Ragam Istilah Penting dalam Skrispi, Sempro hingga Semhas
Ilustrasi skripsi | Foto: Shutterstock

Saat tingkat akhir, mahasiswa wajib membuat dan menuliskan skripsi sebagai syarat kelulusan untuk meraih gelar sarjana. Skripsi berisi hasil penelitian melalui kaidah tertentu tentang suatu fenomena atau pengembangan ilmu terkait jurusan. Ada banyak ragam istilah penting dalam skripsi.

Misalnya sempro, kompre, dan semhas merupakan tiga tahapan ujian yang harus mahasiswa lalui sebagai syarat kelulusan skripsi. Buat kamu yang belum tahu mengenai ketiga hal tersebut, berikut penjelasannya.

1. Seminar Proposal

Ilustrasi sempro | Foto: Rijal09

Seminar proposal atau sempro merupakan tahap awal yang harus mahasiswa lakukan sebelum menuju penelitian. Sebelum sampai di tahap ini, mahasiswa harus menyusun proposal penelitian yang terdiri dari 3 bab. Umumnya, 3 bab tersebut berisikan pendahuluan atau latar belakang, tinjauan pustaka, dan metodologi penelitian.

Setelah proposal tersebut selesai sesuai dengan pedoman dari masing-masing universitas, selanjutnya mahasiswa akan presentasi proposal kepada dosen penguji dan dosen pembimbing dalam bentuk seminar. Biasanya, akan ada 2 atau 3 dosen yang menilai proposal penelitian.

Adapun tujuan dari seminar proposal ialah untuk menilai rencana penelitian layak atau tidak untuk lanjut ke sidang skripsi. Pada saat sempro, dosen akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai isi proposal. Hal-hal yang ditanyakan dalam sempro berkaitan dengan masalah, topik, metode penelitian, dan lainnya.

Seperti penjelasan di atas, tujuan dari sempro ialah untuk menilai kelayakan proposal penelitian. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan penelitian tidak bisa lanjut. Dengan kata lain, judul atau permasalahan yang ada di proposal tersebut harus ganti.

Kamu tidak perlu khawatir karena tahap ini akan membantumu untuk menghasilkan penelitian yang baik. Selain itu, pada saat sempro, dosen penguji juga akan memberikan masukan dan saran untuk proposal penelitian.

2. Seminar Hasil

Ilustrasi semhas | Foto: Info Menarik

Adapun seminar hasil atau semhas adalah tahapan yang mewajibkan mahasiswa mempresentasikan seluruh hasil penelitian, sesuai dengan evaluasi yang sudah dan sesuai arahan dari dosen pembimbing saat sempro.

Jika pada saat sempro hanya menulis bab 1 sampai 3, di tahap ini kamu akan menulis bab 4 sampai 6. Keseluruhan isi skripsi akan diuji dengan beberapa pertanyaan. Umumnya, jumlah pertanyaan akan lebih banyak dan detail daripada saat sempro.

Semhas merupakan tahap akhir dalam penulisan skripsi. Meskipun begitu, kamu tetap harus melakukan revisi sebelum akhirnya skripsi kamu terdaftar secara resmi di kampus.

3. Komprehensif

Ilustrasi kompre | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Satu tahapan terakhir yang menjadi syarat lulus sidang skripsi ialah ujian komprehensif atau kompre. Ujian kompre merupakan ujian keseluruhan mata kuliah yang mahasiswa sudah pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 6.

Umumnya, mata kuliah yang jadi ujian adalah mata kuliah kejuruan. Tak hanya itu, ada juga mata kuliah wajib yang sudah ditentukan oleh masing-masing kampus. Pada saat kompre, dosen akan memberikan pertanyaan-pertanyaan secara lisan mengenai mata kuliah yang sudah kamu pelajari.

Biasanya, pihak prodi akan memberikan kisi-kisi mengenai pertanyaan ujian saat kompre. Namun, bisa saja dosen memberikan pertanyaan secara random. Pastikan kamu sudah belajar dan menguasai mata kuliah ujian kompre oleh dosen.

Hal terpenting lainnya, kamu perlu mempersiapkan diri dari awal agar tidak kesulitan di semester akhir. Mulailah untuk lebih sering membaca skripsi, artikel, atau tulisan ilmiah lainnya sehingga kamu memiliki gambaran mengenai penelitianmu.