Jaga Pola Makan Supaya Ibadah Ramadan Semakin Lancar
Makanan buka puasa | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Ramadan adalah bulan yang paling umat muslim di dunia tunggu. Terkhusus umat muslim di Indonesia, sangat antusias menyambut datangnya bulan Ramadan dengan berbagai macam kebudayaan di setiap daerah.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga antusias menghadapi bulan Ramadan dengan melakukan berbagai ibadah. Hal yang unik di Indonesia adalah setiap menjelang waktu berbuka puasa, masyarakat Indonesia selalu menyambut datangnya waktu berbuka dengan berbelanja banyak makanan atau takjil.

Para pedagang makanan banyak yang berjualan di pinggir jalan hingga penuh dengan banyak pembeli yang menunggu waktu berbuka alias ngabuburit. Bahkan, terdapat tempat khusus bagi para penjual menjajakkan dagangannya di tempat-tempat khusus yang telah siap menjelang waktu berbuka.

Setiap berbuka puasa, Goodmates suka jajan takjil juga enggak nih? Dengan adanya fenomena ini, banyak masyarakat yang membeli berbagai makanan dan minuman menjelang waktu berbuka.

Namun, apakah makanan dan jajanan tersebut sudah berupa asupan yang sehat? Atau malah menjadi sumber penyakit sehingga tidak semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadan? Agar Goodmates tetap sehat dan semangat dalam menjalankan ibadah, berikut tips menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan | Foto: Daria Shevtsova

Setelah menjalankan ibadah puasa, Goodmates akan merasakan dehidrasi karena menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Dengan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan, dapat menghidrasi tubuh sehingga Goodmates tidak lagi merasakan lemas saat berpuasa.

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan. Goodmates jangan lewatkan asupan penting ini saat sahur dan berbuka puasa, ya.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Buruk Saat Ramadan

2. Tidak Melewatkan Sahur

Sahur bersama | Foto: Pexels

Sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa sangat penting. Selain merupakan sunah saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, sahur juga dapat membantu memberikan energi pada tubuh sebelum berpuasa. Dengan begitu, Goodmates tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

3. Menjaga Asupan Makanan

Buka puasa | Foto: Rodnae/Pexels

Menjelang berbuka puasa, biasanya masyarakat sangat antusias untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa. Demikian, banyak pula yang tidak memperhatikan kesehatan makanan pada menu buka puasa.

Agar kesehatan Goodmates tetap terjaga, hindari makanan yang mengandung gorengan, mengandung gula berlebih, dan terlalu pedas. Goodmates juga bisa mengganti beberapa makanan gorengan dengan makanan rebusan atau panggang.

Baca juga: Hikmah Malam Lailatulqadar, Apa Saja Itu?

4. Tidak Langsung Konsumsi Makanan Berat

Buka puasa bersama | Foto: Pixabay

Ketika datang waktu berbuka, Goodmates jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Mengonsumsi makanan berat secara langsung setelah melakukan puasa tidak baik karena akan bahaya bagi pencernaan.

Ada beberapa orang yang mengalami gangguan pencernaan ketika konsumsi makanan berat secara langsung saat berbuka. Sebaiknya, Goodmates mengawali waktu berbuka dengan mengonsumsi air putih yang banyak serta kurma atau buah-buahan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Film Tema Ramadan Temani Waktu Ngabuburit

5. Makan Secukupnya Saat Buka Puasa

Buka puasa | Foto: Helena Lopes

Konsumsi makanan yang banyak saat berbuka puasa itu tidak baik, lo, Goodmates. Sebaiknya, ketika datang waktu berbuka kita mengonsumsi makanan yang secukupnya saja.

Tujuannya, agar makanan tidak mengganggu pencernaan dan lambung yang mengakibatkan Goodmates tidak bisa melakukan ibadah salat setelah berbuka puasa.

Nah, itu dia Goodmates hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Dengan menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan sehat, kesehatan tubuh akan terjaga.