Jadi Film Pembuka Awal Tahun, Kukira Kau Rumah Punya Fakta Menarik
Pemain Kukira Kau Rumah | Foto: Cultura

Mengawali 2022, kancah perfilman Indonesia kembali dihadiri dengan film "Kukira Kau Rumah". Film bergenre drama ini sempat mencuri banyak perhatian khalayak saat ini. Film yang tayang perdana pada 3 Februari 2022 tersebut merupakan karya kolaborasi antara dua artis muda Indonesia yaitu, Prilly Latuconsina sebagai produser dan Umay Shahab sebagai sutradara.

Bukan tanpa sebab, selain digarap oleh artis muda yang banyak menginspirasi, ternyata film tersebut juga mengandung sejumlah fakta yang menjadi daya tarik tersendiri. Berikut beberapa fakta menarik mengenai film "Kukira Kau Rumah".

Mengangkat isu kesehatan mental

Pemain Kukira Kau Rumah | Foto: VOI

Sejak dua tahun terakhir, isu kesehatan mental banyak dibahas dan sering menjadi trending topic di dunia maya. Film "Kukira Kau Rumah" bercerita tentang perempuan pengidap bipolar (Niskala), yang ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia berprestasi. Niskala sendiri diperankan oleh Prilly Latuconsina.

Dalam cerita, Niskala bertemu dengan Pram (Jourdy Pranata) seorang musisi yang kesepian sepeninggal ayahnya. Konflik dalam film ini bermula ketika keduanya semakin dekat, kemudian mendapat permasalahan dari Ayah Niskala.

Mengingat dewasa ini masih belum banyak khalayak yang aware terhadap isu kesehatan mental, Prilly Latuconsina selaku produser, melalui film ini ingin menyampaikan bahwa kesehatan mental bukanlah hal yang dapat disepelekan apalagi dijadikan bahan candaan.

Sementara itu menurut Umay Shahab, penting bagi kita untuk memberikan dukungan kepada orang terdekat, terlebih orang dengan gangguan kesehatan mental.

Diskusi dengan Komunitas Bipolar Care Indonesia

Prilly Latuconsina banyak berdiskusi dengan Komunitas Bipolar Care Indonesia untuk dapat memerankan Niskala. Ia mengaku mendapat banyak pengetahuan baru mengenai bipolar dan kesehatan mental.

Tak hanya sebatas berdiskusi untuk kepentingan aktingnya, Prilly Latuconsina juga turut memberikan dukungan kepada komunitas tersebut.

Sutradara muda Umay Shahab

Umay menjadi sutrada | Foto: IDN Times

Ketika mulai menyutradarai film "Kukira Kau Rumah", kala itu Umay Shahab masih berusia 19 tahun. Dalam prosesnya, Umay menuai banyak komentar. Tak jarang banyak yang meremehkannya karena usianya yang masih belia. 

Kukira Kau Rumah lahir dari rumah produksi bernama Sinemaku Pictures yang dibangun oleh Umay Shahab bersama Prilly Latuconsina. Film tersebut sekaligus menjadi film pertama Sinemaku Pictures.

Mendapat respon baik dari masyarakat

Premiere film "Kukira Kau Rumah" | Foto: Media Indonesia

Melihat postingan Instagram Prilly Latuconsina, film "Kukira Kau Rumah" mendapat sebanyak 51.379 penonton pada hari pertama penayangan. Film tersebut juga mendapat rating yang tinggi, yakni 9/10 pada situs IMDb.

Film yang diangkat dari lagu berjudul yang sama tersebut juga masuk dalam 30 besar seleksi awal Festival Film Indonesia (2021), yang dilaksanakan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Diperankan oleh artis ternama Indonesia

Siapa yang tak kenal Prilly Latuconsina? Sosok muda penuh inspirasi yang mampu menarik perhatian melalui aktingnya di film. Sebelumnya Prilly Latuconsina pernah berperan pada film dengan genre yang beragam, seperti horor, komedi dan romance.

Come back Prilly Latuconsina dalam film barunya ini pasti sudah ditunggu-tunggu oleh fans dan penikmat karyanya. Adapun artis lain yang turut berperan, seperti Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Unique Priscilla, Kiki Narendra, dan Raim Laode.

Itulah deretan fakta menarik film "Kukira Kau Rumah". Apakah Goodmates tertarik atau sudah menonton film ini?