Begitu juga dengan iPhone 14, dikabarkan iPhone 14 akan hadir dengan kamera yang lebih canggih lagi dari pendahulunya.

Jika melihat ke belakang, iPhone 13 sendiri sudah hadir dengan kamera yang sangat baik dan bisa dibilang salah satu kamera smartphone terbaik. Kualitas kamera yang sudah sangat baik pada iPhone 13 akan kembali ditingkatkan pada iPhone 14 nanti.

Kabarnya, iPhone 14 akan memiliki kamera utama 48 megapiksel, dan dapat merekam video hingga kualitas 8K. Jika rumor ini benar, bukan tidak mungkin iPhone 14 akan merajai sektor fotografi dan videografi di kelas smartphone.

Satu lagi hal menarik dari iPhone 14, smartphone yang diprediksi akan diluncurkan pada September 2022 ini akan mengusung sidik jari yang tertanam dalam layar. Meski teknologi ini bukanlah hal baru dalam dunia smartphone, adanya fitur baru ini tentu dapat menambah menarik iPhone 14 nantinya. 

Referensi: CNN Indonesia│Forbes│Tom’s Guide